Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biodata Lyodra Ginting, Diva Baru Indonesia, Patahkan "Kutukan Juara 1", Profil Lengkap, Perjalanan Karier, Agama, Pacar dan Bisnisnya

Lyodra Ginting

Potret Lyodra Ginting (Sumber: Instagram.com/lyodraofficial)


Selebsquad - Baru-baru ini, ramai diberitakan di media massa saat Lyodra Ginting hadir dalam konser Coldplay Indonesia yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat pada Rabu, 15 November 2023. Keikutsertaannya terekam dalam video yang viral di berbagai platform media sosial, terutama X dan TikTok. Dalam video tersebut, Lyodra menyampaikan kesan dan ucapan di area Stadion GBK menjelang penampilan seru dari Coldplay.

Artis yang meraih gelar juara dalam kompetisi bakat ini terlihat bergegas berjalan di tengah kerumunan penonton. Dalam video singkat tersebut, Lyodra mengungkapkan bahwa ia merasa tertipu terkait pembelian tiket konser, menggambarkan pengalaman serupa yang banyak dilaporkan oleh beberapa orang lainnya.

Namun, setelah ramai video singkatnya berjalan dikerumunan beredar Lyodra kembali mengkonfirmasi bahwa dirinya hanya bercanda. Hal ini di susul dengan postingannya ditengah konser ColdPlay yang ia unggah di laman Instagram pribadinya

Profil Lyodra Ginting

Lyodra Ginting lahir pada 21 Juni 2003 di Kota Medan, Sumatera Utara, sebagai anak sulung dari Simar Ginting dan Natalia Johanna Tarigan. Ayahnya seorang pengusaha, sementara ibunya seorang perawat psikiatri. Adik laki-lakinya bernama Igyralo Ginting, yang terpaut dua tahun darinya. Keluarganya menganut agama Katolik, dan Lyodra diberi nama baptis Margareta. Nama depan "Lyodra" merupakan varian dari nama perempuan dalam bahasa Ibrani, Liora, yang artinya cahaya. Sedangkan "Ginting" adalah nama marga dari suku Karo, Sumatera Utara.

Lyodra Ginting dan Keluarganya (Sumber: Instagram.com/nataliajo23)


Bakat menyanyi Lyodra terlihat sejak usia 2 tahun, dan ia aktif mengikuti lomba menyanyi lokal di Kota Medan sejak usia 4 tahun. Ayahnya menyebut bahwa bahkan pada usia tersebut, Lyodra telah mampu menyanyikan lagu "Ibu Kita Kartini" dengan teknik vibrato yang lebih baik daripada teman-teman sebayanya.

Meskipun meraih prestasi gemilang, Lyodra mengakui bahwa ia pernah mengalami bullying saat berada di sekolah dasar karena selalu menjadi kebanggaan para guru, baik dalam hal akademis maupun non-akademis.

Biodata Lyodra Ginting

  • Nama lengkap: Lyodra Margareta Ginting
  • Nama panggung: Lyodra Ginting
  • Tempat Lahir: Medan, Sumatra Utara
  • Tanggal lahir: Medan, 21 Juni 2003
  • Agama: Katolik
  • Pendidikan: SMP Santo Ignasius Medan, SMA Santo Thomas 2 Medan, Universitas Pelita Harapan
  • Profesi: Penyanyi, pemeran perempuan
  • Ayah: Simar Ginting
  • Ibu: Natalia Johanna Tarigan
  • Saudara: Igyralo Ginting
  • Instagram: @lyodraofficial 
  • Tiktok: @lyodrabeneran 
  • Youtube: @LyodraOfficial 
  • Twitter: @imlyodra 

Perjalanan Karier Lyodra Ginting

Lyodra, sejak usia 2 tahun, punya bakat nyanyi yang luar biasa. Masa kecilnya penuh dengan lomba nyanyi lokal di Kota Medan. Di masa SD, Lyodra menghadapi bully karena keunggulannya di bidang akademik dan non-akademik. Keahlian bernyanyinya, terutama dalam whistle register, diperoleh secara mandiri. Dia rajin berlatih vokalisasi dengan menyanyikan nada tinggi di rumah saat masih kelas tujuh SMP. Lyodra melanjutkan pendidikan di Universitas Pelita Harapan, jurusan Ilmu Komunikasi, dengan sistem pendidikan jarak jauh (PJJ) untuk mendukung karier musiknya.

Lyodra memulai karirnya sebagai penyanyi melalui partisipasinya dalam ajang Kirana Semen Indonesia 2014. Saat babak final nasional, dia berhasil meraih posisi empat teratas dan membawa pulang hadiah juara harapan satu senilai Rp25 juta. Keterlibatan Lyodra dalam kompetisi vokal Internasional, "Festival Sanremo Junior 2017", menghasilkan prestasi luar biasa dengan memenangkan festival tersebut di Italia pada tahun yang sama. Saat itu, ia membawakan lagu ciptaan Erwin Gutawa, yang turut berperan penting dalam kemenangannya. Dua sosok kunci, Erwin dan Gita Gutawa, berkontribusi besar dalam membimbingnya menuju kemenangan di panggung Internasional tersebut. Sebelum meraih prestasi gemilang di Italia, Lyodra telah aktif mengikuti ajang pencarian bakat, termasuk Indonesia Mencari Bakat pada tahun 2014, meskipun pada kompetisi tersebut ia hanya berhasil mencapai posisi keenam.

Sebagai peserta Indonesia Mencari Bakat 4, Lyodra tersingkir di babak enam besar setelah mengalahkan 19 finalis. Gut Records kemudian mengontraknya sebagai anggota proyek grup musik Di Atas Rata-Rata 2. Pada tahun yang sama, Lyodra mengambil bagian dalam proyek musik "Di Atas Rata-Rata" yang dipimpin oleh Erwin Gutawa. Selain itu, dia juga menunjukkan keberagamannya dengan turut serta dalam Java Jazz Festival 2016 dan berperan sebagai panitia dalam perayaan hari kemerdekaan pada tahun 2016. Lyodra, dengan perjalanan karirnya yang mengesankan, terus menorehkan prestasi dan menciptakan jejaknya di dunia musik, membuktikan bahwa bakatnya tidak hanya lokal, namun juga memiliki daya saing di panggung Internasional.

Selain itu, Lyodra terlibat dalam pertunjukan musik besar seperti Java Jazz Festival 2016 dan Di Atas Rata-Rata 2: Bikin Konser. Di usia 13 tahun, dia berpartisipasi dalam kompetisi menyanyi solo internasional Sanremo Junior 2017. Pada malam puncak kompetisi, Lyodra membawakan lagu "Dear Dream" atau "Janji untuk Mimpi" karya Gita Gutawa. Ia berhasil mengalahkan 9 peserta dari 9 negara, meraih gelar pemenang, dan mendapatkan penghargaan khusus dari panitia.

Tahun 2019, Lyodra mengukir prestasi dengan menjadi pemenang Indonesian Idol. Hadiahnya meliputi uang tunai, satu unit mobil, dan kontrak eksklusif dengan label rekaman Universal Music Indonesia.

Pada 2 Maret 2020, Lyodra meraih kemenangan sebagai pemenang Indonesian Idol Season 10. Keberhasilannya semakin bersinar dengan hubungan yang unik dan berbeda agama bersama pesinetron Riza Syah sejak akhir 2021. Di Tahun 2021 Lyodra membuat terobosan aktingnya dalam serial web drama remaja berjudul "7 Hari Sebelum 17 Tahun," yang disutradarai oleh Rangga Nattra. Dalam serial tujuh episode ini, yang tayang mulai 14 Februari 2021 di aplikasi media digital Stro, Lyodra memerankan karakter antagonis bernama Gina, seorang pelajar SMA yang penuh temperamen. Serial ini meraih prestasi sebagai salah satu acara televisi terbaik di seluruh Asia menurut Majalah NME Asia.

Kemenangan Lyodra Ginting di Indonesian Idol Season 10

Lebih dari setahun setelah meraih gelar Indonesian Idol pada 16 Juli 2021, Lyodra merilis album studio perdana yang bernama sama dengan panggungnya. Album "Lyodra" yang berisikan delapan lagu, termasuk empat singel baru seperti "Kalau Bosan," "Dibanding Dia," "Oe..Oe..Oe..," dan "Pesan Terakhir," menjadi langkah awalnya sebagai penyanyi dewasa di bawah label Universal Music Indonesia. Dalam proses menciptakan album ini, Lyodra bekerja sama dengan musisi berpengalaman seperti Dipha Barus, Ade Nurulianto, Anji, Yovie Widianto, Mario Gerardus Klau, Tohpati, dan Laleilmanino. Album ini pun mendapatkan pengakuan sebagai salah satu album Asia paling direkomendasikan oleh majalah The Victor Magazine. Pada 4 November 2021, Lyodra tampil sebagai pengisi acara pada Indonesia National Day di Expo 2020 di Al Wasl Plaza, Dubai, yang dihadiri oleh Presiden Joko Widodo dan Putra Mahkota Abu Dhabi Pangeran Mohammed bin Zayed Al Nahyan. Debut album solonya membawa Lyodra menjadi Artist of the Month di Spotify untuk periode November 2021 dari Indonesia, serta menjadi bagian dari kampanye Equal. Sebagai bagian dari kampanye tersebut, foto Lyodra dipasang di papan reklame digital di Times Square, New York, Amerika Serikat.

Pada 6 Desember 2021, debut album Lyodra meraih puncak prestasi dengan memenangkan penghargaan Album of the Year dalam Indonesian Music Awards 2021. Acara prestisius ini digelar di Studio RCTI+, Jakarta, setelah mengungguli album-album ternama seperti Solipsism 0.2 oleh Pamungkas, Raya dari Maliq & D'Essentials, Arti untuk Cinta karya Arsy Widianto dan Tiara Andini, dan Pun Aku karya Iwan Fals dalam pemungutan suara daring. Keberhasilan Lyodra tak berhenti di situ, melainkan kian bersinar dengan meraih penghargaan Best New Asian Artist Indonesia di Mnet Asian Music Awards 2021, berkat kehadiran memukau lagunya berjudul "Pesan Terakhir."

Lyodra meraih kolaborasi megah dengan penyanyi Inggris berplatinum Calum Scott setahun setelah debut albumnya, terjadi dalam "Bridges Asia Tour 2022." Bersama bintang tamu Asia Tenggara, mereka membawakan lagu "Heaven" di Bengkel Space SCBD, Jakarta, pada 25 Oktober 2022, diumumkan oleh AEG Presents Asia, PK Entertainment, dan Sound Rhythm.

Selain di dunia musik, Lyodra jadi juri di Idola Cilik musim keenam bersama Judika, Aurel Hermansyah, Dul Jaelani, dan Anneth Delliecia, tayang di RCTI mulai 13 Juni 2022. Prestasi terus diraih Lyodra dengan merilis ulang "Sang Dewi" bersama Andi Rianto pada 12 Agustus 2022. Lagu ini mendominasi tangga lagu digital, mencapai lebih dari 1 juta penonton di YouTube dalam 20 jam, dan memuncaki Billboard Indonesia: Hits of the World selama 11 pekan.

Pada 13 Desember 2022, Lyodra meraih penghargaan Asia Celebrity di Asia Artist Awards ke-7 di Jepang. Penampilannya membawakan "Sang Dewi" sukses mencuri perhatian warganet Korea dan Jepang, menjadikannya topik trending di Twitter, menegaskan posisinya sebagai bintang internasional yang semakin bersinar. "The Super Girls," yaitu Lyodra, Tiara Andini, dan Ziva Magnolya, mencatat prestasi luar biasa di Indonesian Idol sebagai tiga besar perempuan pertama. Pada 2020, mereka meluncurkan "Terlanjur Mencinta" karya Yovie Widianto dengan tiga versi aransemen berbeda.

Pada 3 Maret 2023, Yovie Widianto kembali berkolaborasi dengan The Super Girls di lagu "Menyesal," menghasilkan aransemen unik yang menjadi lagu utama dalam proyek album "Yovie & His Friends." Lagu ini menarik perhatian dengan teknik vokal grup canon dan meraih penghargaan Lagu Terdahsyat di Dahsyatnya Awards 2023.

Kolaborasi Lyodra dalam The Super Girls (Sumber: Instagram.com/lyodraofficial)


The Super Girls tampil di Billion Songs Concert Yovie Widianto pada 3 Mei di Planetary Hall, Jakarta Convention Center. Mereka membawakan "Terlanjur Mencinta," "Menyesal," dan "Semenjak Ada Dirimu" dari Andity. Lyodra juga berkolaborasi dengan Ziva di "Dia Milikmu" dari Yovie & Nuno dan tampil solo dengan "Merenda Kasih" dari Kahitna.

Dalam persiapan Piala Dunia U-20 FIFA 2023, Weird Genius menciptakan lagu tema "Glorious" dengan genre EDM, dengan dukungan suara dari The Super Girls. Meski awalnya dijadwalkan rilis pada 31 Maret 2023, perubahan rencana karena pembatalan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 menghasilkan rilis pada 12 Mei 2023 di Argentina. Versi remix kemudian menjadi lagu tema Piala Dunia U-17 FIFA 2023 di Indonesia.

Daftar Film yang dibintangi Lyodra Ginting

  • Why Do You Love Me (2023) : berperan sebagai Karmila
  • Alibi (TBA) : peran belum diketahui

Webseries yang dibintangi Lyodra Ginting

  • 7 Hari Sebelum 17 Tahun (2021): berperan sebagai Gina

Acara Televisi Lyodra Ginting

  • Indonesia’s Next Top Model (2023), sebagai Bintang Tamu
  • The Indonesian Next Big Star (2022), sebagai Bintang tamu
  • Idola Cilik (2022), sebagai Juri pendamping
  • Rising Star Dangdut (2022), sebagai Bintang tamu
  • The Voice: All-Stars (2022), sebagai Bintang tamu

Single Lyodra Ginting

  • Glorious – bersama Weird Genius, Tiara Andini & Ziva Magnolya (2023)
  • Menyesal – bersama Yovie Widianto, Tiara Andini & Ziva Magnolya (2023)
  • Ego (2023)
  • Sang Dewi – bersama Andi Rianto (2022)
  • Heaven – bersama Calum Scott (2022)
  • Sabda Rindu (2021)
  • Tentang Kamu (2020)
  • Mengapa Kita Terlanjur Mencinta (2020)
  • Gemintang Hatiku (2020)
  • Dear Dream (2017)
  • Single Promosional
  • Pesan Terakhir (2021)
  • Dibanding Dia (2021)
  • Kalau Bosan (2021)
  • Oee..Oee..Oee.. – bersama Dipha Barus (2021)
  • Didia Rokkap Hi (2019)
  • Never Grow Up (2017)
  • Stop Bully – bersama Olivola (2015)
  • Janji untuk Mimpi (2015)
  • ALBUM LYODRA
  • Lyodra (16 Juli 2021)

Album Kompilasi Lyodra

  • Musikini Super Hits 2 (21 April 2021)
  • Berlin and Friends (31 Oktober 2019)
  • Musik Anak Terbaik: Di Atas Rata-Rata (27 Juli 2017)
  • Di Atas Rata-Rata 2 (17 April 2015)
  • KONSER LYODRA
  • PENAMPILAN UTAMA
  • Di Atas Rata-Rata 2: Bikin Konser (2016)
  • PENAMPILAN PENDUKUNG
  • Calum Scott ‘Bridges’ Asia Tour, Jakarta (2022)
  • Konser Kejar Mimpi (2022)
  • Indra Lesmana Legacy Concert, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Bali (2022)
  • Rossa 25 Shining Years Concert, Jakarta dan Medan (2022)
  • Konser Teristimewa Raisa, Jakarta (2022) – Trans TV
  • Konser 25 Tahun Rossa, Jakarta (2021) – RCTI
  • Festival musik internasional
  • Jisphoria, Jakarta (2022)
  • We the Fest, Jakarta (2022)
  • Java Jazz Festival, JIExpo Kemayoran (2016)
  • Inilah rangkuman deretan lagu terbaru yang dinyanyikan Lyodra Ginting hingga menjadi karya yang indah:
  • Ego (2023)
  • Sang Dewi(2022)
  • Heaven(2022)
  • Sabda Rindu (2021)
  • Pesan Terakhir (2021)
  • Tentang Kamu (2020)
  • Mengapa Kita Terlanjur Mencinta (2020)
  • Gemintang Hatiku (2020)

Penghargaan Lyodra Ginting

  • Dahsyatnya Awards 2023 – Lagu Terdahsyat – Menyesal (bersama Yovie Widianto, Tiara Andini & Ziva Magnolya)
  • Obsesi Awards 2023 – Selebriti Wanita Terobsesi
  • Angket Mustang Awards 2022 – Ter-relateable – Sang Dewi (bersama Andi Rianto)
  • Angket Mustang Awards 2022 – Ter-support – Mylyodra (Fanbase Lyodra)
  • Asia Artist Awards 2022 – AAA Asia Celebrity
  • Bandung Music Awards 2022 – Penyanyi Pop Solo Wanita Terpopuler
  • Bandung Music Awards 2022 – Video Clip Terpopuler – Pesan Terakhir
  • Bandung Music Awards 2022 – Lagu Terpopuler – Pesan Terakhir
  • Indonesian Music Awards 2022 – Collaboration of the Year – Sang Dewi (bersama Andi Rianto)
  • SCTV Awards 2022 – Most Popular Television Drama Soundtracks (Pesan Terakhir – Cinta 2 Pilihan) – Lyodra ‘Pesan Terakhir‘
  • TikTok Awards Indonesia 2022 – Musician of the Year
  • The Masterpiece & I Fashion Festival 2021 – Voice of Clarity
  • Mnet Asian Music Awards 2021 – Best New Asian Artist Indonesia – Pesan Terakhir
  • Line Today Choice 2021 – Most Favorite Indonesian Singer
  • Indonesian Music Awards 2021 – Album of the Year
  • Go Spot Awards 2021 – Uprising Singer of the Year8
  • Dahsyatnya Awards 2020 – Genk Terdahsyat – Genk Idol (bersama Tiara Andini & Ziva Magnolya)
  • Dahsyatnya Awards 2020 – Pendatang Baru Terdahsyat
  • Bandung Music Awards 2022 – Lagu Terpopuler – Pesan Terakhir
  • Bandung Music Awards 2022 – Video Clip Terpopuler – Pesan Terakhir
  • Bandung Music Awards 2022 – Penyanyi Pop Solo Wanita Terpopuler
  • Angket Mustang Awards 2021 – Lagu Ter-relateable
  • Anugerah Musik Indonesia 2017 – Artis Solo Perempuan Anak-anak Terbaik – Dear Dream
Lyodra Ginting Menerima Penghargaan (Sumber: Instagram.com/lyodraofficial)


Bisnis Lyodra Ginting

Tahun 2023 di akun Instagramnya, Lyodra aktif mempromosikan dimsum dengan menampilkan berbagai pilihan menu secara rinci. Proses pembuatannya juga dibagikan, menegaskan komitmen pada kebersihan demi menjamin kualitas produk.

Lyodra menghadirkan beragam varian dimsum frozen, termasuk dimsum ayam, udang, mozarella, dan campuran kepiting. Seleksi menu tidak hanya terbatas pada shumai, melainkan juga mencakup opsi pangsit isi udang. Lyo dimsum tidak hanya fokus pada dimsum, tetapi juga menawarkan variasi menu menarik seperti lumpia udang dan lenghongkien.

Di samping variasi dimsumnya, Lyo dimsum memperluas pilihan dengan menyajikan camilan manis, seperti pancake durian yang disiapkan dengan menggunakan campuran buah durian asli yang manis dan legit.

Lyodra menawarkan berbagai dimsum dengan kisaran harga mulai dari Rp 76.000 hingga Rp 100.000 per paketnya. Jika diinginkan, tersedia juga opsi untuk menambahkan saus dengan harga Rp 10.000 per botolnya.

Fakta Menarik Mengenai Lyodra Ginting

Juara Kompetisi DuniaPada usia yang masih menginjak 13 tahun, Lyodra mengukir prestasi memenangkan kompetisi menyanyi "Festival Sanremo Junior". Sebagai gadis kelahiran tahun 2003, dia memiliki pengalaman berduet bersama Judika, runner-up Indonesian Idol, dalam penampilan lagu "When You Believe". Lyodra membawakan lagu "Dear Dream" karya Erwin Gutawa dalam bahasa Inggris saat berkompetisi di Italia, dan bahkan mengunjungi duta besar Indonesia di sana.

Pecinta makanan manis seperti cokelat dan eskrim, Lyodra merinci persiapan khususnya untuk "Festival Sanremo Junior". Meskipun memiliki impian menjadi aktris layar lebar atau terlibat dalam drama musikal, ia juga aktif mengikuti ekskul teater di sekolahnya. Menyandang idolanya seperti Ariana Grande, Beyonce, Bruno Mars, dan Mariah Carey, Lyodra meraih AMI Awards kategori Artis Solo Perempuan Anak-Anak Terbaik berkat penampilannya membawakan "Dear Dream".

Prestasinya mendapat dukungan dari tokoh-tokoh terkemuka, termasuk Ketua DPRD asal Medan, Hasyim SE, dan Wakil Bupati Karo, Cory S Sebayang, yang mengajak masyarakat setempat untuk memberikan dukungan. Mengikuti jejak penyanyi-penyanyi ternama, Lyodra berbagi guru vokal dengan Putri Ayu, Abigail, dan Geisha. Daya tariknya terlihat saat audisi Indonesian Idol, di mana ia mencuri perhatian juri dengan teknik bernyanyi whistle register, menghadirkan suara tertinggi di atas falsetto.

Selain suara merdunya, kepribadian humble dan menawan Lyodra membuatnya dicintai oleh penggemar, yang membentuk fan club bernama MyLyodra. Lyodra bukan hanya sebuah nama dalam dunia tarik suara, tapi juga sebuah kisah inspiratif perjalanan seorang bakat muda yang tampil gemilang di panggung musik Indonesia. 

Perjalanan Asmara Lyodra Ginting

Pada september 2023 Lyodra Ginting diisukan telah putus dari kekasihnya Riza Syah. Riza Syah dan Lyodra Ginting pertama kali tersorot media sebagai sepasang kekasih di tahun 2022. Disaat itu mereka mengaku telah berpacaran sejak lama. Awal pertemuan mereka kabarnya saat acara ulang tahun Verrel Bramasta.

Riza Syah, kekasih Lyodra ini merupakan seorang aktor dan model. Saat mereka dikabarkan menjalin hubungan Riza Syah menilai bahwa Lyodra adalah tipikal wanita yang tidak jaim. Selain itu, Lyodra juga sosok yang penyayang. Ketika keduanya putus banyak netizen yang menyayangkan, tetapi baik Riza Syah dan Lyodra tidak berkomentar apapun.

Foto-foto Lyodra Ginting

Sumber: Instagram.com/lyodraofficial

Sumber: Instagram.com/lyodraofficial

Sumber: Instagram.com/lyodraofficial

Sumber: Instagram.com/lyodraofficial

Sumber: Instagram.com/lyodraofficial


Demikianlah ulasan tentang Lyodra Ginting oleh Selebsquad, semoga informasi yang disajikan dapat bermanfaat dan memberikan gambaran yang jelas mengenai Lyodra Ginting.


Posting Komentar untuk "Biodata Lyodra Ginting, Diva Baru Indonesia, Patahkan "Kutukan Juara 1", Profil Lengkap, Perjalanan Karier, Agama, Pacar dan Bisnisnya"