Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biodata Herjunot Ali, Aktor yang Masih Betah Berbisnis, Perjalanan Karier, Kampanye BRBGKLTR, dan Perjalanan Religinya

 

Herjunot Ali

Potret Herjunot Ali (Sumber: Instagram.com/HerjunotAli.studio)


Selebsquad – Masih ingatkah squad dengan tokoh Zafran di film 5 cm? atau tokoh Zainuddin di film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck? Kedua tokoh tersebut sama-sama diperankan oleh actor berbakat bernama Herjunot Ali. Meskipun sudah bertahun-tahun berlalu dari film itu diputar, namun masih melekat di pikiran kita tentang dialog dan penokohan karakter fiksi tersebut. Kali ini Selebsquad akan membahas mengenai perjalanan karier seorang pria ternyata sangat menginspirasi ini.

Herjunot Ali, lahir dengan nama Mahbub Herjunot Ali. Ia memiliki panggilan akrab, Junot. Herjunot Ali lahir di Jakarta pada tanggal 8 Oktober 1985. Ia adalah anak ketiga dari 3 bersaudara dari pasangan Saukat Ali dan Rukiyati. Orang tuanya berasal dari Pulau Sumatra tepatnya campuran Palembang dan Lampung. Saat kecil Herjunot Ali harus mencoba beberapa jenis pekerjaan karena ia tidak memiliki uang. Ia bahkan pernah merasakan perlakuan rendah dari lingkungannya dan hingga kini masih mengingat momen tersebut. Junot harus menjual koran bekas dan mengantar gas elpiji untuk mendapatkan penghasilan. Ia mengatakan bahwa upah dari penjualan koran bekas itu sangat minim. Junot mengumpulkan koran bekas dalam jumlah banyak, namun hanya mendapatkan upah sekitar Rp 200 per kilogramnya.

Ibu Herjunot Ali
Herjunot Ali dengan dang Ibunda (Sumber: Instagram.com/HerjunotAli.studio) 


Momen pahitnya juga dialami saat ia masih duduk di SMP. Lingkungan sekolahnya memandang rendah dirinya karena Junot tidak memiliki fasilitas yang memadai. Saat itu, Junot tidak memiliki kendaraan untuk diantar-jemput ke sekolah sehingga ia harus naik mobil mewah milik sahabatnya agar bisa pulang ke rumah. Dapat dikatakan, teman-teman dekat Junot adalah orang-orang yang berasal dari keluarga yang lebih berada, sementara dirinya tidak demikian.

Herjunot Ali juga sangat menggemari olahraga sepak bola. Karena itu, tidak mengherankan bahwa ia bercita-cita menjadi seorang pemain sepak bola. Untuk mencapai tujuannya itu, Junot bahkan pernah tinggal di Inggris selama enam bulan pada tahun 2006 untuk berlatih di klub sepak bola Westham United pasca kariernya di dunia entertainment. Namun sayangnya, mimpi Junot harus pupus karena keluarganya menentang dan ia tidak dapat memperoleh izin tinggal permanen di sana.

Herjunot Ali berhasil lulus dari Universitas Paramadina jurusan Ilmu Komunikasi. Sebelum menyelesaikan pendidikan di jurusan Ilmu Komunikasi, ternyata Herjunot Ali sempat belajar di jurusan Ilmu Hukum. Namun, karena merasa tidak cocok, dia memutuskan untuk pindah ke jurusan lain dna menyelesaikannya dengan baik pada tahun 2010.

 

Biodata Herjunot Ali

  • Nama Lengkap: Mahbub Herjunot Ali
  • Nama Panggung: Herjunot Ali
  • Nama panggilan: Junot
  • Tempat Lahir: Jakarta
  • Tanggal Lahir: 8 Oktober 1985
  • Usia 37: 35 Tahun
  • Zodiak: Libra
  • Agama Herjunot Ali: Islam
  • Tinggi badan: 178
  • Pekerjaan: Aktor
  • Almamater: Sarjana Ilmu Komunikasi di Universitas Paramadina
  • Nama Ayah: Syaukat Ali
  • Nama Ibu: Rukiyati
  • Hobi: Fotografi, Menulis, Bermain Golf
  • Instagram: @HerjunotAli.studio

 

Perjalanan Karier Herjunot Ali

Herjunot Ali memulai karirnya di ajang MTV VJ Hunt pada tahun 2004. Meskipun tidak memenangkan ajang tersebut, Junot berhasil masuk ke dalam daftar finalis. Setelah ajang tersebut berakhir, Junot mencoba peruntungannya sebagai pembawa acara televisi. Ia pernah menjadi presenter Indonesian Idol Extra Season 4 dan juga mulai mengasah kemampuan aktingnya dengan berperan dalam sinetron Di Sini Ada Setan. Selain itu, Junot juga melakukan debutnya di layar lebar dalam film Lovely Luna. Namanya semakin dikenal setelah membintangi film Realita, Cinta dan Rock'n Roll sebagai Nugi bersama dengan Vino G. Bastian, Nadine Chandrawinata, dan Frans Tumbuan. Dalam film yang disutradarai oleh Upi Avianto ini, Herjunot Ali memerankan karakter bernama Nugi, sahabat Ipang (Vino G. Bastian) yang juga bercita-cita menjadi musisi rock'n roll.

Nama Herjunot Ali kembali naik saat membintangi film dibawah Lindungan Ka’bah bersama Laudya Chintya Bella. Film ini diadaptasi daro novel dengan judul yang sama yang ditulis oleh ulama terkenal Buya Hamka.

Karir akting Herjunot Ali semakin cemerlang setelah berperan dalam film 5 cm bersama Raline Shah, Fedi Nuril, Pevita Pearce, Denny Sumargo, dan Igor Saykoji. Film ini bercerita tentang lima sahabat yang telah bersahabat selama 10 tahun dan terinspirasi oleh Gunung Semeru. Junot memerankan karakter bernama Zafran dalam film ini, yang dikenal sebagai sosok puitis, idealis, apa adanya, dan agak 'gila'.

Tahun berikutnya, Junot memperoleh peran utama dalam film Tenggelamnya Kapal Van der Wijck dan Supernova, yang diadaptasi dari novel karangan Hamka dan Dewi Lestari. Berkat aktingnya, Junot berhasil masuk dalam nominasi beberapa penghargaan seperti Pemeran Utama Pria Terpuji Festival Film Bandung 2013, Favorite Actor of The Year Indonesian Choice Awards 2014, dan Pemeran Utama Pria Terpuji Festival Film Bandung 2014. Di ajang Festival Film Bandung 2014, ia berhasil memenangkan kategori Pemeran Utama Pria Terpuji. Junot terus berakting dalam beberapa film layar lebar seperti Sunshine Becomes You, The Doll 2, dan Takut Kawin pada tahun-tahun berikutnya, dan kembali tampil dalam film horor Suzzanna: Bernapas dalam Kubur pada tahun 2018. Dalam film ini, Junot memerankan karakter bernama Satria, suami dari Suzzana yang diperankan oleh aktris Luna Maya.

Poster Film Antologi Rasa


Pada tahun 2019, Herjunot Ali kembali bermain dalam film yang diangkat dari novel berjudul Antologi Rasa karya penulis Ika Natassa. Antologi Rasa adalah film yang mengangkat tema klasik tentang persahabatan dan cinta, namun dengan plot yang lebih kompleks. Beda dengan umumnya, kisah cinta di film ini tak hanya terjadi antara sepasang pria dan wanita, melainkan melibatkan empat orang sahabat. Kisah ini bermula saat Keara, Harris, Ruly, dan Denish bertemu dan menjadi sahabat ketika bekerja di kantor yang sama. Namun, di balik persahabatan mereka, terdapat perasaan cinta yang muncul. Film ini juga turut dibintangi oleh Carissa Perusset, Refal Hady, dan Atikah Suhaime.

Daftar Sinetron yang Dibintangi Herjunot Ali

  • Di Sini Ada Setan (2003) : berperan sebagai Desta
  • Soul Mate (2003) : peran tidak diketahui
  • Bawang Merah Bawang Putih (2004-2006) : berperan sebagai Andre

 

Daftar film yang dibintangi Herjunot Ali

  • Lovely Luna (2004) : berperan sebagai Desta
  • Realita, Cinta dan Rock’n Roll (2006) : berperan sebagai Nugi
  • Gara-Gara Bola (2008) : berperan sebagai Heru
  • Di Bawah Lindungan Ka’bah (2011) : berperan sebagai Hamid
  • 5 cm (2012) : berperan sebagai Zafran
  • Tenggelamnya Kapal Van der Wijck (2013) : berperan sebagai Zainuddun/Zhabir
  • Supernova: Ksatria, Putri & Bintang Jatuh (2014) : berperan sebagai Ferre
  • Sunshine Becomes You (2015) : berperan sebagai Alex Hirano
  • The Doll 2 (2017) : berperan sebagai Aldo
  • Takut Kawin (2018) : berperan sebagai Bimo
  • Suzzana, Bernapas dalam Kubur (2018) : berperan sebagai Satria Jaladara
  • Antologi Rasa (2019) : berperan sebagai Harrs Risjad
  • Jeritan Malam (2019) : berperan sebagai Reza

 

Herjunot Ali sebagai Model Video Klip

  • Gemintang (2005) – Andien
  • Selamat Tinggal (2008) – Antique
  • Tentang Kita (2009) – Acha Septriasa
  • Ini Hari Kita (2017) – Lucky Octavian & Maria Calista

 

Acara Televisi Herjunot Ali

  • MTV VJ Hunt (2004)
  • Indonesian Idol Extra
  • Ini Sahur Lagi

 

Bisnis Herjunot Ali

Meskipun mengalami masa kecil yang sulit, Junot Ali, yang berperan sebagai Zafran dalam film 5 cm, berhasil mengubah nasibnya dengan kegigihannya dan membuktikan pada orang-orang yang meremehkannya bahwa ia bisa sukses. Setelah terjun ke dunia perfilman di Indonesia, Junot juga menjadi Specialist Film Investment di Jagartha Advisors. Selain itu, ia juga mulai menekuni bisnis kuliner dengan merintis start-up dan platform kuliner bernama Codafood pada tahun 2019. Tujuan utama platform tersebut adalah untuk mempopulerkan makanan Indonesia di dunia internasional. Junot juga menjadi komisaris di Codafood, yang sejalan dengan kampanye Berbagi Kultur (BRBGKLTR) yang ia jalankan. Melalui platform ini, Junot membuka kesempatan bagi pelaku kuliner Nusantara untuk memperkenalkan kebudayaan Indonesia melalui makanan.

Junot mengatakan bahwa ia merencanakan untuk mundur dari dunia hiburan dan beralih ke bisnis di masa depan. Menurutnya, dunia hiburan akan memiliki akhir, sedangkan bisnis tidak. Junot percaya bahwa dalam bisnis, tidak peduli seperti apa penampilannya, seseorang masih dapat terus berjalan.

 

Berbagi Kultur (BRBGKLTR) Ala Herjunot Ali

Kampanye berbagi Kultur (BRBGKLTR) oleh Herjunot Ali dimulai karena keresahanya tentang Generasi Muda. Ia mengatakan bahwa generasi anak di bawah kita memiliki standar yang sangat tinggi terhadap orangtua mereka. Bahkan, ada beberapa anak yang memenjarakan atau bahkan kejam terhadap orangtua mereka dengan cara seperti menendang kepala mereka. Dari perasaan gelisah tersebut, ia menyadari bahwa ada yang salah dalam situasi tersebut. Oleh karena itu, ia memulai gerakan Berbagi Kultur, karena ia percaya bahwa kultur adalah 'Cara Berpikir' yang mendorong kemampuan untuk berpikir secara kritis.

 
Perjalanan Asmara Herjunot Ali

Herjunot Ali, aktor berusia 35 tahun, sering kali disukai oleh banyak wanita karena paras tampannya. Namun, perjalanan cintanya tidak selalu berakhir bahagia bahkan ia mengaku tidak masalah menjadi jomblo seumur hidup. Tentu saja, sebagai seorang aktor terkenal, ia menghadapi berbagai liku cinta yang tidak selalu mudah. Meskipun demikian, reputasinya sebagai playboy tidak sepenuhnya benar karena ia tetap setia pada pasangannya. Baru-baru ini, Junot bahkan mengungkapkan orientasi seksualnya. Bagaimana perjalanan cinta Herjunot Ali selama ini? Mari kita lihat rangkumannya.

Agni Pratista

Herjunot Ali pernah menjalin hubungan dengan Agni Pratista, seorang artis dan Puteri Indonesia tahun 2006. Mereka berpacaran selama 7 tahun sebelum akhirnya hubungan mereka kandas pada tahun 2012. Agni kini sudah menikah dan memiliki 3 anak. Herjunot sendiri masih menjomblo setelah putus dengan Agni, sebelum akhirnya dekat dengan Tatjana Saphira. Meskipun begitu, Herjunot dikenal sebagai sosok yang setia pada pasangan yang pernah mendampinginya.

Tatjana Saphira

Herjunot Ali dan Tatjana Saphira sempat menjalin hubungan yang awalnya dirahasiakan dari publik. Namun, mereka akhirnya mengungkapkan hubungan mereka dengan membagikan foto-foto bersama di media sosial. Hal ini membuat publik penasaran dan memprediksi apakah keduanya akan menikah di masa depan. Namun sayangnya, perbedaan usia yang cukup jauh menjadi penyebab kandasnya hubungan mereka. Hal ini diungkapkan oleh Herjunot saat berbincang dengan Luna Maya di saluran YouTube-nya.

Saat ini sedang Menjomblo

Herjunot Ali mengatakan bahwa ia tidak menutup diri untuk mencari pasangan wanita di masa depan, namun ia juga tak keberatan jika harus hidup sebagai jomblo seumur hidup. Ia mengungkapkan hal tersebut saat berbicara dengan Daniel Mananta di saluran YouTube-nya. Baginya, berpacaran bisa menjadi pemborosan waktu dan belum tentu berakhir dengan baik, sehingga ia lebih memilih untuk mencintai dirinya sendiri dan tidak membuang waktu pada hal yang tidak penting. "Saya serius. Seumur hidup. Karena menurut saya, itu bodoh," tegas Junot.

 

Perjalanan Spiritual Herjunot Ali

Herjunot Ali baru-baru ini mengungkapkan perjalanan spiritualnya dan menerapkan prinsip yang dia pelajari dari ajaran Nabi Muhammad. Menurutnya, prinsip yang dijalani Nabi Muhammad bahwa "sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang berguna buat orang lain" telah membuat dirinya menjadi lebih baik. Saat ini, Herjunot Ali menjadi sosok yang sangat religius, meskipun sebelumnya ia pernah tidak percaya pada adanya Tuhan. Namun, setelah mendalami agama yang diyakininya, Herjunot Ali mengakui bahwa selalu ada sosok Tuhan dalam kehidupan setiap manusia. Dia juga menambahkan bahwa dia terlahir dari keluarga yang sangat religius, yang diberi nama depan 'Mahmud' yang memiliki arti kekasih Allah.

Ia juga pernah ditanyai pendapat mengenai pernikahan beda agama, Herjunot Ali mengatakan bahwa ia memilih untuk tidak melakukan pernikahan beda agama. Hal ini ia ungkapkan ketika ditanya oleh seorang netizen tentang pandangan Junot terhadap pernikahan beda agama. Junot Ali menilai bahwa pernikahan beda agama dapat menjadi kendala saat membina rumah tangga kelak. Ia ingin pasangannya berdoa pada Tuhan yang sama ketika ada masalah dalam rumah tangga. Oleh karena itu, Junot Ali lebih memilih untuk tidak melakukan pernikahan beda agama.

 

Hobi Herjunot Ali

Herjunot Ali, seorang artis terkenal di Indonesia, dikenal sebagai salah satu publik figur yang jarang terlibat dalam gosip dan kontroversi. Namun, baru-baru ini, gaya hidup Herjunot Ali menjadi sorotan publik, terutama tentang hobinya bermain golf yang banyak dianggap sebagai olahraga bagi kalangan elit.

Hobi Main Golf Herjunot Ali
Hobi Mahal Herjunot Ali (Sumber: Instagram.com/HerjunotAli.studio)

Pada salah satu unggahan terbaru di Instagram Story miliknya, Herjunot Ali menunjukkan komentar nyinyir dari seorang netizen yang mengomentari momen-momen olahraga golfnya. Netizen tersebut mengatakan, "Bang hampir tiap hari golf, duitnya ga abis-abis yaa?đŸ¤£" Mendapatkan komentar seperti itu, Herjunot Ali langsung memberikan balasan yang bijaksana dengan memberikan tips untuk hidup tenang dan tidak mengurusi masalah orang lain. Herjunot Ali juga bercanda bahwa nasihat tersebut berasal dari dukun pesugihannya.

Herjunot Ali kemudian memberikan balasan kepada netizen tersebut, menyarankan agar netizen tersebut berhenti membiarkan dan mengurusi masalah orang lain dan fokus pada bekerja keras jika ingin memiliki banyak uang. Di unggahan IG Story selanjutnya, Herjunot Ali menggurui dengan mengaku memiliki bank gaib sehingga ia dapat memiliki banyak uang meskipun hanya bersantai dan bermain golf.

Foto-Foto Herjunot Ali

 

Herjunot Ali
Sumber: Instagram.com/HerjunotAli.studio

Herjunot Ali
Sumber: Instagram.com/HerjunotAli.studio

Herjunot Ali
Sumber: Instagram.com/HerjunotAli.studio

Herjunot Ali
Sumber: Instagram.com/HerjunotAli.studio

Herjunot Ali
Sumber: Instagram.com/HerjunotAli.studio

 

Demikianlah ulasan tentang Herjunot Ali oleh Selebsquad, semoga informasi yang disajikan dapat bermanfaat dan memberikan gambaran yang jelas mengenai Herjunot Ali.

 

 


Posting Komentar untuk "Biodata Herjunot Ali, Aktor yang Masih Betah Berbisnis, Perjalanan Karier, Kampanye BRBGKLTR, dan Perjalanan Religinya"