Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biodata Venna Melinda, Profil Lengkap, Berita Terbaru, Karir, Fakta, Agama, dan Foto

 Venna Melinda

Sumber: Instagram/@vennamelindareal

Biodata Venna Melinda - Venna Melinda Bruglia atau yang lebih akrab disapa Venna Melinda merupakan seorang aktris, model, politikus, dan penyanyi berusia 51 tahun. Ia lahir di Surabaya, pada 29 Juli 1972 dari pasangan Jimmy Rekartono dan Ni Made Ayu Rahmawati. 

Perempuan cantik ini adalah anak perempuan pertama dari dua bersaudara yang masa kecilnya dihabiskan di kota Pahlawan. Walaupun lahir di Surabaya, ia ternyata memiliki darah keturunan asli Bali yang diturunkan dari sang Ibu. Oleh sebab itu, Venna Melinda pun memiliki nama Bali, yaitu Putu Ayu Melinda. Hal ini juga yang menjadi salah satu alasan Venna Melinda memilih pulau Dewata sebagai tempat acara pernikahan keduanya dengan Ferry Irawan tanggal 7 Maret 2022 lalu. 

Sebelum menikah dengan Ferry Irawan, Venna Melinda pernah menikah dengan Ivan Fadila Soedjoko. Kisah kasih keduanya bermula saat mantan suami Venna Melinda dinobatkan menjadi Abang, sedangkan Venna Melinda sebagai None Jakarta tahun 1993. Selang dua tahun kemudian, cinta mereka berlabuh di pernikahan, tepatnya pada tanggal 7 Desember 1995. 

Dari pernikahan pertamanya ini, Venna Melinda dikaruniai dua orang anak laki-laki yang tampan, yakni Verrell Bramasta dan Athalla Naufal. Keduanya saat ini berkecimpung di dunia entertainment mengikuti jejak Ibunya. Selain itu, kakak beradik ini juga aktif di berbagai platform sosial media dan menjadi idola para gadis-gadis muda karena paras tampan mereka. 

Walaupun nampak akur dan jauh dari berita tak sedap, ternyata pernikahan Ivan Fadilla Soedjoko dan Venna Melinda harus berakhir di meja hijau setelah 17 tahun membina bahtera rumah tangga bersama. Penyebab perceraian mereka diungkap Venna Melinda kepada publik. Menurutnya, sang mantan suami tidak bisa tegas sebagai kepala rumah tangga. Sangat disayangkan memang, tapi kita tidak pernah tahu apa yang ada dibalik layar kan, squad?

Saat ini, Ivan Fadilla sendiri diketahui telah menikah lagi dengan salah seorang anggota DPRD Kabupaten Bogor, yang merupakan anggota Fraksi Partai Gerindra, bernama Sarni. Pernikahan mereka berlangsung di Masjid Az-Zikra, Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada 25 September 2016. Bersama Sarni, Ivan Fadilla dikaruniai buah hati laki-laki tampan bernama Elvano Areliyan. 

Sementara itu, Venna Melinda memutuskan menjanda selama 9 tahun. Selama fase ini, Venna bahkan mengadopsi seorang anak perempuan cantik yang ia beri nama Vania Athabina. Keputusan besar ini ia ambil lantaran ia mendapatkan bisikan hati untuk mengadopsi Vania yang saat itu lahir dalam keadaan prematur dan ditemukan di toilet salah satu masjid. 

Mulanya, ia sempat ragu-ragu karena tidak ingin mengadopsi seorang anak hanya karena ia kesepian setelah proses percerian dengan Ivan. Namun, setelah mendapatkan masukan dari Ibunya dan bisikan hati yang kian kuat, ia memutuskan mengadopsi bayi mungil ini yang kemudian menjadi penghibur hatinya.

Tahun demi tahun berlalu, Venna Melinda mengaku menikmati kesendiriannya sebelum akhirnya menjalin asmara dengan aktor Ferry Irawan di tahun 2021. Mereka berdua mulanya berkenalan lewat salah satu acara bincang-bincang di kanal YouTube Venna Melinda. Venna sendiri mendapatkan rekomendasi untuk mengundang Ferry dari salah seorang temannya, Elma Theanna. 

Dari sinilah, hubungan pertemanan mereka berlanjut dengan komunikasi yang semakin intens. Awalnya,Venna Melinda sempat acuh dan menolak saat Ferry Irawan menyatakan cinta padanya. Namun akhirnya, ia luluh saat suatu hari Ferry berkesempatan menjadi imam sholatnya. 

Disitulah, ia memantapkan hati untuk menjalin cinta dengan Ferry. Walaupun banyak menimbulkan pro dan kontra lantaran latar belakang Ferry Irawan yang kurang baik, Venna Melinda tetap pada pendiriannya dan menikahi duda satu ini.

Untuk mencari tahu lebih lanjut tentang biodata, profil, dan kabar terbaru Venna Melinda, SelebSquad sudah merangkumnya dengan singkat dan padat. So, buat kamu penggemar wanita multitalenta ini, scroll down dan simak info selengkapnya di bawah ini!

Biodata Venna Melinda

  • Nama: Venna Melinda Bruglia
  • Nama Panggung: Venna Melinda
  • Tempat Lahir: Surabaya
  • Tanggal Lahir: 29 Juli 1972
  • Agama: Islam
  • Tinggi Badan: 168 cm
  • Berat Badan: 50 kg
  • Ayah Venna Melinda: Jimmy Rekartono
  • Ibu Venna Melinda: Ni Made Ayu Rahmawati
  • Adik Venna Melinda: Reza Mahastra, Renanda Laksita
  • Mantan Suami Venna Melinda: Ivan Fadila Soedjoko (m. 1995-2013)
  • Suami Venna Melinda: Ferry Setiawan (m. 2022)
  • Anak Venna Melinda: Verrell Bramasta, Athalla Naufal, Vania Athabina
  • Hobi: Memasak
  • Pekerjaan: Aktris, Model, Politikus, Penyanyi
  • Almamater: Universitas Trisakti, Jakarta
  • Partai Politik: Partai Demokrat, Partai Nasdem, Partai Perindo
  • Instagram Venna Melinda: @vennamelindareal
  • YouTube Venna Melinda: @vennamelindachannel

Perjalanan Karir Venna Melinda

Sumber: Instagram/@vennamelindareal

Sebelum menjadi seorang public figure yang dikenal luas oleh masyarakat, Venna Melinda memulai karirnya dengan menjadi seorang model. Ia kerap wara-wiri di berbagai iklan komersil televisi. Venna Melinda pernah mengunggah salah satu pose dirinya saat menjadi model iklan shampoo. Tak hanya itu saja, potret dirinya pun sering terpampang menjadi sampul utama berbagai majalah, seperti majalah Gadis. 

Selain itu, ia pun pernah dinobatkan menjadi None Jakarta 1993 bersama dengan mantan suaminya, Uvan Fadilla Soedjoko, yang saat itu dianugerahi gelar Abang Jakarta. Karir Venna Melinda pun kian melejit saat dirinya memenangkan Puteri Indonesia 1994. Berkat kemengang inilah, Venna Melinda menjadi delegasi Indonesia di ajang internasional Miss Universe di Filipina pada tahun yang sama.

Berbekal keberhasilannya ini, Venna Melinda pun melalangbuana di industri hiburan tanah air. Dengan parasnya yang cantik serta bakat akting yang mumpuni, ia tercatat pernah mengambil peran utama di sinetron Bella Vista sebagai Bella (1994). Di tahun 2001, Venna Melinda mengambil kesempatan untuk berperan di sinetron Maha Pengasih yang kemudian menjadi sinetron terakhirnya.

Hingga pada tahun 2009, Venna Melinda memutuskan untuk mencoba peruntungan di dunia politik. Ia mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI Fraksi Partai Demokrat pada periode 2009-2014 dan berlanjut hingga periode 2014-2019. Usahanya pun membuahkan hasil dengan terpilihnya Venna sebagai anggota DPR RI. Sejak menjadi anggota dewan, Ibu tiga anak ini sibuk melakukan kunjungan sosial ke masyarakat dan berbagai lembaga. 

Ketika periode jabatannya selesai, Venna mendaftarkan diri lagi sebagai anggota dewan untuk periode berikutnya (2019-2024). Namun kali ini, ia memilih bergabung dengan Partai Nasdem untuk meraup suara masyarakat. Sayangnya, keberuntungan belum berpihak padanya. 

Setelah 4 tahun vakum di perhelatan panggung politik, wanita berdarah Bali ini pun mencoba lagi untuk mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) di pemilu periode 2024-2029 dari Partai Perindo untuk daerah pemilihan Kediri, Jawa Timur. Wah, Ibu yang satu ini memang pantang menyerah ya, squad?


Kabar Terbaru Venna Melinda

Sumber: Instagram/@bramastavrl

Ditengah kesibukannya menyiapkan kampanye caleg di daerah pemilihan Kediri, Jawa Timur, Venna Melinda diterpa kabar tidak sedap. Jagat maya dihebohkan dengan foto-foto dirinya yang berlumuran darah di bagian muka. 

Netizen, sebutan untuk pengguna sosial media, menduga bahwa Venna Melinda mengalami KDRT (kekerasan dalam rumah tangga) yang dilakukan oleh suaminya, Ferry Irawan, saat ia sedang ada agenda kampanye di Kediri, Jawa Timur.

Dan benar saja, hal tersebut terkonfirmasi dari berita yang diterbitkan oleh berbagai portal media online ternama, seperti Detik, Kompas, hingga CNN Indonesia. Kejadian KDRT yang dialami oleh Venna Melinda sontak membuat netizen heboh. Pasalnya, sebelum ia menikah dengan Ferry, banyak dari mereka yang mengingatkan Venna untuk cross check terkait latar belakang suaminya itu. 

Ferry Irawan memiliki catatan kurang baik terkait KDRT. Hal ini disampaikan oleh mantan istrinya, Anggia Novia, saat berkesempatan menjadi tamu di kanal YouTube Maia ALELDUL milik Maia Estianti. 

Ferry Irawan sendiri diduga menganiaya Venna Melinda dengan cara menekan dahinya ke hidung Venna sehingga menyebabkan keretakan. Akibatnya, hidung Venna Melinda pun bersimbah darah. Sang putra, Verrell Bramasta, yang saat itu sedang liburan ke Jepang bersama Ayahnya, memutuskan segera terbang ke Jakarta dan pergi ke Kediri. Sementara itu, Athalla Naufal, anak kedua Venna Melinda, berangkat terlebih dahulu untuk mengecek kondisi sang Ibu. 

Diketahui, kejadian ini bermula dari perdebatan Venna Melinda dan Ferry Irawan. Dari berita yang beredar, hal ini disebabkan karena Venna yang menolak ajakan Ferry untuk berhubungan intim yang akhirnya berujung cek cok. Ferry yang tidak terima dengan hal tersebut lantas mendorong Venna ke kasur dan menekan hidungnya dengan dahi. 

Akibat dari kejadian ini, Venna Melinda melaporkan Ferry Irawan ke polisi sebelum dirinya dilarikan ke rumah sakit guna menjalani visum dan perawatan. Selain mengalami keretakan di hidung, hasil visum menyatakan bahwa Venna Melinda juga menderita retakan tulang rusuk. 

Hingga tulisan ini terbit, Ferry Irawan sudah menjadi tersangka dugaan KDRT terhadap istrinya, Venna Melinda dan proses hukum masih terus berlanjut. Sementara itu, kejadian yang sangat disayangkan ini juga berdampak pada hubungan mereka. 

Venna Melinda berencana menggungat cerai Ferry Irawan setelah kasus hukum terkait KDRT selesai. Namun ternyata, Ferry Irawan diketahui telah mencuri start dengan melayangkan talak cerai ke Pengadilan Agama Jakarta Selatan pada tanggal 7 Februari 2023.

Sidang perceraian mereka pun dijadwalkan pada 16 Februari 2023 lalu. Namun, sidang tersebut harus diundur ke tanggal 23 Februari 2023 karena sebelumnya Venna Melinda berhalangan hadir. Semoga urusan mereka berdua bisa selesai dengan baik ya, squad!

Sumber Penghasilan Venna Melinda

Berkarir menjadi model di tahun 90-an hingga sekarang berkiprah di dunia politik membuat pundi-pundi Venna Melinda semakin terisi. Apalagi saat ini ia diketahui juga meluncurkan beberapa bisnis dan memiliki YouTube dengan subscribers menyentuh 500 ribu akun. Dilansir dari CNBC, total kekayaan Venna Melinda mencapai Rp 29 Miliar! Wow! 

Kira-kira berapa ya penghasilan Venna Melinda dan dari mana saja sumber kekayaan politikus dan aktris yang satu ini?

Aktris

Seperti yang kita ketahui, Venna Melinda telah lama berkiprah di dunia hiburan. Ia memulai modelling di tahun 90-an dan berlanjut menjadi aktris dan bintang iklan hingga tahun 2001. Tentu saja, bayarannya tidak sedikit ya, squad! 

Politikus

Setelah memutuskan mundur dari dunia hiburan yang membesarkan namanya, Venna Melinda banting setir ke dunia politik. Ia mendaftar sebagai caleg DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat di tahun 2009-2014. Berhasil menjalankan perannya sebagai anggota dewan, Venna Melinda lalu mencalonkan dirinya lagi untuk periode 2014-2019 di Fraksi yang sama. Well, sudah jadi rahasia umum bahwa gaji seorang anggota DPR RI sangat melimpah, mencapat Rp 50 juta per bulan. Wow!

YouTube

Selain profesi utama sebagai aktris dan politikus, Venna Melinda juga membuka kanal YouTube pribadinya dimana ia mempunya beberapa konten menarik, seperti podcast. Ia juga membagikan kegiatan sehari-harinya dan promosi bisnis hijab yang dimilikinya di kanal ini. Subscribers channel Venna Melinda Real diketahui sudah mencapai hampir 500 ribu. Dengan angka tersebut, Venna diperkirakan mengantongi paling sedikit Rp 198 juta per tahunnya, lho! 

Bisnis

Mengikuti jejak beberapa aktris lain yang terjun di dunia bisnis, Venna juga memiliki beberapa bisnis yang menambah kekayaannya. Ia diketahui berkolaborasi dengan brand La Sabelle untuk memproduksi hijab, blouse, top wear, dan beberapa aksesoris penunjang hijab lainnya. Selain clothing line, Venna juga meluncurkan bisnis kue kekinian bernama Venna's Cake. 

Endorsement

Pada tahun 2019, Venna Melinda gagal meluncur ke Senayan. Oleh sebab itu, ia harus banting setir ke dunia YouTube dan endorsement untuk memenuhi tabungannya lagi. Diketahui, ia dan suaminya, Ferry Irawan, sempat mendapatkan endorse untuk acara pernikahan mereka sebesar Rp 1 Miliar lho, squad! Angka yang sangat fantastis!


3 Fakta Menarik Tentang Venna Melinda

Sumber: Instagram/@vennamelindareal

Puteri Indonesia 1994

Mungkin, banyak dari generasi muda yang tidak tahu kalau Ibu Verrell Bramasta ini pernah menjadi Puteri Indonesia 1994. Paras cantiknya dan kecerdasannya ini berhasil membawanya menjadi perwakilan Indonesia untuk Miss Universe 1994 di Filipina. 

Susut Berat Badan Setelah Mengalami KDRT

Venna Melinda diketahui mengalami KDRT yang dilakukan suaminya, Ferry Irawan pada 8 Januari 2023 lalu di salah satu hotel di Kediri, Jawa Timur. Akibat kejadian ini, Venna mengalami trauma mendalam yang mengganggu kesehatannya. Venna juga mengungkapkan bahwa ia kehilangan berat badan 7 kilogram sejak kasus ini terjadi. Mulanya, Ibu tiga anak ini memiliki bobot 57 kg sebelum ada kejadian ini.

Pernikahan Keduanya Tidak Dapat Restu

Verrel Bramasta, yang merupakan anak pertama buah pernikahan Venna Melinda dan Ivan Fadilla, sempat mengungkapkan bahwa ia tidak merestui hubungan Ibunya dengan Ferry Irawan. Hal ini diutarakannya lewat kanal YouTube Denny Sumargo saat berkesempatan diundang di podcastnya. 

Ia mengaku bahwa perkenalan antara Venna dan Ferry terlalu singkat dan proses menuju pernikahan mereka terkesan terburu-buru. Namun, sebagai anak, ia tidak bisa terlalu mencampuri urusan orang tuanya. Terlebih lagi, Ayah kandungnya juga sudah membangun rumah tangga lagi dan kini memiliki satu anak.

Foto Venna Melinda



Sumber: Instagram/@vennamelindareal

Sumber: Instagram/@bramastavrl



Demikian rangkuman dari SelebSquad tentang biodata Venna Melinda, profil lengkap, kabar terbaru dan fakta-faktanya. Semoga, kalian para penggemar Venna Melinda, bisa mengenal idola lebih dekat dengan membaca ulasan kami ya, squad!

Posting Komentar untuk "Biodata Venna Melinda, Profil Lengkap, Berita Terbaru, Karir, Fakta, Agama, dan Foto"