Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biodata Shindy Kurnia, Kakak Ria Ricis dan Adik Oki Setiana Dewi, Profil Lengkap, Karir, Agama, Sumber Pendapatan, Kehidupan Pribadi, Berita, serta Foto

 Shindy Kurnia Putri



Halo, Squad.  Pada artikel kali ini, Selebsquad akan memperkenalkan saudari dari Ria Ricis dan Oki Setiana yang jarang dilipun oleh media, yaitu Shindy Kurnia.

Berbeda dari kedua saudaranya yang terjun di layar kaca, perempuan yang dikenal dengan panggilan dr. Shindy ini memilih jalur karir sebagai seorang dokter dengan spesialisasi anak.

Tertarik mengetahui profil lengkap dari Shindy Kurnia, kakak dari Ria Ricis dan adik Oki Setiana?  Berikut adalah informasi lengkap tentang Shindy Kurnia.


Shindy Kurnia Putri Sastromartodjo atau yang lebih dikenal dengan dr. Shindy adalah kakak kedua dari YouTuber Ria Ricis dan adik pertama dari ustadzah Oki Setiana Dewi. Berbeda dengan kedua saudarinya yang aktif di dunia entertainment dan dakwah, dr. Shindy lebih fokus di dunia medis, saat ini ia bekerja sebagai dokter spesialis anak. Sebelumnya ia telah menempuh pendidikan sarjananya di Fakultas Kedokteran Universitas Pendidikan Nasional Veteran Jakarta (UPN Veteran Jakarta) pada tahun 2010 hingga 2014 dan kemudian melanjutkan pendidikan magisternya di tempat yang sama pada tahun 2014 hingga 2017.

Disela-sela kesibukannya sebagai seorang dokter spesialis, dr. Shindy juga aktif menjadi content creator. Kini ia memiliki akun YouTube, TikTok, dan Instagram dengan jumlah followers dan subscribers yang cukup banyak. Akun Instagramnya yang bernama @dr.shindyputri memiliki 3,1 juta followers, akun TikToknya yang bernama @ drshindyofficial memiliki 1 juta followers, sementara akun YouTubenya dengan nama Dokter Shindy memiliki 2,86 juta subscribers. Isi konten dari masing-masing platformnya juga berbeda. Sebagian besar konten di TikToknya berisi tentang kesehatan, terutama kesehatan kulit. Meski background pendidikannya adalah dokter spesialis anak, ternyata dr. Shindy juga memiliki bisnis di bidang kecantikan, yaitu skincare dengan nama brand Reglow.

Biodata Lengkap Shindy Kurnia

  • Nama Lengkap : Shindy Kurnia Putri Sastromartodjo

  • Nama Panggilan : dr. Shindy, Shindy Putri

  • Tempat Lahir : Batam

  • Tanggal Lahir : 28 April 1993

  • Umur : 29 tahun

  • Kebangsaan : Indonesia

  • Suku : 

  • Zodiak : Taurus

  • Agama : Islam

  • Nama Ayah : Suliyanto

  • Nama Ibu : Yunifah Lismawati

  • Saudara 

  • Oki Setiana Dewi (Kakak)

  • Ria Yunita “Ricis” (Adik)

  • Pasangan : 

  • dr. Arif Rahman

  • Anak 

  • Yusuf Habibie Abdullah

  • Pekerjaan : Dokter Spesialis, YouTuber (Content Creator), Penyanyi,, Motivator.

  • Almamater : 

S1 Fakultas Kedokteran Universitas Pendidikan Nasional Veteran Jakarta

S2 Fakultas Kedokteran Universitas Pendidikan Nasional Veteran Jakarta - Hospital Administration



Perjalanan Karir


Cukup sulit mengetahui perjalanan karir Shindy Kurnia, mengingat nama Shindy cukup tertutup jika dibandingkan Oki Setiana atau pun adiknya Ria Ricis.  Namun, dari hasil yang diketahui,  Shindy Kurnia mengambil awal perjalanan karir yang jauh berbeda dari saudaranya.

Seperti yang kita tahu, Ria Yunita atau Ria Ricis merupakan seorang YouTuber dan Content Creator yang cukup terkenal.  Sedangkan Oki Setiana Dewi adalah seorang Ustadzah yang sering hadir di layar kaca televisi.  Keduanya memiliki kesamaan untuk tampil di depan kamera.

Sedangkan Shindy Kurnia terkenal lebih tertutup dan memilih perjalanan karir di dunia medis sebagai dokter.  Hal ini didukung dengan pendidikan yang ia tempuh di Universitas Pendidikan Nasional Veteran Jakarta (UPN Veteran Jakarta) di Fakultas Kedokteran. Ia mengambil gelar Sarjana (S1) pada tahun 2010 hingga 2014 di sana.  Tidak sampai disitu, tepat di tahun ia lulus, dr. Shindy melanjutkan program Magister (S2) pada tahun 2014 hingga 2017 di tempat yang sama loh Squad.  Diketahui dari Instagramnya, gelar magister yang dr. Shindy terima adalah Master of Hospital Administration (std).  Diketahui, setelah ia lulus, ia menjadi seorang dokter spesialis anak. 

Selain seorang dokter spesialis, dr. Shindy juga aktif menjadi content creator di beberapa media sosial seperti Instagram, Tiktok, hingga YouTube.  Diketahui bahwa Channel Dokter Shindy adalah channel YouTube yang paling baru jika dibandingkan kedua saudaranya, yaitu 2017.  Oki Setiana telah memiliki channel Youtube sejak 2012, sedangkan Ria Ricis bergabung sejak tahun 2016.  Bisa jadi ini power of sisters ya, Squad.  Sejak itu, dr. Shindy mulai terkenal lewat videonya tentang Video Blog atau Vlog dan informasi seputar kesehatan anak serta kulit.

Karena power of sisters, ide cemerlang, dan juga kecantikan wajahnya, karir dr. Shindy melesat tinggi dan subscriber YouTube miliknya lebih unggul daripada kakaknya sendiri.  Diketahui bahwa saat ini ia telah memiliki 2.86 Juta subscribers!  Angka yang banyak ya, Squad!

Selain di YouTube, dr. Shindy juga aktif di beberapa platform seperti Instagram dan Tiktok.  Di Instagram, ia memiliki 3,1 Juta followers, sedangkan di Tiktok ia memiliki 1 Juta followers.  Banyaknya followers di kedua platform tersebut dimanfaatkan oleh Shindy Kurnia untuk melayani jasa endorsement.

Memanfaatkan kemampuannya di bidang kedokteran, pada tahun 2021, dr Shindy Kurnia bersama Revardi Syahputra dan Aditya Zupercapt membangun sebuah perusahaan di bidang kecantikan bernama Reglow Indonesia.  Reglow merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang kecantikan yang menjual produk Skin Care seperti Micellar Water, Facial Wash, dan Cream kecantikan.

Tidak lama setelah itu, kini Shindy bekerja sama dengan kakaknya sendiri, Oki Setiana, membangun sebuah komunitas dagang bernama SK.Indonesia atau Sahabat Khadeejah Indonesia.  Di sini, mereka menjual produk berupa tas perempuan.


Sumber Pendapatan

Selebsquad telah merangkum beberapa usaha yang menjadi sumber pendapat dari Shindy Kurnia Putri Sastromartodjo.  Kira-kira, apa saja yaa?

  1. Dokter Spesialis Anak

Ya, meski belum divalidasi, salah satu pekerjaan utama dari seorang Shindy Kurnia dengan pendapatan besar adalah menjadi seorang dokter spesialis anak.  Tidak diketahui secara pasti di rumah sakit apa tempat praktek Shindy Kurnia, namun Selebsquad memiliki kisarannya.

Mengutip dari situs alodokter, seorang dokter spesialis anak memiliki gaji 200 - 450 ribu rupiah per sekali kunjungan.  Namun angka ini bisa lebih tinggi berdasarkan pengalaman dokter dan juga pendidikannya.

Lebih menghebohkannya lagi, menurut Linovhr, gaji selama sebulan sebagai dokter anak yang bekerja di rumah sakit (umum maupun swasta) dapat memperoleh gaji sebesar 15 - 30 juta rupiah!  Besar sekali ya, Squad!


  1. Dokter Klinik Kecantikan

Bukan hanya menjadi dokter spesialis anak, dr. Shindy juga menjadi seorang dokter kecantikan di klinik kecantikan Rumah Sakit Permata Depok.  Hal ini diketahui dari post Facebook dari Rumah Sakit Permata Depok.

Diketahui ia memulai praktek pada tahun 2019 dan melayani pelayanan kecantikan seperti Facial Scrub, Facial Oxygen, dan perawatan wajah lainnya.


  1. YouTuber (Content Creator)

Menjadi seorang YouTuber juga merupakan sebuah usaha dari Shindy Kurnia untuk mendapatkan penghasilan.  Di dalam kanal YouTube miliknya, ia sering mengunggah video tentang kesehatan, keluarganya, hingga bersama saudaranya.  Tiga bersaudara ini sering dinamai dengan “Oshichis”, yaitu akronim dari nama Oki - Shindy - Ricis.

Menurut Socialblade, Youtube miliknya yang bernama “Dokter Shindy” memiliki estimasi penghasilan sebesar $126 - $2.000 Dollar Amerika perbulan.  Jika dikonversi ke Rupiah, setidaknya dr. Shindy dapat memperoleh penghasilan sebesar 1.9 - 30 juta Rupiah!


  1. Influencer - Endorsement

Dengan jumlah followers yang sangat banyak di sosial media seperti Tiktok dan Instagram, dr. Shindy Kurnia menyediakan jasa endorsement atau menjadi seorang influencer.

Berdasarkan hasil riset, biasanya dr. Shindy melakukan endorsement kepada beberapa produk kecantikan.  Tidak jarang juga dr. Shindy hadir di beberapa kegiatan off air ataupun on air di depan layar kaca televisi atau bahkan diundang oleh YouTuber lainnya.


  1. Penyanyi

dr. Shindy juga ternyata berbakat di dunia tarik suara.  Pada tahun 2022, dirinya merilis sebuah single berjudul “Takdir Terindah” yang diunggah di channel YouTube miliknya. 

Dengan rilisnya Music Video tersebut, semakin besar peluang bagi dr.Shindy digaet oleh banyak label musisi nantinya.  Semoga berjalan lancar ya, Squad!


  1. Motivator

Tidak hanya diundang sebagai influencer, Shindy Kurnia juga sering diundang untuk mengisi acara motivasi dengan dirinya sebagai motivator.  Ia sering memberikan motivasi kepada audiens seputar kehidupan, menjalankan bisnis, dan masih banyak lagi.  Tidak jarang juga ia mengunggah tulisan motivasinya di Instagram miliknya loh, Squad!


  1. ReGlow

Ini adalah bisnis pertama milik dr. Shindy, yaitu ReGlow.  ReGlow adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang kecantikan yang dibangun oleh Shindy Kurnia, Revardi Syahputra, dan juga Aditya Zupercapt.

Bisnis miliknya yang terbilang baru ini ternyata memiliki perputaran yang cukup cepat.  Hal ini dikarenakan dirinya merupakan seorang dokter yang juga concern di bidang kecantikan dan sekaligus dirinya sebagai seorang Brand Ambassador.  Dengan begitu, banyak sekali followers-nya yang tertarik membeli bahkan bergabung menjadi bagian dari ReGlow.


  1. SK.Indonesia

Sumber pemasukan terakhir yang Selebsquad ketahui dari seorang Shindy Kurnia adalah bisnis bersama Oki Septiana dengan nama SK.Indonesia atau Sahabat Khadeejah Indonesia.  Bukan bergerak di bidang kecantikan, bisnis kali ini bergerak di bidang fashion berupa tas.

Tas yang dijual oleh Shindy dan Oki Septiana ini ditujukan bagi kaum hawa yang ingin tampil fashionable.  Dengan mereka berdua sebagai Brand Ambassador, banyak perempuan yang tertarik untuk membeli produk SK. Indonesia.


Seputar Kehidupan Pribadi, Fakta, dan Berita Shindy Kurnia


Cukup sulit untuk mengetahui kehidupan pribadi dari Shindy Kurnia, mengingat dirinya tidaklah aktif seperti kedua saudaranya sebelum terjun di dunia entertainment.  Namun yang bisa diketahui, Shindy Kurnia lahir dan hidup dari keluarga yang mampu.  Hal ini dibuktikan dari dirinya yang menempuh pendidikan S1 dan S2 di Fakultas Kedokteran UPN Veteran Jakarta sejak tahun 2010 hingga 2017.

Tepat di tahun kelulusan program Magister, Shindy Kurnia dipinang oleh seorang pria bernama dr. Arif Rahman.  Pasangan yang memiliki latar pendidikan yang sama ini akhirnya pun menikah pada tahun 2017.

Awal pernikahan dari Shindy Kurnia dengan Arif Rahman sempat diterpa peristiwa yang tidak mengenakkan.  Diketahui bahwa Shindy Kurnia pernah mengalami keguguran.  Tidak diketahui tanggal pastinya karena pada saat itu Shindy Kurnia masih cukup tertutup.

Setelah diterpa badai yang tidak mengenakkan, akhirnya pasangan dokter ini dikaruniai anak pertama dengan nama Yusuf Habibie Abdullah.  Anak laki-laki yang lahir pada 26 Juli 2018 ini menjadi obat yang memberikan kebahagiaan untuk keluarga kecil Shindy - Arif.

Semua kebahagiaan tersebut bisa Squad saksikan dari Video Blog yang diunggah di Youtube resminya Shindy ya Squad!

Setelah beberapa tahun yang damai dan tentram, pada akhir bulan Oktober tahun 2022, peristiwa sedih melanda keluarga kecil ini.  Shindy Kurnia yang pada saat itu sedang mengandung anak keduanya tiba-tiba mengalami pendarahan.  Pendarahan hebat yang dialami Shindy ini terjadi pada pukul 2 pagi dan mengharuskan tindakan operasi.  Pendarahan tersebut menyebabkan janin yang berada di dalam perut Shindy Kurnia mengalami keguguran.  Hal ini menjadi peristiwa kedua kalinya bagi dr. Shindy yang sangat sedih.  Semoga keluarga Shindy - Arif diberi ketabahan, kekuatan, dan juga kesempatan ya, Squad.


Foto Shindy Kurnia


Berikut adalah beberapa foto dari Shindy Kurnia Putri Sastromartodjo yang bisa Squad lihat:


Shindy Kurnia

Shindy Kurnia

Shindy Kurnia

Shindy Kurnia

Shindy Kurnia


Shindy Kurnia









Posting Komentar untuk "Biodata Shindy Kurnia, Kakak Ria Ricis dan Adik Oki Setiana Dewi, Profil Lengkap, Karir, Agama, Sumber Pendapatan, Kehidupan Pribadi, Berita, serta Foto"