Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biodata Naura Ayu, Penyanyi Muda Berprestasi, Agama, Perjalanan Karier, Kisah Cinta, Fakta, dan Foto

 Naura Ayu

Potret Naura Ayu (Instagram/naura.ayu)

Seleb Squad - Adyla Rafa Naura Ayu atau yang lebih dikenal dengan sapaan Naura Ayu adalah penyanyi remaja dengan suara emas yang banyak digandrungi akhir-akhir ini. Ia adalah anak sulung dari empat bersaudara pasangan Riafinola Ifani Sari (Nola B3) dan Badly Mulya Putra. Gadis cantik ini lahir di Jakarta, 18 Juni 2005 atau yang sebentar lagi akan menginjak usia 18 tahun.

Meskipun sang Ibunda adalah penyanyi populer pada masanya, Naura Ayu enggan untuk memanfaatkan nama besar Nola B3. Ia memilih merintis karir dengan caranya sendiri lewat dunia musik dan seni peran. Gadis berdarah Jawa-Minang ini pernah aktidf dalam seni teater musikal serta terjun di dunia perfilman. Baru-baru ini, ia pun menggarap salah satu webseries yang dibintanginya, berjudul My Nerd Girl Season 2 bersama sang mantan pacar, Devano Danendra.

Bagaimana perjalanan karir Naura Ayu selengkapnya? Simak biodata Naura Ayu, perjalanan karir, kisah cinta, fakta seputar dirinya hingga foto-foto Naura Ayu berikut ini.

Biodata Naura Ayu

  • Nama: Adyla Rafa Naura Ayu
  • Nama Panggung: Naura Ayu
  • Tempat Lahir: Jakarta
  • Tanggal Lahir: 18 Juni 2005
  • Umur: 18 Tahun
  • Suku: Jawa dan Minangkabau
  • Agama: Islam
  • Tinggi Badan: 167 cm
  • Berat Badan: N/A
  • Ayah Naura Ayu: Baldy Mulya Putra
  • Ibu Naura Ayu: Riafinola Ifani Sari 
  • Saudara Naura Ayu: Adyano Rafi Bevan Putra, Anodya Shula Neona Ayu, Aladya Odetta Nakeya Ayu
  • Hobi: Menyanyi
  • Instrumen: Vokal
  • Genre: Pop, RnB, Balada
  • Pekerjaan: Penyanyi, Aktris
  • Tahun Aktif: 2014 - sekarang
  • Pendidikan: SMA Al Jabr Islamic School
  • Instagram: @naura.ayu
  • Twitter: @nnauraayu
  • YouTube: @NauraTV
  • TikTok: @naura__ayu18

Perjalanan Karir

Naura Ayu saat menerima penghargaan Indonesia's Beautiful Women 2023 (Instagram/naura.ayu)

Walaupun Nola B3 merupakan seorang penyanyi tak lantas membuat Naura Ayu menumpang nama besar Ibundanya. Gadis berdarah Jawa-Minang ini sudah menunjukkan bakat menyanyi bahkan saat ia masih berusia 3 tahun. 

Naura kecil diketahui lebih memilih menonton film kartun dengan tema musik dibandingkan lainnya. Namun saat itu, sang Ibu belum terlalu menanggapi ketertarikan Naura pada musik. Ia berpendapat bahwa anak seusia Naura masih akan memiliki selera yang berubah-ubah. 

Awal mula karir

Hingga selang dua tahun kemudian, Naura yang saat itu menginjak usia 5 tahun telah meminta pada Ibunya untuk diizinkan menyanyi. Sayangnya, Nola B3 merasa buah hatinya masih terlalu kecil untuk memulai karir di industri musik tanah air. Alih-alih mengizinkan Naura Ayu untuk berkarir di usia dini, Nola B3 memberikan sarana pada putrinya untuk belajar musik selama dua tahun. Naura kecil pun mulai mengeksplor berbagai genre musik yang membuatnya tertarik. 

Penyanyi remaja 18 tahun ini pun mengaku menyukai beberapa penyanyi papan atas dunia, seperti Michael Jackson, Frank Sinatra, dan Queen. Ia juga mendengarkan musik-musik klasik seperti Sound of Music, serta menikmati karya-karya dari Beyoncé dan Ariana Grande dengan genre pop modern. Melihat putrinya yang semakin serius menyelami bakat menyanyinya, Nola B3 pun mengizinkan Naura Ayu untuk menjadi penyanyi di usianya yang menginjak 7 tahun. 

Menajajal dunia seni peran dan peluncuran album perdana

Singkat cerita, dalam beberapa tahun setelah ia mendalami dunia musik, Naura Ayu juga menjajal seni peran. Ia berpartisipasi dalam teater musikal "Timun Mas The Musical" pada tanggal 29-30 Juni 2013 yang digelar di Istora Senayan, Jakarta. Dalam debutnya di dunia teatrikal ini, Naura Ayu berperan sebagai sepupu Timun Mas, bernama Mawar Kecil. 

Setahun berselang, Naura Ayu mendapat kesempatan untuk merilis album perdananya "Dongeng" pada 2 Juni 2014 di Galeria Indonesia Kaya, Grand Indonesia, Jakarta Pusat. Penggarapan album ini dilakukan setelah Naura Ayu mendapat kontrak dengan label rekaman Catz Records. Kehadiran Naura Ayu di industri musik anak-anak membawa angin segar ditengah gempuran musik-musik remaja dan dewasa dengan tema percintaan. Berkat album tersebut, Naura Ayu berhasil mendapatkan penghargaan Album Anak-Anak Terbaik dari Anugerah Musik Indonesia 2015.

Seakan tidak mau berpuas hati atas prestasinya, Naura Ayu menggelar konser bertema musikal dengan judul "Konser Dongeng". Tajuk tersebut diambil karena terinspirasi dari album perdananya yang berjudul "Dongeng". Tema cerita yang disuguhkan adalah alur cerita tentang Naura Ayu, kehidupan, alam, cita-cita, sekolah, keluarga, lingkungan, hingga mimpi-mimpi Naura Ayu. Pertunjukan ini dihelat pada 24-25 Oktober 2015, di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki, Jakarta.

Bergabung dengan label rekaman

Pada tahun 2016, Naura Ayu memutuskan bergabung dengan label rekaman Trinity Optima. Bersama label tersebut, dirinya meluncurkan album studio keduanya yang diberi nama "Langit Yang Sama". Seperti album sebelumnya, tema album menekankan banyak pesan moral dan edukasi. 

Lagu-lagu yang masuk di dalam daftar album tersebut diciptakan oleh Mhala & Tantra Numata dengan aransemen musik klasikal yang disukai anak-anak. Album ini pula yang membawa Naura Ayu mendapatkan penghargaan keduanya di kategori Album Anak-Anak Terbaik dari Anugerah Musik Indonesia 2016. Tidak hanya itu saja, dirinya juga menjadi pemenang Penyanyi Anak Solo Wanita Terbaik 2016 pada ajang yang sama. 

Debut di dunia akting

Setelah peluncuran album keduanya sukses, Naura Ayu mengambil kesempatan untuk debut di dunia perfilman tanah air. Ia terlibat sebagai pengisi suara di film animasi Petualangan Singa Pemberani Atlantos 2, dimana ia mengisi suara "Bella", putri walikota Pulau Anjing Laut. Lalu, di tahun 2017, ia didapuk sebagai pemeran utama di film musikal "Naura & Genk Juara". Pada film garapan Eugene Panji ini, Naura Ayu berperan sebagai dirinya sendiri dan Ketua Genk Juara. 

Selain mengisi peran di film ini, Naura Ayu juga diminta mengisi Ost. Naura & Genk Juara yang terdiri dari 9 lagu ciptaan Mhala & Tantra Numata. Dan dari penampilan apiknya di film ini, Naura Ayu kembali menyabet piala sebagai Artis Solo Laki-laki dan Perempuan Anak-anak Terbaik dari Anugerah Musik Indonesia 2018. Selain itu, ia masuk ke dalam nominasi Piala Maya 2017 kategori Aktor/Aktris Cilik/Remaja Terpilih. 

Tidak berhenti sampai disini, Naura Ayu kembali merilis album keempatnya, berjudul "Katakanlah Cinta" yang terdiri dari 11 lagu. Berbeda dari genre yang pernah ia bawakan di album-album sebelumnya, Naura yang beranjak remaja mulai mengenalkan genre pop dengan tema cinta di album ini. Album "Katakanlah Cinta" ini berhasil terjual 500,000 keping lewat kerjasama antara Trinity Optima dengan restoran cepat saji KFC. Karena keberhasilan ini, Naura Ayu dianugerahi triple platinum oleh Trinity Optima dan dan menjadi penyanyi anak pertama yang mendapatkan penghargaan tersebut.

Mendapat beasiswa akting di Broadway, Amerika Serikat

Dengan berbagai prestasi dan bakat menyanyi serta kebolehannya dalam dunia seni peran, Naura Ayu berkesempatan mendapat pelatihan seni pertunjukan Broadway di Amerika Serikat lewat beasiswa dari Galeri Indonesia Kaya. Namun sebelumnya, ia berkompetisi bersama 69 peserta lainnya untuk menunjukkan bakat mereka di depan pengajar Broadway mulai 20 hingga 24 April 2019. Setelah proses seleksi tersebut, dirinya terpilih bersama 15 peserta lainnya untuk mengikuti pelatihan di Negeri Paman Sam. Program ini berjalan selama 3 minggu sejak bulan Juli 2019. 

Setelah selesai mengikuti pelatihan tersebut dan kembali ke Indonesia, Naura dan 15 peserta Indonesia Menuju Broadway lainnya mengadakan showcase "What I Did For Love" di Soehana Hall, Jakarta Selatan. Pertunjukan ini digelar pada 27 Agustus 2019 dengan durasi 60 menit. Dalam acara tersebut, para peserta menampilkan lagu-lagu Broadway, seperti "We Both Reached for the Gun", "Getting Married Today", "When I Grow Up" dan lain-lain.

Lalu, Konser Dongeng selanjutnya pun diadakan pada tanggal 21 Desember 2019 bersama dengan Galeri Indonesia Kaya. Konser ini sekaligus menjadi konser penutup dari rangkaian acara yang berlangsung sejak tahun 2015. Naura Ayu yang saat itu menginjak usia 14 tahun pun mulai memasuki masa transisi dari penyanyi cilik menjadi penyanyi remaja.

Menjadi penyanyi remaja berprestasi

Pada tahun 2019, Naura Ayu merilis single perdananya dalam proses transisi menjadi penyanyi remaja, berjudul "Dikelilingi Cinta". Single ini terinspirasi dari perhatiannya terhadap kesehatan mental, mencintai diri sendiri, dan kehidupan sehari-hari seorang remaja. Setahun setelahnya, ia juga meluncurkan single kedua "Naw You Tell Me" lewat akun YouTube pribadinya. Lagu ini pun juga tercetus dari inspirasi yang sama dengan single sebelumnya.

Di tengah pandemi, Naura Ayu juga berhasil menggarap single "Kisah Kasih Sayang" yang dirilis pada tanggal 19 Maret 2021. Ia mengaku, single ini adalah single dirinya setelah menjadi penyanyi remaja. Gaya bermusik dan aransemen lagu-lagunya pun lebih minimalis dan dewasa. Naura Ayu juga menuturkan bahwa inspirasi musiknya menjadi semakin luas.

Kisah Cinta 

Naura Ayu saat masih berpacaran dengan Devano Danendra (Instagram/iamdevano)

Sebagai seorang remaja, rasanya wajar ketika seseorang menunjukkan ketertarikan pada lawan jenis, termasuk Naura Ayu. Ia sempat menjalin asmara bersama putra dari Iis Dahlia yang saat ini juga terjun ke dunia hiburan sebagai aktor dan penyanyi, bernama Devano Danendra. Keduanya menjalin hubungan dekat saat menjalani proses syuting bersama film Doremi & You. 

Karena pertemuan yang intens, keduanya pun menjadi semakin dekat. Tidak diketahui secara pasti bagaimana proses pendekatan Naura Ayu dan Devano Danendra. Namun, pasangan ini mulai menjalin asmara di tahun 2019. Dalam wawancaranya di podcast Gritte Agatha, Naura Ayu mengaku Devano Danendra menembaknya dengan cara yang biasa tapi cukup unik. "Iya, cara nembaknya agak 'wow' gitu. Lagi makan soto, hari terakhir syuting film ini (Doremi & You), tapi kan sudah dekat sebelumnya", ujar Naura Ayu. 

Ia lalu menambahkan bahwa sang produser film ini sempat menanyakan perihal hubungannya dengan Devano Danendra. Hal ini ia lakukan untuk berjaga-jaga jika ditanya oleh awak media. "Abis itu dia (Devano Danendra) menjawab, 'iya pacaran', aku bingung dong, 'hah emang kita pacaran?', terus dia bilang 'ya, kalau kamu mau, kamu mau nggak jadi pacar aku?', terus aku dengan mudahnya bilang 'mau'. Yaudah gitu, karena pada saat itu memang sudah dekat", tuturnya. 

Namun, dara cantik ini juga mengungkapkan alasan mengapa dirinya bersedia menerima Devano Danendra sebagai pacarnya. Ternyata, Devano pernah meminta izin langsung ke Ibunya, Nola B3, untuk berpacaran dengan Naura Ayu. Hal ini Naura lihat sebagai bentuk usaha untuk menaklukkan hatinya. Naura Ayu pun mengaku bahwa Devano Danendra adalah cinta pertamanya. Pria 20 tahun tersebut juga membantu Naura Ayu melewati masa-masa sulitnya. Hal ini diungkapkan Naura Ayu saat diundang di podcast TS Media pada 28 November 2021 silam. 

Saat berpacaran, keduanya pun banyak menciptakan karya bersama. Naura Ayu dan Devano Danendra berkesempatan untuk menyanyikan OST film Doremi & You. Sementara itu, Devano Danendra juga diketahui menciptakan lagu berjudul "Rembulan" yang terinspirasi dari sosok Naura Ayu. Wanita cantik ini juga diminta Devano Danendra untuk menjadi bintang video klip lagu "Rembulan" miliknya. Mereka pun juga terlibat dalam projek bersama untuk series "My Nerd Girl" yang ditayangkan lewat aplikasi Vidio di awal tahun 2022 lalu.

Sayangnya, keduanya memutuskan untuk berpisah setelah 3 tahun bersama. Fakta ini diketahui saat Devano Danendra mengunggah foto hitam putih dengan caption "thank u" disertai emoji hati hitam dan lambaian tangan. Sontak hal ini membuat spekulasi mereka putus semakin menyeruak. Namun, kabar tersebut dikonfirmasi oleh keduanya. Saat ini, Devano Danendra diketahui telah berpacaran dengan remaja cantik bernama Baila Fauri. Sementara itu, kabar percintaan Naura Ayu dengan sosok pria misterius yang sempat diunggahnya lewat Instagram sempat berhembus di awal tahun 2023. Akan tetapi, isu tersebut belum terkonfirmasi hingga saat ini.

Fakta Seputar Naura Ayu

Sumber: Instagram/naura.ayu

1. Punya bakat menyanyi dari sang Ibu

Naura Ayu dikenal sebagai penyanyi remaja berprestasi dengan suara emas yang membuat pendengarnya jatuh hati. Selain karena ketekunannya menggeluti bidang tarik suara, bakat menyanyi Naura Ayu ini juga ternyata diturunkan dari sang Ibu. Riafinola Ifani Sari atau yang lebih dikenal dengan sapaan Nola B3 adalah salah satu personel trio AB Three. 

Bersama dengan Widi dan Lusy, trio AB Three sangat populer sekitar tahun 1990-an. Ketika diwawancarai di suatu kesempatan, Nola B3 mengaku dirinya kerap mengajak Naura Ayu saat masih bayi untuk ikut menemaninya manggung bersama AB Three. Hal ini disebabkan dirinya hanya mendapat cuti selama 30 hari setelah melahirkan Naura Ayu. 

2. Pernah nyanyi di Istana Negara

Tahun 2022 lalu, Naura Ayu didapuk sebagai salah satu bintang tamu yang menyanyi acara pagelaran HUT Republik Indonesia yang ke 77. Perempuan 18 tahun ini mengaku sangat antusias diminta mengisi acara tersebut. Pengalaman pertamanya ini sangat spesial karena Naura Ayu akan menyanyi di depan Presiden Jokowi Dodo beserta semua tamu penting yang diundang untuk turut merayakan hari jadi Republik Indonesia. 

Dalam kesempatan ini Naura Ayu menyanyikan dua lagu, yaitu Bendera dan Aku Indonesia. Keduanya akan dibawakan penyanyi cantik ini dalam rangkaian upacara penurunan bendera di Istana Negara. Tidak hanya Naura Ayu saja, beberapa penyanyi lain turut berpartisipasi menjadi pengisi HUT Kemerdekaan RI ini, seperti Vidi Aldiano, Lyodra Ginting, Andmesh Kamaleng, dan Dira Sugandi. 

Namun ditengah rasa bahagianya mendapat kesempatan ini, Naura Ayu juga mendapat kritikan dari beberapa netizen terkait penampilannya. Ia dikritik salah tempo saat menyanyikan lagu Bendera. Melihat hal ini, Naura Ayu pun merespon melalui akun Twitternya. "Alhamdulillah akhirnya selesai nyanyi di Istana <3 maaf ya temen2, di bagian awal sempet ada kesalahan krna signal ear monitor ku hilang, jadi aku gabisa denger minus one ku jadi sempet kecepatan dan salah huhuu <3 terima kasih banyak yg sudah nonton", tulisnya. Rupanya, kesalahan tersebut merupakan kendala teknis diluar dari kendali Naura Ayu.

3. Ngefans SUGA BTS

Walaupun dirinya sendiri adalah seorang penyanyi populer, Naura Ayu juga remaja yang notabenenya punya idola. Diketahui, Naura Ayu adalah penggemar SUGA, salah satu member dari boyband asal Korea BTS. Beruntungnya, SUGA BTS mengadakan konser di Jakarta selama 3 hari, yakni tanggal 26, 27, dan 28 Mei 2023. Naura Ayu pun tidak melewatkan kesempatan tersebut untuk bertemu dengan sang idola.

Dan benar saja, sulung dari empat bersaudara ini membagikan momen ketika dia menangis saat berada di parkiran tempat konser SUGA BTS di ICE BSD, Jakarta. Naura Ayu terlihat sangat antusias hingga meneteskan air mata sejak awal hingga akhir konser berlangsung. 

Foto-foto Naura Ayu

Sumber: Instagram/naura.ayu

Sumber: Instagram/naura.ayu

Sumber: Instagram/naura.ayu

Sumber: Instagram/naura.ayu


Demikian ulasan Seleb Squad tentang Naura Ayu, penyanyi muda berprestasi yang memiliki suara emas dan paras yang cantik. Bagi kamu penggemar Naura Ayu, jangan lupa tinggalkan komentar di bawah ini ya! Selamat membaca!






Posting Komentar untuk "Biodata Naura Ayu, Penyanyi Muda Berprestasi, Agama, Perjalanan Karier, Kisah Cinta, Fakta, dan Foto"