Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biodata Fadil Jaidi, Duet Komedinya bersama Sang Ayah Menjadi Influencer Berpengaruh, Profil Lengkap, Fakta Menarik dan Foto

Fadil Jaidi

Potret Fadil Jaidi (Sumber: Instagram.com/fadiljaidi)


Selebsquad Siapa yang tak kenal Fadil Jaidi, namanya yang sedang naik daun ini makin menjadi idola masyarakat. Berawal dari kontennya yang viral di platform media sosial tiktok bersama sang ayah, Muhammad Jaidi atau sering dikenal dengan sebutan Pak Muh, kini Fadil Jaidi memiliki 9,6juta pengikut di instagram, dan 12 juta pengikut di Tiktok.

Tak heran jika YouTuber kondang tersebut, kembali menjadi sorotan publik saat pertemuan mereka dengan boyband asal Korea Selatan, NCT Dream. Masyarakat tanah air pun dibuat terkesima ketika para anggota NCT Dream menunjukkan sikap sopan dengan berbaris rapi dan memberikan salam kepada Pak Muh (Ayah Fadil Jaidi) dan Fadik Jaidi ketika mereka bertemu. Boyband sekelas NCT Dream pun sangat menghormati Pak Muh (Ayah Fadil Jaidi).

Tak heran jika banyak orang segan dan mengacungi jempol pada Sang konten kreator dengan opening “welcome to youtube chanel my” ini. Sebab, Fadil Jaidi memang pantas menjadi influencer paling kredibel saat ini karena ia dikenal santun dan ceria, meskipun konten-kontennya dengan Sang Ayah (Pak Muh) terlihat jahil. Namun kejahilan dengan Sang Ayah itu memperlihatkan kehangatan dan kedekatan hubungan antara anak dan ayah. Fadil Jaidi berhasil membuat dirinya dan ayahnya menjadi idola di masyarakat karena suguhan konten yang unik dan berbeda. Di Indonesia yang termasuk dalam nominasi negara Fatherless ini, justru mengidolakan Fadil dan Pak Muh karena dinilai dapat menjadi panutan sosok Ayah dan Anak. Banyak para penggemarnya merasa terhibur dan merasakan kehangatan sosok Ayah dengan anak dari konten-konten yang Fadil Jaidi buat.

Profil Fadil Jaidi

Fadil adalah anak kedua dari tiga bersaudara dari pernikahan antara H Muhammad Jaidi dan Hj Wardah Al Ganis. Kakak laki-lakinya bernama Yislam Al Jaidi, sedangkan adik perempuannya bernama Fadilla Putri Jaidi.

Fadil pernah mengenyam pendidikan di SMP Negeri 12 Bekasi dan SMA Negeri 6 Bekasi. Untuk jenjang S1, ia memilih untuk mengambil jurusan Ilmu Komunikasi di London School Of Public Relations (LSPR).

Biodata Fadil Jaidi

  • Nama Lengkap : Fadil
  • Nama Panggilan : Fadil
  • Nama Panggung : Fadil Jaidi
  • Agama : Islam
  • Hobi : Main Game dan menyanyi
  • Ayah : Muhammad Jaidi
  • Ibu : Wardah Al Ganis
  • Saudara :
  • Yislam Al Jaidi (Kakak)
  • Fadilla Putri Jaidi (Adik)
  • Pendidikan :
  • SMP N 12 Bekasi
  • SMA N 6 Bekasi
  • London School of Public Relation (LSPR) Jakarta.
  • Youtube : Fadil Jaidi
  • Instagram : @fadiljaidi
  • Tiktok : @fadiljaidi

Perjalanan Karier Fadil Jaidi

Karier Fadil Jaidi Sebagai Influencer

Awalnya, Fadil memulai karirnya sebagai konten kreator atas keisengan untuk menggoda ayahnya, Muhammad Jaidi, yang ia bagikan di akun Instagram pribadinya. Kemudian, ada seseorang yang menyarankan agar konten tersebut dilanjutkan karena dianggap sangat menghibur dan direkomendasikan untuk diunggah di platform TikTok. Tidak lama setelah itu, video TikTok Fadil Jaidi mulai ramai dan membuat namanya semakin dikenal di kalangan pengguna internet.

Tingkah Konyol Keluarga Fadil Jaidi (Sumber: Instagram.com/fadiljaidi)


Pada tahun 2016, Fadil memulai karirnya sebagai YouTuber dengan membuat konten sehari-hari dan tantangan game bersama teman-temannya di kanal yang diberi nama Samsolese. Samsolese adalah sebuah grup persahabatan yang terdiri dari Fadil Jaidi, Clarissa Putri, Sandra Damayanti, dan Krisna Pratiwi, yang akrab dipanggil Nina. Meskipun memiliki jadwal yang padat, kebersamaan mereka tetap kuat dan langgeng. Mereka memulai karir bersama dengan membuat konten lucu dan menghibur di kanal YouTube mereka. Konten-konten mereka telah mendapatkan banyak penggemar dari netizen karena kelucuannya yang tak terduga.

Sebenarnya, sahabat yang paling awet dan langgeng hingga sekarang adalah Fadil dan Clarissa. Mereka telah menjadi sahabat sejak SMA dan terus bersama hingga kuliah. Pada suatu waktu, Fadil sering menonton acara yang dibawakan oleh almarhum Olga Syahputra. Saat itu, Olga menyanyikan lagu Alicia Keys yang berjudul "If I Ain't Got You", dengan lirik "some people live for the fortune". Namun, Fadil mendengar lirik tersebut dengan beda yang membuatnya mengucapkan "Samsolese" sebagai penggantinya. Melihat kejadian tersebut, mereka secara spontan memutuskan untuk memberi nama YouTube channel mereka sebagai Samsolese. Nama tersebut menjadi populer dan dikenal oleh banyak orang yang ternyata suka dengan konten yang mereka buat.

Mereka tidak pernah menyangka bahwa mereka akan menjadi pembuat konten hingga saat ini. Ketika mereka memberi nama grup mereka, mereka memberi namanya secara asal. Namun, mereka sangat terkejut dan senang karena mendapat banyak dukungan dan penggemar.

Konten-konten yang mereka buat sebagian besar adalah tantangan, tetapi mereka melakukannya dengan cara yang berbeda dari yang lain. Mereka membawa ciri khas mereka sendiri dalam setiap konten tersebut. Inilah yang membuat banyak orang menyukai mereka, karena mereka sangat lucu dan menghibur.

Fadil Jaidi Pro Player Esport

Tidak hanya sebagai konten kreator, Youtuber dan TikToker Fadil Jaidi memiliki latar belakang sebagai mantan pemain profesional Mobile Legends: Bang Bang (MLBB). Fadil Jaidi bergabung dengan tim esports WAW Esports yang dimiliki oleh Reza Arap sebelum akhirnya tim tersebut dibubarkan, dan kemudian Reza Arap membentuk MORPH Team.

Fadil Jaidi menjelaskan bahwa dia berhenti dari dunia esports MLBB karena ayahnya yang dikenal sebagai Pak Muh tidak mendukungnya. Ayahnya sering merasa tidak senang karena Fadil terlalu sering bermain game. Fadil juga menceritakan bahwa ada tawaran dari tim esports lain untuk bergabung, tetapi karena tim tersebut mengharuskan dia tinggal di Game House (tempat tinggal bagi pemain esports), yang tidak diizinkan oleh ayahnya, maka Fadil memutuskan untuk berhenti sepenuhnya.

Ketika masih menjadi pemain profesional, Fadil memiliki keterampilan yang sangat baik. Dia pernah menjadi pemain global teratas untuk beberapa hero, seperti Lunox, Karrie, Angela, Aurora, dan pernah masuk dalam 10 besar pemain global untuk hero Claude. Namun, saat ini Fadil mengaku bahwa dia sudah jarang bermain MLBB.

Fadil Jaidi di Bidang Akting

Selain berkarir sebagai konten kreator, dan pengalamannya dalam dunia gaming, Fadil Jaidi ternyata juga memiliki bakat bernyanyi. Sedari kecil Fadil Jaidi sering menjajal berbagai kontes pencarian bakat, meskipun selalu gagal. Hal itu tak membuatnya patah semangat, ia berhasil merilis beberapa lagu yaitu Ku Jatuh Hati (2015), Pembenaran Cinta, dan lagu Terkunci Untukmu (2016).

Selain memiliki bakat bernyanyi, Fadil Jaidi juga sangat mengidolakan penyanyi Rossa. Awal pertemuannya dengan pelantun lagu “Aku Bukan Untukmu” itu berlangsung saat konser. Fadil Jaidi yang saat itu jadi penonton dihampiri oleh promotor untuk mendapatkan kesempatan bertemu dengan Rossa, dan saat bertemu dengan Rossa, Sang penyanyi pun mengundangnya ke kediamannya, darisitu lah Rossa menyadari bahwa Fadil Jaidi memiliki suara yang bagus, di Konser berikutnya Fadil di dapuk Rossa tidak hanya menjadi MC konsernya melainkan juga teman duet nya di beberapa kota seperti Bandung, Medan, Palembang.

Fadil Jaidi Sebagai Pemain Sinetron

Meskipun saat ini namanya sudah dikenal khalayak ramai, tapi tak banyak yang tahu bahwa sosok Fadil Jaidi, seorang YouTuber terkenal, ternyata memiliki latar belakang di dunia hiburan sebelumnya.

Pada tahun 2002, Fadil membintangi sinetron berjudul Tuyul dan Mbak Yul sebagai Adit. Kemudian, pada tahun 2005, dia berperan sebagai Yono dalam sinetron Tawakal. Selain itu, Fadil juga telah bermain dalam beberapa film seperti Pulang Tak Diantar, Love Knots, dan Dealova 2. Berikut daftar film dan sinetron yang pernah dibintangi Fadil Jaidi :

  • Tuyul dan Mbak Yul (2002) : berperan sebagai Adit
  • Tawakal (2005) : berperan sebagai Yono
  • Pelangi Cinta (2006) : berperan sebagai Doody
  • Si Toge dan Si Pentung (2006) : peran tidak diketahui
  • Kecil-Kecil Ngobyek (2007) : peran tidak diketahui
  • Pulang Tak Diantar (2017) : berperan sebagai Fadil
  • Magic Tumbler 3 (2020) : berperan sebagai Jin Penjaga 
  • Cerita Tentang Bahagia (2020) : peran tidak diketahui
  • Love Knots (2021) : berperan sebagai Presenter acara final Lokapala
  • Komedi Maksimal (Komaks) (2021) : Berperan sebagai Fadil
  • Imperfect The Series (2022) : berperan sebagai Berry
  • Dealova 2 (TBA) : peran belum diketahui

Bisnis Fadil Jaidi

Selain menjadi YouTuber, Fadil juga seorang pengusaha yang memiliki beberapa bisnis yang dikelola olehnya. Status dirinta sebagai Influencer membuat informasi mengenai bisnisnya tersebarluaskan ke masyarakat dengan mudah. Bisnis Fadil Jaidi diantaranya adalah: 

Traffic Bun

Setelah namanya dikenal masyarakat luas, Fadil Jaidi tak lantas berdiam diri, Fadil melebarkan sayapnya dan terjun ke dunia bisnis. Fadil memulai usahanya pada bidang kuliner yaitu franchise restoran burger. Fadil membangun trafficbun dengan menggandeng rekan bisnisnya yaitu Ronald Simajuntak dari Nikmat Group. Nikmat Group adalah perusahaan F&B yang telah membesarkan Kopi Lain Hati, Gildak, dan Street Boba.

Traffic Bun by Fadil Jaidi (Sumber: Instagram.com/fadiljaidi)


Sebelum meluncurkan produk bisnisnya Fadil Jaidi sempat membuat konten cara memasak burger bersama Chef Juna, Videonya ini ia unggah di kanal youtube pribadi miliknya dan telah ditonton 9,5juta penonton. Hingga kemudian produk burgernya pun rilis ke publik dengan nama brand Traffic Bun.

Traffic Bun pertama kali buka di kawasan Pasar Baru, Jakarta Pusat pada Maret 2021 lalu. Tapi, melansir dari akun Instagram resminya Traffic Bun, per September 2022, jumlah gerai burger tersebut berkembang secara pesat dan telah mencapai lebih dari 70 dalam kurun waktu 1 tahun.

Street Boba

Street Boba merupakan brand minuman franchise yang berada di bawah naungan Nikmat Group, brand ini hasil rintisan dari Nikmat Group dengan selebgram Jovi Adhiguna. Fadil Jaidi melihat kesuksesan brand ini dalam dunia bisnis pun ikut tertarik bergabung didalamnya. Fadil terinspirasi dari kawan sesama selebgram yaitu Keanu Angelo. Fadil Jaidi akhirnya memutuskan membuka franchise brand Street Boba ini di Bekasi. Lokasi ini dipilih Fadil karena dirasa dekat dengan lokasi kediamannya.

Waroeng Pak Muh

Mulanya waroeng Pak Muh ini adalah rumah makan sederhana milik keluarga Fadil Jaidi yang berlokasi di Jatiasih, Bekasi. Lokasi rumah makan ini berada di sekitar kediaman Fadil Jaidi. Melihat adanya kesempatan untuk memperbesar usaha milik keluarganya, Fadil Jaidi yang dikenal gigih pun tak tinggal diam. Fadil menggandeng Nikmat Group untuk kembali berbisnis dengan menjadikan Waroeng Pak Muh ini franchise yang bisa memperluas gerai usahanya. Fadil kembali berbisnis dengan Nikmat Group melihat kesuksesannya pada bisnis-bisnis sebelumnya dengan Nikmat Group.

WAroeng Pak Muh ini tak hanya menyuguhkan menu bakso, tapi saat ini telah berinovasi dan menyuguhkan menu mie ayam. Racikan keluarga Fadil Jaidi yang nikmat menjadikan usaha yang baru menjadi franchise ini telah memiliki banyak cabang hingga ke luar pulau jawa.

WAroeng Pak Muh sendiri tidak hanya dikelola oleh Fadil Jaidi melainkan juga sang Ayah, Muhammad Jaidi. Nama dari brand ini pun diambil dari nama sang Ayah, yaitu Pak Muh.

Acas Nyemil

Bisnis kuliner sepertinya menjadi bisnis andalan seorang Fadil Jaidi. Tak hanya membuka gerai burger, warung bakso, dan gerai minuman boba kekinian, Fadil juga mencoba usaha kuliner di makanan kemasan. Ia membuat brand makanan ringan yang menjual snack seperti cimol keju dengan berbagai macam bumbu. Fadil memberikan nama brand tersebut yaitu Acas Nyemil. Brand ini booming dan viral ketika Fadil mempromosikannya pada unggahan di media sosial miliknya. Hingga kini cimol Acas Nyemil telah mengirimkan pesanan cimol ke berbagai penjuru negeri.

Ayam Geprek Samsolese

Fadil Jaidi pernah membuat bisnis Ayam Geprek bersama sahabat-sahabatnya, usaha ayam gepreknya ini diberi nama Ayam Geprek Samsolese. Nama itu diambil dari nama grup ia dan sahabat-sahabatnya. Meskipun bisnis ayam geprek ini tidak bertahan lama, tetapi bisnis yang Fadil Jaidi dan sahabatnya rintis ini sempat booming hingga bisa memberangkatkan mereka liburan bersama ke Jepang. Bisnis ini pun berakhir pada tahun 2022.


Kisah Asmara Fadil Jaidi

Fadil Jaidi beberapa kali di rumorkan berpacaran dengan Clarissa Putri Handriati, atau biasa di sebut Rissa. Rissa dan Fadil memiliki kedekatan sejak lama, yaitu sejak mereka berdua di bangku SMA. Saking dekatnya guru-guru di SMA mereka tidak membolehkan mereka kembali dalam satu kelas karena bila mereka disatukan dalam satu kelas mereka berdua akan terus-terus an besenda gurau dan mengobrol.

Fadil Jaidi dan Clarissa Putri (Sumber: Instagram.com/fadiljaidi)


Kedekatan mereka pun berlanjut hingga ke bangku perkuliahan, mereka berada di satu universitas yaitu London School of Public Relation (LSPR) Jakarta. Kedekatan Fadil dan Rissa membuat mereka berdua seringkali berlibur bersama. Fadil bahkan pernah menuliskan di ask.fm nya bahwa Rissa menjadi salah satu wanita yang paling ia sayang. “Tapi kalo perempuan yang paling gue sayang banget itu adalah; Nyokap gue, ade gue, dan Clarissa Putri”, jawab Fadil. 

Kedekatan mereka tidak lantas mengkonfirmasi hubungan mereka berdua yang berpacaran. Baik Fadil ataupun Rissa selalu mengatakan bahwa hubungan mereka hanyalah sahabat. Fadil tidak ingin hubungan persahabatan mereka rusak karena pacaran.

Kolaborasi Fadil Jaidi

Fadil Jaidi pernah terlibat kolaborasi beberapa konten bersama para youtuber dan kontem kreator lain, selain itu Fadil juga pernah menjalin kolaborasi dengan Joe Taslim dalam Iklan produk perawatan rambut yaitu Head & Shoulder. Tak hanya brand perawatan rambut, Fadil juga pernah menjadi Brand Ambassador beberapa produk seperti produk perawatan kulit Scarlette Whitening dan beradu akting dengan Natasha Wilona, Brand Ambassador MSGlow bersama dengan Pak Muh dan Yislam (kakak Fadil Jaidi), juga Brand Ambassador Kopi Lain Hati.


Fakta Menarik Mengenai Fadil Jaidi

Fadil Jaidi adalah Fans Berat Penyanyi Rossa

Meskipun sering kali berperilaku jahil terhadap ayahnya, tidak banyak yang tahu bahwa Fadil sebenarnya merupakan penggemar berat Rossa. Setelah bertahun-tahun menjadi penggemar setia Rossa, akhirnya Fadil mendapatkan kesempatan untuk bertemu langsung dengan idolanya tersebut. Momen bersejarah ini diabadikan oleh Fadil dan diunggah ke saluran YouTube pribadinya.

Dalam video yang berjudul "Sebuah Hari yang Penuh Kejutan :)" Fadil menampilkan momen ketika dia diundang ke rumah Rossa. Terlihat jelas bahwa dia merasa gugup dan tegang, bahkan sebelum bertemu Rossa. Fadil mengaku bahwa perasaannya campur aduk, dan dia sampai bingung memilih baju yang akan dipakai.

Pernah Menjadi Agen Asuransi

Sebelum meraih ketenaran, keluarga Fadil Jaidi harus menghadapi masa sulit dalam hal ekonomi. Untuk mencari nafkah, Fadil Jaidi bahkan pernah menjadi seorang agen asuransi. Dalam perjalanan menuju kesuksesannya, ia mengalami berbagai tantangan dan perjuangan yang membentuknya menjadi individu yang gigih. Keberhasilan yang kemudian ia raih tidak hanya mengubah hidupnya sendiri, tetapi juga membawa kebanggaan bagi keluarganya serta menjadi inspirasi bagi banyak orang yang melihat perjalanan hidupnya.

Akrab dengan Raffi Ahmad

Fadil dikenal memiliki keakraban dengan pasangan selebriti Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. Beberapa kali pasangan tersebut mengikutsertakan Fadil Jaidi dalam agenda liburan mereka. Tak hanya dekat dengan pasangan selebriti ini, dalam vlog yang diunggah terlihat Fadil juga akrab dengan Rafathar Malik Ahmad, anak dari Raffi dan Nagita. Mengingat tak banyak rekan selebriti ataupun influencer yang bisa akrab dengan Rafathar.

Dekat dengan Keanu Angelo

Fadil Jaidi dikenal dekat dengan Keanu Angelo, dan keduanya sering bekerja sama dalam pembuatan konten komedi yang mereka unggah di saluran pribadi mereka di platform media sosial. Kolaborasi mereka tidak hanya menciptakan tawa bagi penonton, tetapi juga memperkuat persahabatan mereka. Melalui video-videonya, Fadil dan Keanu telah membangun basis penggemar yang setia dan membagikan momen-momen lucu dalam kehidupan sehari-hari mereka. Kemitraan mereka dalam dunia konten digital telah memberi mereka kesempatan untuk bersama-sama berkembang dan menghibur audiens mereka di seluruh dunia.

Memiliki Hewan Peliharaan

Fadil Jaidi dan Peliharaanya  (Sumber: Instagram.com/fadiljaidi)


Selain kesuksesannya dalam dunia konten digital, Fadil Jaidi juga memiliki sisi pribadi yang unik, yaitu kecintaannya terhadap hewan peliharaan. Dia memiliki dua ekor peliharaan yang sangat ia sayangi. Salah satunya adalah Ocong, seekor burung parrot yang cerdas dan penuh warna. Ocong sering menjadi bintang dalam beberapa video Fadil, menghibur penonton dengan tingkah laku lucu Selain Ocong, ada Molly, seekor kucing anggora yang menjadi sahabat setia Fadil. Molly memiliki bulu yang lembut dan mata yang penuh ekspresi. Kehadirannya dalam hidup Fadil membawa kebahagiaan dan kenyamanan di rumah. Fadil sering membagikan momen-momen lucu dan manis bersama Molly, yang menjadi favorit banyak penggemarnya.

Foto-foto Fadil Jaidi

(Sumber: Instagram.com/fadiljaidi)

(Sumber: Instagram.com/fadiljaidi)

(Sumber: Instagram.com/fadiljaidi)

(Sumber: Instagram.com/fadiljaidi)

(Sumber: Instagram.com/fadiljaidi)





Demikianlah ulasan tentang Fadil Jaidi oleh Selebsquad, semoga informasi yang disajikan dapat bermanfaat dan memberikan gambaran yang jelas mengenai Fadil Jaidi.







Posting Komentar untuk "Biodata Fadil Jaidi, Duet Komedinya bersama Sang Ayah Menjadi Influencer Berpengaruh, Profil Lengkap, Fakta Menarik dan Foto"