Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biodata Sheryl Sheinafia, Penyanyi, Pencipta Lagu dan Aktris Berbakat, Pacar Adik Vidi Aldiano, Fakta menarik Tentangnya

 Sheryl Sheinafia

Potret Sheryl Sheinafia
Potret Sheryl Sheinafia (sumber: Instagram/sherylsheinafia)


Selebsquad – Siapa yang tidak kenal Sheryl Sheinafia? Ia adalah seorang seniman serba bisa asal Indonesia. Ia dikenal sebagai model, pembawa acara, pemeran, serta penyanyi-penulis lagu yang berbakat. Sheril Sheinafia terjun ke dunia hiburan melalui panggung musik, dan kini ia semakin dikenal luas melalui kiprahnya di film dan layar kaca. Seiring dengan kesuksesan karir musiknya, Sheril semakin melebarkan sayapnya dalam dunia seni hiburan dengan menunjukkan kemampuannya sebagai seorang pemeran yang berbakat. Ia mampu menarik perhatian publik melalui penampilannya yang memukau di layar lebar maupun televisi. Hal ini membuktikan bahwa Sheril bukan hanya berbakat dalam bidang musik, namun juga mampu menampilkan performa yang luar biasa dalam dunia seni peran. Selebsquad telah merangkum biodata serta perjalanan karier Sheryl dalam artikel berikut ini.

Sheryl Sheniafia bermain Gitar (sumber: Instagram/sherylsheinafia)

Sheryl Sheinafia dilahirkan di Jakarta pada 4 Desember 1996 sebagai anak bungsu dari lima bersaudara dari pasangan Chris Tjokro dan Irta C Tjokro. Sejak berusia lima hingga sebelas tahun, Sheryl sudah mulai belajar bermain piano. Namun, selain piano, Sheryl juga tertarik dengan gitar. Ketertarikannya pada gitar dimulai saat ia melihat penjaga lingkungan di lingkungan tempat tinggalnya sering bermain gitar. Ia mulai belajar bermain gitar dari video tutorial di Youtube dan terinspirasi oleh gaya bermain gitar John Mayer.

Bakat musik Sheryl sudah terlihat sejak kecil dan ia mulai memasuki dunia hiburan pada usia 14 tahun. Sheryl dikontrak oleh Musica Studio dan merilis single pertamanya yang ia ciptakan sendiri, "Demi Aku," pada tahun 2012. Setahun kemudian, pada tahun 2013, Sheryl yang lulus dari SMA Raffles International School ini merilis single berikutnya yang berjudul "Rasa Sunyi," dengan bantuan David, pemain keyboard dari grup musik Noah. Dia memiliki suara yang merdu, wajahnya menawan, dan yang tak kalah penting adalah pendidikannya yang luar biasa, meskipun telah sukses di dunia hiburan. Prestasinya di bidang pendidikan adalah luar biasa, ia dapat menyelesaikan kelas 11 dan 12 hanya dalam waktu satu tahun.

Selama kuliah, wanita cantik yang telah memproduksi lagu di San Francisco, AS ini memilih untuk mengambil dua jurusan yaitu DKV dan Manajemen di Universitas Bina Nusantara. Ketika ditanya mengapa memilih DKV, ia menjawab bahwa ia sangat menyukai menggambar. Oleh karena itu, agar bakat dan minatnya tersebut lebih terarah dan berguna, akhirnya ia memutuskan untuk mengambil jurusan tersebut.

Biodata Sheryl Sheinafia

  • Nama Lengkap: Sheryl Sheinafia Tjokro
  • Nama Panggung: Sheryl Sheinafia
  • Nama Panggilan: Sheryl
  • Tempat Lahir: Jakarta
  • Tanggal Lahir: 4 Desember 1996
  • Almamater: SMA Raffles Christian School Jakarta; Universitas Binus International;
  • Agama: Islam
  • Tinggi: 1,62 m
  • Nama Ayah: Chris Tjokro,
  • Nama Ibu: Irta C. Tjokro
  • Saudara: Derryl Imanalie, Valmaisa Jazila Tjokro
  • Pasangan: Vadi Akbar
  • Profesi: Penyanyi, komposer, presenter, aktris
  • Hobi: Mendengarkan musik, bernyanyi, bermain musik
  • Twitter: @sherylsheinafia
  • Instagram: @sherylsheinafia
  • YouTube: Sheryl Sheinafia

 

Perjalanan Karir Sheryl Sheinafia

Sheryl Sheinafia mempunyai kemampuan dalam bermain gitar dan mengarang lagu yang membuat Ibu Acin, pemilik Musica Studios, mengontraknya ketika usianya 15 tahun. Pada tahun 2012, Sheryl merilis singel pertamanya yang berjudul "Demi Aku", yang merupakan hasil ciptaannya dengan bantuan Irwan Simanjuntak dalam aransemen. Singel keduanya, "Rasa Sunyi", yang dirilis pada Februari 2013, juga merupakan ciptaan Sheryl dengan bantuan David Kurnia Albert, anggota grup musik Noah, dalam aransemen. Pada bulan September 2013, Sheryl merilis album pertamanya dengan nama "Sheryl Sheinafia". Pada tahun yang sama, dia mulai menjadi pembawa acara musik di stasiun televisi NET dengan acara "Breakout" bersama Boy William.Selain bermusik, pada tahun 2014 Sheryl juga tampil sebagai kameo dengan nama karakter Cyntia dalam film "Marmut Merah Jambu" yang disutradarai oleh Raditya Dika.

Pada tahun 2015, Sheryl merilis lagu "Kutunggu Kau Putus" yang dinyanyikannya bersama Nazril Irham, vokalis grup musik Noah. Karena kolaborasi tersebut, ia masuk nominasi dalam Anugerah Musik Indonesia 2016 untuk kategori Kolaborasi Pop Terbaik.

Di tahun 2016, Sheryl mendapatkan kesempatan untuk berakting dalam film Koala Kumal yang disutradarai oleh Raditya Dika. Raditya Dika terkesan dengan aktingnya di film Marmut Merah Jambu, meskipun Sheryl hanya muncul dalam satu adegan. Sheryl juga menyanyikan lagu "Kedua Kalinya" untuk jalur suara film tersebut. Berkat film tersebut, ia dinominasikan untuk Piala Maya 2016 untuk kategori Aktris Pendatang Baru Terpilih dan Indonesian Movie Actors Awards 2017 serta Indonesian Box Office Movie Awards 2017 untuk kategori Pemeran Utama dan Lagu Tema.

Pada tahun 2017, Sheryl membintangi film remake dari film tahun 1979, Gita Cinta dari SMA yang berjudul Galih dan Ratna arahan Lucky Kuswandi. Ia berperan sebagai Ratna dan beradu akting dengan Refal Hady sebagai Galih. Aktingnya dalam film tersebut membuat ia dinominasikan untuk Piala Citra di Festival Film Indonesia 2017 untuk kategori Pemeran Utama Wanita Terbaik dan Festival Film Bandung 2017 untuk kategori Pemeran Utama Wanita Terpuji. Pada tahun yang sama, ia juga berperan sebagai Ellie dalam film produksi Kharisma StarVision Plus yang berjudul The Underdogs.

Pada tanggal 13 Januari 2017, Sheryl merilis album keduanya yang diberi judul "ii". Album ini juga dirilis dalam bentuk fisik pada tanggal 20 Juni 2017 di restoran Texas Chicken. "ii" ditulis dalam angka romawi yang melambangkan angka dua, yang menunjukkan bahwa ini adalah album keduanya. Konsep visual dari judul album tersebut menampilkan angka "ii" yang mirip dengan dua orang yang berdampingan, dan lagu-lagu dalam album ini menceritakan kisah hubungan antara dua orang. Pada tanggal 17 November 2017, Sheryl berkolaborasi dengan Rizky Febian dan Chandra Liow dalam lagu "Sweet Talk". Dalam lagu tersebut, Sheryl tidak memainkan gitar dan tampil menari bersama Rizky, sementara Chandra memainkan bagian rap. "Sweet Talk" berhasil memenangkan Anugerah Musik Indonesia 2018 untuk kategori Karya Produksi Kolaborasi.

Single Kolaborasi Sheryl Sheinafia (sumber: Instagram/sherylsheinafia)

Pada tahun 2018, Sheryl merilis beberapa single termasuk "Fix You Up", "I Don't Mind", "Dream High", dan "Bright As The Sun" yang merupakan lagu resmi dari Pesta Olahraga Asia 2018. Sheryl tampil di Upacara Pembukaan Pesta Olahraga Asia 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno bersama Ariel, Rian, dan Cakra Khan membawakan lagu "Bright As The Sun". Pada Upacara Penutupan Asian Para Games 2018, Sheryl tampil dengan membawakan lagu "Dream High" berduet dengan Claudya Fritsca.

Pada awal Maret 2019, Sheryl merilis singel terbarunya yang berjudul "Setia". Lagu ini merupakan remake dari lagu Chrisye yang diciptakan oleh Guruh Soekarnoputra. Dalam video musik "Setia", Sheryl memasukkan berbagai ornamen yang mewakili dirinya dan mengusung konsep setia dengan budayanya. Kemudian pada 30 Oktober 2019, Sheryl membintangi film produksi Miles Films dan CJ Entertainment berjudul Bebas yang diadaptasi dari film Korea Selatan Sunny (2011) arahan Riri Riza. Aktingnya di film ini dipuji oleh Kang So-ra, pemeran asli dari tokoh yang ia perankan. Sheryl juga mengisi soundtrack film "Bebas" bersama Iwa K, Maizura, dan Agatha Pricilla yang diaransemen ulang dari versi aslinya.

Menjelang akhir tahun 2019, Sheryl merilis singel terbarunya "Positif" yang merupakan lagu hasil remake dari lagu legendaris band Naif "Posessif". Singel ini adalah proyek kerjasama Sheryl bersama Aqua untuk menjalankan campaign #BijakBerplastik.

Pada 26 Juni 2020, Sheryl merilis singel "okay" yang ia kerjakan bersama Petra Sihombing. Lagu ini mengisahkan tentang penerimaan terhadap diri sendiri dan perasaan yang sedang dirasakan, mengingat ia gagal mengerjakan proyek lagu di Amerika Serikat pada tahun tersebut karena Pandemi COVID-19. Sheryl juga merilis serangkaian lagu pada akhir tahun 2020, yaitu "bye", "i wish i knew better", "déjà vu", dan "lose my mind" yang dirilis setiap hari Jumat mulai dari tanggal 13 November 2020 sampai 4 Desember 2020. Seri tersebut menceritakan tentang perjalanan dalam mencari jati diri dan keluar dari zona nyamannya.

Pada 15 Januari 2021, Sheryl merilis album ketiganya berjudul "Jennovine" yang awalnya direncanakan rilis pada 4 Desember 2020. Album ini berisi delapan lagu dengan kolaborasi dari Pamungkas dalam lagu "house or home", Rendy Pandugo dalam lagu "pick up your phone", dan Ariel Nayaka dalam singel "lose my mind". Sheryl menggarap seluruh konsep album sendiri, mulai dari lirik, tema musik, hingga konsep visual. Album ini diproduseri oleh Petra Sihombing, Andre Harihandoyo, Tushar Apte, dan Pamungkas. Album ini juga menjadi karya terakhirnya bersama Musica Studios. Sheryl dinominasikan sebagai Artis Solo Pria/Wanita Urban Terbaik di Anugerah Musik Indonesia 2021 atas lagu "déjà vu" dan Duo atau Grup atau Grup V.

Di tahun 2022, Sheryl kembali membintangi film, kali ini bergenre horror yang berjudul Tumbal Kanjeng Iblis. Tumbal Kanjeng Iblis bercerita tentang Tia, seorang wanita muda yang ditinggalkan oleh kakaknya yang sedang menuntut ilmu di luar kota. Kakaknya tiba-tiba menghilang tanpa kabar selama dua tahun. Tia juga menerima bisikan gaib yang memerintahkannya untuk mencari kakaknya, jika tidak maka ayahnya, Yusuf, akan meninggal. Film Tumbal Kanjeng Iblis diproduksi oleh Visinema Pictures dan Legacy Pictures dan disutradarai oleh Mizam Fadilah. Film ini ditulis oleh Angga Dwimas Sasongko, M. Irfan Ramli dan Ifan Ismail. Sebelumnya, Angga Dwimas Sasongko terlibat dalam pembuatan film Mencuri Raden Saleh.

Poster Film Tumbal Kanjeng Iblis (sumber: Instagram/sherylsheinafia)

Sempat hiatus beberapa saat, Sheryl Sheinafia mengakhiri masa hiatusnya dengan merilis single terbaru yang diberi judul "Situationship" di tahun 2023. Single ini menjadi simbol dari perjalanan baru Sheryl sebagai musisi independen. Meskipun tetap mempertahankan genre pop, Sheryl mencoba menciptakan suara baru dengan sentuhan soft rock dan musik elektronik untuk menunjukkan perkembangan dirinya sebagai musisi. "Situationship" menceritakan tentang kehidupan Sheryl dan pengalamannya dalam menghadapi kejujuran dalam sebuah hubungan. Single ini juga menceritakan tentang proses kedewasaannya dalam menghadapi ketidakpastian dan antisipasi dalam sebuah hubungan.

Meskipun mengalami ketidakpastian dalam sebuah hubungan, Sheryl tetap yakin bahwa ia telah menemukan orang yang ia inginkan. Lirik dalam refrein "I just wanna be with you" menunjukkan bahwa cinta terasa benar-benar meskipun penuh dengan ketidakpastian dan sikap kekanak-kanakan.

Dalam pembuatan "Situationship", Sheryl dibantu oleh Petra Sihombing sebagai produser dan arranger, Ivan Gojaya untuk proses mixing, dan Dimas Pradipta untuk proses mastering. Single "Situationship" telah tersedia di platform streaming digital di Indonesia.

 

Album Sheryl Sheinafia

  • Sheryl Sheinafia (9 September 2013) – Musica Studio
  • II (13 Januari 2017) – Musica Studios
  • Jennovine (15 Januari 2021) –Musica Studios

 

Single Sheryl Sheinafia

  • Demi Aku (2012)
  • Rasa Sunyi (2013)
  • Bla Bla Bla (2013)
  • Kita Berdua (2014)
  • Kutunggu Kau Putus (2015)
  • Kedua Kalinya (2016) Ost Kola Kumal
  • Gita Cinta (2017) Ost. Galih dan Ratna
  • Sebatas Teman (2017)
  • Sweet Talk (2017) ft Rizky Febian dan Chandra Liow
  • Bright As The Sun (2018)  (ft. Ariel NOAH, Rian D'Masiv, Iman J-Rocks, Tantri Kotak, Cita Citata, Anji, Rizal Armada, Cakra Khan, Once, GAC, Ikke Nurjanah, Naga Lyla, Rossa, Virzha, Pia Utopia, Afgan, dan Delon)
  • Fix You Up (2018)
  • Dream High (2018) Official Song Asian Para Games 2018 ft. Claudya Fritsca
  • I Don’t Mind (2018) ft. Vidi Aldiano dan Jevin Julian
  • Setia (2019)
  • Bebas (2019) Ost. Bebas ft. Iwa K, Agatha Pricilla, Maizura, Cast
  • Positif (2019)
  • Okay (2020)
  • Bye (2020)
  • I Wish I Knew Better (2020)
  • Déjà vu (2020)
  • Lose My Mind (2020)
  • Want Ur love (2021)
  • Earn It (2022)
  • Situationship (2023)

 

Film yang dibintangi Sheryl Sheinafia

  • Marmut Merah Jambu (2014) : berperan sebagai Cyntia
  • Koala Kumal (2016) : berperan sebagai Trisna
  • Galih dan Ratna (2017) : berperan sebagai Ratna
  • The Underdogs (2017) : berperan sebagai Ellie
  • Bebas (2019) : berperan sebagai Kris Remaja
  • Wedding Proposal (2021) : berperan sebagai Sissy
  • Please Be Quiet (2021) : berperan sebagai Sarah
  • Tumbal Kanjeng Iblis (2022) : berperan sebagai Tia

 

Webseries Sheryl Sheinafia

  • Hubungi Agen Gue! (2023): peran belum diketahui

 

Hubungan Asmara Sheryl Sheinafia

Sheryl Sheinafia, meskipun lebih sibuk dengan acara panggung dan karir filmnya, jarang terekspos dalam kehidupan pribadinya. diketahui Sheryl berpacaran dengan Vadi Akbar, adik kandung dari Vidi Aldiano. Pasangan ini telah menjalin hubungan asmara sejak kurang lebih tahun 2016 sempat sering mengupload beberapa foto bersama, namun kini bukti kebersamaan mereka bak lenyap ditelan bumi. Belum ada kabar terbaru mengenai kelanjutan Hubunagn Sheryl dan Vadi.

Sheryl Sheinafia dan Vadi Akbar


Fakta-Fakta menarik Sheryl Sheinafia

  • Sheryl Sheinafia sejak kecil memiliki cita-cita menjadi seorang dokter gigi.
  • Sheryl Sheinafia sempat enggak mendapat dukungan sebagai penyanyi sejak kecil.
  • Ia memiliki hobi main basket ini menyukai musik sejak usia 10 tahun.
  • Dirinya dikenal orang sebagai musisi yang biasa menulis sendiri lagu-lagunya dan sering mengisahkan cerita dan pengalaman pribadi.
  • Ia cenderung tertarik pada pria yang lebih tua dari dirinya karena mereka umumnya memiliki pengalaman hidup yang lebih banyak dan wawasan yang lebih luas.
  • Dia juga cenderung menyukai pria yang cemburu dan mampu menginspirasinya untuk mencoba hal-hal baru.
  • Setiap kali Sheryl pergi ke mana pun, ibunya selalu menemani dan membantunya memilih gaya busana sebagai fashion stylist pribadinya.
  • Sheryl Sheinafia, seorang cewek yang merupakan penggemar John Mayer, lebih menyukai bermain film daripada bernyanyi, karena dalam berakting ia dapat berperan sebagai karakter yang berbeda-beda.
  • Ia juga tertarik untuk mencoba bermain dalam film dengan genre aksi.
  • Sheryl Sheinafia pernah mencoba menjadi co-producer dalam sebuah film horor yang berjudul Cai Lan Gong pada tahun 2015.
  • Sheryl Sheinafia hobi memelihara Ikan Cupang

 

Foto-foto Sheryl Sheinafia

 

sumber: Instagram/sherylsheinafia

Sheryl Sheniafia
sumber: Instagram/sherylsheinafia

Sheryl Sheniafia
sumber: Instagram/sherylsheinafia


Sheryl Sheniafia
sumber: Instagram/sherylsheinafia

Sheryl Sheniafia
sumber: Instagram/sherylsheinafia
 

Demikianlah ulasan tentang Sheryl Sheniafia oleh Selebsquad, semoga informasi yang disajikan dapat bermanfaat dan memberikan gambaran yang jelas mengenai Sheryl Sheniafia .

 

 


Posting Komentar untuk "Biodata Sheryl Sheinafia, Penyanyi, Pencipta Lagu dan Aktris Berbakat, Pacar Adik Vidi Aldiano, Fakta menarik Tentangnya"