Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biodata Marshanda, Profil Lengkap, Perjalanan karier, Kontroversi Hingga Kabar Terkininya yang Kampanye Body Positivity


 Marshanda

Potret Marshanda (Sumber: Instagram.com/marshanda99)

Selebsuqad – Kalian pasti pernah mendengar tentang Marshanda, kan? Dia adalah seorang artis yang sangat terkenal di Indonesia. Dia mulai terkenal sebagai aktris di tahun 2000-an dan sekarang sudah menjadi seorang ibu. Hidupnya penuh dengan berbagai macam pengalaman dan perjuangan yang dia hadapi. Baru-baru ini ia membintangi webseries berjudul Induk Gajah. Serial web Induk Gajah sangat dinantikan oleh para penonton. Ini adalah web series pertama Marshanda setelah ia vakum dari dunia akting selama beberapa tahun. Penampilannya dalam Induk Gajah sebagai karakter Ira sangat mencuri perhatian penonton karena Marshanda berhasil menampilkan kemampuan aktingnya dengan sungguh-sungguhSekarang, publik sangat penasaran dengan Marshanda. Berikut adalah profil dan biodata lengkapnya yang telah Selebsquad rangkum di artikel berikut ini.

Profil Marshanda

Marshanda, yang lahir dengan nama lengkap Andriani Marshanda pada 10 Agustus 1989, merupakan anak dari pasangan Irwan Yusuf dan Riyanti Sofyan. Ia berasal dari keturunan Padang dan memiliki dua adik yang bernama Adrian Hafsi dan Alyssa Ramadhani. Namun sayangnya, saat Marshanda berusia 5 tahun, orang tuanya, Irwan Yusuf dan Riyanti Sofyan, memutuskan untuk bercerai. Saat itu, ayahnya menghadapi kesulitan finansial akibat bangkrut dan bahkan pernah hidup sebagai gelandangan pada tahun 2016. Saat ini, Irwan Yusuf tinggal di Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh di Kota Malang, Jawa Timur.

Ketika masih kecil, Marshanda menghabiskan waktunya di kota Lumpia, Semarang. Namun, setelah ayahnya mengalami kebangkrutan, orang tuanya memutuskan untuk bercerai. Karena itu, Marshanda harus ikut ibunya pindah ke Jakarta. Setelah pindah ke ibu kota, Marshanda, yang juga akrab disapa sebagai Caca, memulai karirnya di industri hiburan Indonesia sebagai seorang bintang iklan. Dengan memiliki wajah yang cantik, Caca dengan mudah mendapatkan pekerjaan di bidang ini.

Marshanda menjalin hubungan dengan Ben Kasyafani dan akhirnya menikah pada bulan April 2011. Dari pernikahannya dengan Ben Kasyafani, Marshanda dikaruniai seorang putri yang bernama Sienna Ameerah Kasyafani. Namun sayangnya, pada tahun 2014, rumah tangga mereka mengalami masalah dan akhirnya retak. Hak asuh anak jatuh ke tangan Ben. Meskipun begitu, saat ini hubungan antara mantan pasangan suami istri tersebut mulai membaik. Bahkan Marshanda dan Sienna sering menghabiskan waktu bersama-sama.

Marshanda dan Putrinya Sienna (Sumber: Instagram.com/marshanda99)


Biodata Marshanda

  • Nama Lengkap: Andriani Marshanda
  • Nama Panggung: Marshanda
  • Nama Panggilan: Chacha
  • Tempat Lahir: Jakarta
  • Tanggal Lahir: 10 Agustus 1989
  • Usia: 34 Tahun
  • Zodiak: Leo
  • Pendidikan: SDS Islam Tugasku Pulogadung Jakarta, SMPN 216 Jakarta, SMA Labschool Kebayoran, Universitas Pelita Harapan
  • Agama Marshanda: Islam
  • Orang Tua: Irwan Yusuf (Ayah), Rianti Sofyan (Ibu)
  • Saudara: Adrian Hafsi (Adik), Alyssa Ramadhani (Adik)
  • Suami: Ben Kasyafani (2011 – 2014)
  • Profesi: Aktris, Model, Penyanyi
  • Hobi: Bernyanyi
  • Instagram: @marshanda99
  • TikTok: @marshastardust
  • YouTube: MARSHED

 

Perjalanan Karier Marshanda

Marshanda telah menunjukkan bakat seninya sejak kecil. Dia pernah berlatih vokal di Paranadjaja dan mengikuti kursus balet. Pada awalnya, cita-citanya ketika masih kecil adalah menjadi insinyur pertanian atau psikolog. Namun, ketika dia secara tidak sengaja bertemu dengan komposer terkenal Papa T. Bob, cita-cita lainnya sebagai penyanyi semakin kuat. Ibunya sering mendengar Marshanda bernyanyi dan merekamnya, lalu dia mencoba menawarkan rekaman tersebut kepada Papa T. Bob, yang dikenal sebagai komposer lagu anak-anak terkenal. Kebetulan, Papa T. Bob tertarik dengan kualitas suara Marshanda, dan pada saat itu, dia langsung membuat lagu khusus yang cocok dengan karakter suaranya. Salah satu lagu yang diciptakan khusus untuknya adalah "Gantungkan Cita Cita".

Marshanda di Awal-awal Kariernya (Sumber: Instagram.com/marshanda99)

Marshanda memulai karirnya di dunia iklan ketika dia masih duduk di kelas 3 SD pada usia 8 tahun. Suatu kebetulan, saat itu dia menemani tantenya Chintya Rustam yang merupakan seorang model terkenal saat menjalani casting iklan. Ketika mereka tiba di lokasi, Chaca diminta untuk ikut dalam casting tersebut. Pada akhirnya, pada tahun 1997, dia terpilih untuk membintangi iklan Bank Danamon.

Pada usia 11 tahun, popularitas Chacha mulai meningkat setelah memerankan karakter Lala dalam sinetron "Bidadari" yang ditayangkan di RCTI pada tahun 2000. Sinetron yang diproduksi oleh Multivision Plus ini sukses dengan durasi 156 episode dan juga dibintangi oleh Nia Ramadhani, Ayu Azhari, Marcelino Lefrandt, Moudy Wilhelmina, Cecep Reza, dan Chintya Kusuma.

Setelah kesuksesan musim pertama "Bidadari", Marshanda kembali membintangi sekuelnya, yaitu "Bidadari 2" yang berjalan sepanjang 104 episode. Namun, dia hanya terlibat dalam 98 episode karena pihak Multivision menggantikan perannya dengan orang lain, yang pada akhirnya menjadi awal dari permasalahan antara Marshanda dan Multivision Plus yang dimiliki oleh Ram Punjabi.

Dalam sinetron yang membesarkan nama Chacha tersebut, Marshanda menyanyikan lagu berjudul "Bidadari". Sinetron ini juga merilis album dengan judul yang sama, yang berisi sebelas lagu yang semuanya dinyanyikan oleh Marshanda, dengan lagu andalan yang berjudul "Bidadari". Karena terjadi konflik dengan Multivision Plus, Marshanda memilih untuk bergabung dengan rumah produksi SinemArt yang dipimpin oleh Leo Sutanto. Di bawah naungan SinemArt, Marshanda berperan dalam sinetron "Kisah Sedih di Hari Minggu" yang berjalan sebanyak 26 episode, memerankan karakter bernama "Imel". Sinetron ini juga menampilkan Meriam Bellina, Mathias Muchus, Ira Wibowo, Adi Bing Slamet, serta beberapa bintang muda seperti Gading Marten, Jennifer Arnelita, Cha Cha Frederica, dan Egi John.

Marshanda kemudian berperan dalam sinetron "Kisah Kasih di Sekolah", yang juga diproduksi oleh SinemArt. Dalam sinetron ini, Marshanda memerankan karakter Kasih dan disutradarai oleh Ungke Kaumbur. Seperti sinetron sebelumnya, lagu tema yang berjudul sama, ciptaan Obbie Mesakh, dan dipopulerkan kembali oleh penyanyi legendaris Chrisye, juga dinyanyikan oleh Marshanda sendiri. Sinetron ini kemudian melahirkan sekuelnya, yaitu "Kisah Kasih di Sekolah 2".

Pada tahun 2002, Marshanda juga ikut tampil dalam sebuah album religi berjudul "Allah Yang Kucintai". Bersama dengan dua penyanyi muda lainnya, yaitu Siti Novita Rizki dan Atras, terbentuklah Trio Sakha. Album ini diproduksi oleh artis sinetron Inneke Koesherawati. Gaya musik dalam album ini adalah R&B dan Hip Hop, meskipun liriknya memiliki nuansa Islam yang kental.

Pada tahun 2005, Marshanda membuat debutnya dalam film layar lebar yang berjudul "Petualangan 100 Jam", yang diproduksi oleh MultiVision Plus Picture. Cerita dan skenarionya ditulis oleh Jujur Prananto. Film ini mengambil lokasi syuting di berbagai daerah seperti Sawangan, Muntilan (Magelang), Selo (Boyolali), Bromo, Yogyakarta, Bogor, dan Jakarta. Sutradaranya adalah Winaldha E. Melalotoa. Pada awal tahun yang sama, Marshanda merilis album solo dengan judul yang sama dengan namanya. Album ini mengusung genre pop dan R&B, dengan 10 lagu yang menceritakan tentang percintaan di kalangan remaja. Dalam album ini, Marshanda didukung oleh beberapa musisi Indonesia seperti Kikan 'Coklat', Thomas 'Gigi', Adam 'Sheila on 7', Dewiq, dan penyanyi Bonita.

Marshanda kembali tampil dalam sinetron produksi Sinemart yang berjudul "Aqso dan Madina". Dalam sinetron ini, Marshanda beradu akting dengan Dude Harlino, di mana ia memerankan karakter Madina. Madina digambarkan sebagai seorang gadis yang baik, sopan, teguh, taat kepada agama, dan selalu siap membantu orang lain. Menariknya, saat Marshanda sedang melakukan syuting untuk sinetron ini, ia juga menggunakan jilbab. Sinetron "Aqso dan Madina" mulai ditayangkan sekitar bulan September 2008.

Setelah hampir setahun menikah dengan Ben Kasyafani, Marshanda kembali muncul dalam sinetron terbarunya yang berjudul "Karunia". Sinetron ini dirilis pada bulan Maret 2012. Meskipun suaminya juga turut berperan dalam sinetron tersebut, Marshanda dipasangkan dengan Mischa Chandrawinata yang memerankan karakter Arya. Dalam sinetron ini, Marshanda memerankan tokoh Karunia atau akrab dipanggil Nia. Karakter Nia adalah seorang gadis yang mengalami kebutaan akibat kecelakaan, namun mendapatkan donor mata dengan cepat.

Pada tahun 2014, Marshanda hampir tidak tampil dalam sinetron, namun ia kembali membintangi sinetron berjudul "Orang Ketiga" yang diproduksi oleh SinemArt pada awal tahun 2018. Dalam sinetron ini, Marshanda memerankan karakter bernama Yuni, seorang wanita yang terlibat dalam perbuatan merebut suami orang lain. Sinetron ini juga diperankan oleh Rionaldo Stockhorst, Nasyila Mirdad, Marcel Chandrawinata, dan beberapa pemain lainnya. Sinetron "Orang Ketiga" mulai ditayangkan di SCTV pada bulan Januari 2018.

Di Tahun 2023 Marshanda kembali menyapa lewat web series Induk Gajah. Serial Induk Gajah yang ditayangkan di Prime Video sedang menjadi favorit banyak orang. Di media sosial, terdapat beragam komentar positif yang memuji serial ini yang dibintangi oleh Marshanda, Dimas Anggara, Tika Pangabean, dan Mikha Tambayong. Netizen menyebut serial ini sebagai tontonan yang segar dan penuh komedi yang tak boleh dilewatkan. Marshanda sendiri mengungkapkan bahwa ia awalnya sangat cemas ketika akan membintangi serial "Induk Gajah", mengingat dirinya bukanlah sosok yang terampil dalam melucu. Namun, berkat bantuan dan arahan dari sutradara Muhadkly Acho, aktris berusia 33 tahun tersebut dapat menyampaikan cerita dan perannya dengan baik. Meskipun awalnya gugup, Marshanda berhasil mengatasi tantangan tersebut dan memberikan penampilan yang memuaskan.

Poster Webseries Induk Gajah (Sumber: Instagram.com/marshanda99)


Film yang dibintangi Marshanda

  • Petualangan 100 Jam (2004) : berperan sebagai Marsha
  • Kalau Cinta Jangan Cengeng (2009) : berperan sebagai Yani
  • 3 Pilihan Hidup (2016) : berperan sebagai Rency
  • The Secret: Suster Ngesot Urban Legend (2018) : berperan sebagai Marsha
  • Gendut Siapa Takut?! (2022) : berperan sebagai Moza Aphrodite
  • Silence (TBA) : peran belum diketahui

Poster Film Gendut Siapa Takut?! (Sumber: Instagram.com/marshanda99)

Webseries yang dibintangi Marshanda

  • Induk Gajah (2023) : berperan sebagai Ira

Sinetron yang dibintangi Marshanda

  • Jinny oh Jinny (1999) : berperan sebagai Hannyba
  • Bidadari (2000-2003): berperan sebagai Lala Indriani
  • Kisah Sedih di Hari Minggu (2004-2005) : berperan sebagai Imel
  • Kisah Kasih di Sekolah (2004-2005) : berperan sebagai Kasih
  • Adam & Hawa (2004-2005): berperan sebagai Hawa
  • Manis dan Sayang (2005) : berperan sebagai Lisa
  • Anak Cucu Adam (2005) : berperan sebagai Alexa
  • Benci Bilang Cinta (2006-2007) : berperan sebagai Winda
  • Putri yang Terbuang (2006-2007) : berperan sebagai Putri
  • Soleha (2007) : berperan sebagai Soleha/Arini
  • Hingga Akhir Waktu (2008) : berperan sebagai Anggrek/Kania
  • Aqso dan Madina (2008) : berperan sebagai Madina
  • Sejuta Cinta Marshanda (2010) : berperan sebagai Marshanda
  • Ari Sujud ke Sujud (2011) : berperan sebagai Shofia
  • Karunia (2012) : berperan sebagai Karunia
  • Tikus dan Kucing (2017) : berperan sebagai Mita
  • Orang Ketiga (2018-2019) : berperan sebagai Yunu Larasati
  • Cinta Suci (2018) : berperan sebagai Dirinya Sendiri

Singel Marshanda

  • Dengan Menyebut Nama Allah (2007)
  • Cinta yang Kembali (2011)
  • Beri Aku Cinta (2012)
  • Kamu (2014)
  • Sienna (2017)
  • Tak Mungkin (2017)

Album Marshanda

  • Bidadari (2000)
  • Marshanda (2005)

 

Kontroversi yang Pernah Terjadi di Kehidupan Marshanda

  • Pada tahun 2004, Marshanda diduga melakukan tiga kesalahan fatal, termasuk bekerja sama dengan pihak lain tanpa memberitahu Multivision Plus (MVP), memutuskan kerja sama secara sepihak, dan melakukan tindakan di belakang layar yang membuatnya dituntut di pengadilan oleh Multivision Plus (MVP)
  • Pada tahun 2009, Marshanda menjadi sorotan publik setelah merekam dan mengunggah video yang berisi nyanyian dan ekspresi kemarahannya terhadap teman-teman sekolahnya. Sebelum membuat dan membagikan video tersebut secara online, ia mengalami depresi, mengalami halusinasi, dan mengalami kesulitan tidur.
  • Pada tahun 2014, Marshanda memutuskan untuk melepas jilbabnya, dan keputusannya ini mendapat kecaman dari beberapa pihak. Sebelumnya, pada tahun 2011, Marshanda memilih untuk mengenakan hijab setelah menikah dengan Ben Kasyafani. Setelah beberapa waktu menjalani kehidupan yang tenang dan fokus membesarkan putrinya, Sienna, tiba-tiba muncul kabar bahwa Marshanda mengajukan gugatan cerai terhadap suaminya. Setelah bercerai, Marshanda memilih untuk tetap tampil tanpa mengenakan hijab hingga saat ini.
  • Marshanda mengalami perselisihan dengan ibunya, dimana ia mengungkapkan bahwa dirinya pernah dipasung oleh ibunya di rumah sakit. Konflik ini memicu ketegangan antara keduanya, bahkan Marshanda mengancam akan melaporkan ibunya ke polisi. Sebelum peristiwa ini terjadi, Marshanda juga pernah menghadapi konflik dengan ibunya, Rianti Sofyan, karena ibunya tidak setuju dengan hubungannya dengan Ben. Namun, saat ini hubungan antara Marshanda dan ibunya telah membaik.

 

Fakta Menarik Mengenai Marshanda

  • Setelah perceraian, Marshanda mengalami pertengkaran sengit dengan ibunya karena penyakit bipolar yang kambuh. Ibunya bahkan memasung Marshanda dan ia akhirnya dirawat di Rumah Sakit Abdi Waluyo Jakarta. Pertengkaran tersebut membuat Marshanda berencana melaporkan ibunya ke pihak berwenang, namun niat tersebut tidak terlaksana.
  • Marshanda mengidolakan Christina Aguilera sebagai salah satu penyanyi idola dalam dunia tarik suara. Ia sangat terinspirasi oleh bakat dan kemampuan vokal Christina Aguilera. Marshanda mengagumi gaya bernyanyi dan ekspresi emosional yang ditampilkan oleh Christina Aguilera dalam setiap penampilannya. Christina Aguilera menjadi contoh bagi Marshanda dalam mengembangkan keterampilan bernyanyinya, termotivasi untuk terus berlatih dan meningkatkan kemampuan vokalnya. Idolanya ini memberikan pengaruh besar dalam perjalanan karir musik Marshanda dan menjadi sumber inspirasi dalam mengejar impian sebagai seorang penyanyi.

 

Marshanda Sekarang

Marshanda telah mengalami perubahan yang signifikan dalam cara ia memandang dan menerima tubuhnya. Meskipun sebelumnya ia dikenal dengan bentuk tubuh yang ramping, kini Marshanda dengan percaya diri menunjukkan bentuk tubuh yang lebih berisi. Perjalanan pemulihannya dari bipolar juga membawa dampak positif dalam pandangannya terhadap diri sendiri.

Selama perjalanan pemulihan dan setelahnya, Marshanda semakin vokal dalam menyuarakan pesan tentang body positivity. Ia memberikan inspirasi kepada pengikutnya di media sosial dengan mengingatkan pentingnya mencintai diri sendiri dan menerima bentuk tubuh yang dimiliki. Dalam kampanyenya, Marshanda menyampaikan bahwa keberagaman tubuh adalah sesuatu yang indah dan tidak ada standar yang benar-benar tepat dalam penampilan fisik.

Marshanda menggunakan platformnya untuk mempromosikan citra tubuh yang positif, mengajak orang lain untuk menerima diri mereka apa adanya tanpa merasa terbebani oleh standar kecantikan yang sempit. Ia berbagi fakta-fakta tentang body positivity, memberikan dorongan kepada orang lain untuk meningkatkan rasa percaya diri dan menerima keunikan mereka sendiri.

Dengan keberanian dan ketulusannya, Marshanda menjadi panutan bagi banyak orang yang berjuang dengan citra tubuh dan memberikan teladan tentang pentingnya mencintai dan menghormati diri sendiri. Pesan-pesannya tentang body positivity menjadi pengingat bagi warganet dan masyarakat luas akan pentingnya menghargai keindahan dalam segala bentuk tubuh.

 

Foto-Foto Marshanda

(Sumber: Instagram.com/marshanda99)

(Sumber: Instagram.com/marshanda99)

(Sumber: Instagram.com/marshanda99)

(Sumber: Instagram.com/marshanda99)

(Sumber: Instagram.com/marshanda99)

Demikianlah ulasan tentang Marshanda oleh Selebsquad, semoga informasi yang disajikan dapat bermanfaat dan memberikan gambaran yang jelas mengenai Marshanda.

Posting Komentar untuk "Biodata Marshanda, Profil Lengkap, Perjalanan karier, Kontroversi Hingga Kabar Terkininya yang Kampanye Body Positivity"