Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biodata Sule “Prikitiew”, Pelawak yang Cinta Kebudayaan Sunda, Biodata, Agama, Sumber Pendapatan, Kehidupan Pribadi, dan Berita

Sule (Entis Sutisna)

Potret Sule yang sedang menikmati liburannya di kapal pesiar (Instagram/ferdinan_sule)

Halo, Squad!  Siapa disini yang tidak tahu dengan Opera Van Java, Ini Talkshow, dan sinetron komedi Awas Ada Sule?  Pada tahun 2010-an, ketiga acara televisi ini sempat booming karena salah satu pemerannya yang sangat lucu bernama Sule.Sule adalah seorang seniman berdarah Sunda yang lahir di Cimahi pada 15 November 1976.  Disebut sebagai seniman karena dirinya sangat multi talenta, seperti menari, komedian, aktor, dan juga presenter handal.


Tapi, apakah Squad tahu kalau Sule sebenarnya memiliki julukan “Sultan Tambun” yang setara dengan Andre “Sultan Bintaro” dan Raffi Ahmad “Sultan Andara”?  Mau tahu lebih jauh tentang fakta-fakta menarik yang dimiliki Sule?  Simak selengkapnya di bawah ini ya!


Biodata Lengkap Sule

  • Nama Lengkap : Entis Sutisna

  • Nama Panggilan : Sule, Entis

  • Tempat Lahir : Cimahi, Jawa Barat

  • Tanggal Lahir : 15 November 1976

  • Umur : 46 tahun

  • Pekerjaan : artis, komedian, presenter, konten kreator

  • Kebangsaan : Indonesia

  • Suku : Sunda

  • Zodiak : Scorpio

  • Agama : Islam

  • Nama Ayah : Dodo Mulyana

  • Nama Ibu : Engkom Komara

  • Saudara :

            Iwan Setiawan (kakak pertama), Yeni Siti Romlah (adik pertama), Kikin Solikin (adik kedua)
  • Pasangan :

            Lina Jubaedah (1997 - 2018), Nathalie Holscher (2020 - 2022)
  • Anak 

            - Dari pernikahannya dengan Lina Jubaedah:
            Rizky Febian Adriansyah Sutisna, Putri Delina Andriany Sutisna, Rizwan Fadilah Adriansyah Sutisna, Ferdinan Adriansyah Sutisna
            - Dari pernikahannya denan Nahalie Holscher:
            Adzam Adriansyah Sutisna
  • Almamater : SMKI Negeri Bandung, STSI Bandung (sekarans ISBI Bandung)


Perjalanan Karir

Kehidupan karir seorang Entis Sutisna atau yang dikenal Sule ini sangat erat dengan perjuangannya yang sangat keras. Perjalanannya dimulai saat ia masih berkuliah di STSI Bandung. Pada tahun 1997, Sule yang baru saja menikah dengan Lina Jubaedah harus mampu mencari nafkah. 


Pada saat itu, Sule yang sudah aktif melawak hanya mendapat bayaran sebesar 20 ribu sehari. Untuk menambah pemasukannya, ia menyambinya dengan berjualan jagung rebus berkeliling kampung, berdagang ayam goreng, dan juga berjualan kebaya di sekitar kampus.


Ternyata hal tersebut bukan karena dorongan ekonomi semata loh Squad, justru Sule telah diajarkan untuk berjualan dan bekerja sejak ia masih di kelas 3 SD oleh orangtuanya. Orangtuanya mengajarkan kepada Sule kalau dirinya ingin jajan, maka ia harus bekerja.


Mengadu Nasib di Jakarta


Sule
Foto Sule dengan SOS (Instagram/ferdinan_sule)

Dengan modal mimpi dan nekat, Sule pergi merantau ke Jakarta dengan harapan menjadi pembawa acara di televisi. Karena belum memiliki pekerjaan tetap, Sule mengadu nasib di Jakarta dengan bekal bakat menarinya yang ia miliki. Selama di Jakarta, Sule juga melatih kemampuannya di bidang komedi. Bahkan ia sendiri pun pernah dibimbing oleh Kang Ibing, pelawak senior Indonesia dari grup lawak De’Kabayan.


Pada tahun 2004, Sule berkesempatan mengikuti Audisi Pelawak Indonesia (API) bersama dengan kedua temannya, Oni Suwarman dan Obin Wahyudin. Tak disangka, ajang pencarian bakat yang ditayangkan di TPI (berganti nama menjadi MNC) ini membuat mereka bertiga terkenal setelah menjuarai ajang tersebut. Tiga serangkai yang dikenal dengan grup lawak SOS ini melambung tinggi dan dikenal di kancah komedi Indonesia.


Tahun demi tahun pun berlalu, nama SOS mulai dikenal. Sebagai buktinya, TPI pernah memberikan sebuah acara khusus kepada SOS bernama Saung SOS pada tahun 2007. Pada tahun 2008, Sule kembali mengikuti ajang pencarian bakat dari Indosiar bernama Superstar Show. Dan lagi-lagi, Sule berhasil menjuarai ajang tersebut dan memenangkan hadiah berupa satu unit mobil.


Awal Mula Karir yang Meroket


Kemenangannya di Superstas Show kemudian menjadi perhatian banyak orang, termasuk Trans 7 yang pada saat itu menjadi stasiun televisi baru. Pada tahun 2008, Trans 7 mengajak Sule untuk bergabung dalam acara televisi bernama Opera Van Java, bersama dengan Komeng, Parto, Nunung, dan juga Azis Gagap.


Nama Sule pun menjadi sangat tinggi dan bahkan sempat dibilang sebagai tulang punggung komedi Opera Van Java loh, Squad!  Atas keberhasilannya itu, nama Opera Van Java atau OVJ menjadi salah satu acara televisi komedi tersukses pada tahun 2009-2010. Kesuksesannya juga mengantarkan Sule kepada kontrak acara lainnya, seperti sinetron komedi Ingat Ingat Lupa (2008), Awas Ada Sule (2009 - 2011), dan masih banyak lagi.


Di OVJ, Sule perlahan-lahan meraih cita-citanya dan bahkan mendapatkan hal yang lebih besar.  Pertama, menurut berbagai sumber, penghasilan Sule untuk satu kali tampil saja, pernah mencapai angka 50 juta rupiah!  Bayangin Squad, dengan berkomedi dan membuat penonton tertawa selama sekitar 2-3 jam, Sule dapat membeli tiga buah motor secara langsung!  Tentu ini adalah angka yang sangat fantastis dan bahkan beratus kali lipat dari penghasilannya.  Bahkan, berkat keberhasilannya di OVJ, Sule menjadi salah satu pelawak termahal di Indonesia!


Kedua, di OVJ, Sule bertemu dengan keluarga barunya yang bisa dikatakan sebagai “tandeman” terbaiknya, yaitu Azis Gagap, Parto, Nunung, dan yang paling mencolok adalah Andre Taulany.  Apabila Sule telah duet dengan Andre, tidak ada yang bisa mengalahkan kelucuannya. Chemistry keduanya terbentuk dari OVJ.


Mewujudkan Cita-Cita Sambil Mencoba Hal Baru


Sule
Sule di Ini Talk Show (YouTube/Ini Talk Show)


Pada tahun 2014, Sule bersama dengan Andre menyatakan mengundurkan diri dari acara televisi yang telah membesarkan nama mereka itu. Karena chemistry mereka yang sangat baik, stasiun televisi baru bernama Net. memberikan tawaran kontrak kepada mereka berdua untuk sebuah program talkshow. Inilah cita-cita Sule yang semakin terwujud, yaitu menjadi pembawa acara di televisi.  Mereka pun menyetujui dan bersama menjadi seorang host dalam acara Ini Talkshow.


Sekilas info, Ini Talkshow adalah sebuah program bincang-bincang dari stasiun televisi Net. yang dibalut dengan komedi. Dalam pelaksanaannya, Sule menjadi tuan rumah sekaligus host yang memandu acara dan duduk bersama dengan tamu. Sedangkan Andre menjadi co-host yang akan membantu Sule bertanya kepada tamu dengan posisi duduk yang cenderung dekat dengan para penonton.


Dalam acara tersebut, Sule dan Andre dibantu oleh beberapa talent, seperti Sasongko Widjanarko atau Mang Saswi sebagai Om Sule, Angel Karamoy sebagai pelayan rumah, dan Yujeng sebagai koordinator penonton. Acara Ini Talkshow juga mendapatkan kesuksesan yang sangat besar dan sering mendapatkan extend shooting untuk kebutuhan program tambahan seperti Ini Weekend dan Ini Ramadhan.


Seiring berkembangnya nama Sule di dunia hiburan Indonesia, ia juga sempat mendorong dirinya untuk mencoba hal baru di dunia akting dan tarik suara. Tercatat ada 5 film yang pernah dibintangi oleh ayah lima anak ini.  Beberapa diantaranya adalah Janda Kembang (2009), Sule, Ay Need You (2012), Sule Detektif Tokek (2013), dan Hongkong Kasarung (2018).


Selain film, menurut Wikipedia, Sule pernah bermain peran di 18 FTV!  Beberapa judulnya adalah Dadang Dudung, Sule Glen Kemon Mudik, Sule Saingan, Sule Kangen Mantan, dan Sule Mengejar Hoki.  Apakah Squad pernah menonton salah satunya?


Di dunia tarik suara, Sule juga pernah mengeluarkan banyak sekali lagu. Ada yang solo karir dan ada juga lagu yang bersama dengan artis atau komedian lainnya. Beberapa lagu yang pernah ia buat diantaranya adalah Susis (Suami Sieun Istri), Mimin I Love You, Smile U don’t Cry, Cicilalang, Andeca Andeci, Bibirmu Dower, Santuykan Aja, dan yang paling baru adalah Ramadhan Datang (2022).


Selama bermain peran di Ini Talkshow, Sule juga memanfaatkan kemampuannya di bidang kebudayaan Sunda untuk bermain di acara televisi Bukan Sekedar Wayang. Di acara ini, Sule bersama dengan Dadan Sunandar dan Bhatara Sena Sunandar menjadi Dalang untuk memainkan wayang golek dengan tokoh Cepot, Sule, dan lain sebagainya. Alur cerita yang disajikan pun sarat dengan nilai sosial, eduakasi, dan juga tentunya komedi yang lucu. Sayangnya, Bukan Sekedar Wayang hanya bertahan selama 2 tahun saja dan membuat Sule lebih fokus lagi di acara Ini Talkshow.


Pada tahun 2020, saat awal Covid-19, program televisi Ini Talkshow berhenti tayang di layar kaca.  Ada berbagai isu tentang alasan mengapa Ini Talkshow berhenti, mulai dari gimmick yang sudah terlalu sering, permasalahan administrasi, hingga yang paling sering diperbincangkan adalah merenggangnya hubungan Sule dengan Andre sebagai partnernya. Bahkan setelah berhentinya Ini Talkshow, karir Sule di layar kaca ternyata juga ikut meredup. 


Terdapat beberapa program acara televisi yang pernah Sule bintangi setelah Ini Talkshow, namun acara tersebut tidak berlangsung lama. Sule sepertinya paham bahwa dirinya tidak akan memiliki karir yang selalu terang di depan layar kaca sehingga ia mencoba meniti karir lainnya melalui YouTube dan membuka usaha rumah makan. Diketahui Sule memiliki dua buah YouTube, yaitu Sule Productions yang mengusung konsep talkshow, dan SL Media yang berisikan keseharian kehidupan Sule dan keluarga. Kedua YouTubenya mulai aktif pada tahun 2019-2020.


Sedangkan usaha rumah makan yang dimiliki oleh Sule adalah Parte Ceker Rempah atau yang disingkat PCR. Usaha kuliner yang ia rintis sejak 2019 ini menjajakan ayam dan khususnya ceker sebagai bahan utamanya. Kalau Squad penasaran, kalian bisa cek langsung usahanya di daerah Tebet ya!


Sule juga menginvestasikan kekayaan yang ia miliki dengan cara membuat bisnis kos-kosan. Kosan yang terletak di daerah Bojongsoang, Bandung, merupakan usahanya bersama mantan istrinya, Lina Jubaedah. Namun, setelah bercerai, usaha ini pun dikelola oleh Lina untuk kebutuhan anak-anaknya dan juga suami barunya, Teddy Pardiyana.


Sumber Pendapatan

Sule
Tampak depan rumah Sule (YouTube/BoyWilliam)


Sule dijuluki sebagai “Sultan Tambun” bukan tanpa alasan. Julukan tersebut disematkan kepada Sule karena kekayaannya yang begitu banyak, mulai dari rumah mewah, tanah dimana-mana, hingga koleksi kendaraan.


Kira-kira, dari mana saja ya Squad sumber pendapatannya artis komedian yang satu ini? 

Untuk menjawabnya, Selebsquad telah menghimpun berbagai sumber yang dapat menjawab sumber pendapatan dari Sule. Berikut adalah jawabannya:


1. Komedian

Menjadi seorang komedian adalah sumber pendapatan utama dari seorang Entis Sutisna.  Pekerjaan yang ia lakoni sejak kecil ini berbuah manis hingga saat ini. Dengan semua pengalaman di dunia komedi yang Sule dapatkan, ia mampu menjadi juara di dua ajang pencarian bakat dan menjadi talent terbaik Opera Van Java. Penghasilannya pun tidak main-main, ia pernah tercatat mendapatkan penghasilan 50 juta rupiah dalam satu kali episode dan bahkan pernah menjadi komedian termahal di Indonesia. Keren banget ya Squad!


2. Presenter

Selain menjadi seorang komedian, Sule juga pernah menjadi seorang presenter di berbagai acara.  Salah satu acara yang mengajak Sule sebagai presenter adalah Ini Talkshow. Pendapatan yang ia dapatkan pun cukup besar, mengingat Sule memainkan peran ini selama 6 tahun lamanya. Jika satu episode saja Sule dibayar 1 juta rupiah dan setiap hari ditayangkan satu episode, maka berapa banyak uang yang dihasilkan Sule selama 6 tahun ya, Squad?


3. Aktor

Sumber pendapatan ketiga Sule datang dari kemampuannya sebagai aktor. Ya, Sule pernah bermain beberapa sinetron, FTV, dan bahkan Film layar lebar. Beberapa judul yang pernah ia mainkam diantara lainnya adalah Awas Ada Sule, Sule, Ay Need U, Untung Ada Sule, Comedy Night Live, Hongkong Kasarung, dan masih banyak lagi.


4. Musik

Sule juga menunjukkan bakatnya di bidang musik melalui beberapa lagu yang ia buat.  Salah satu lagu paling booming yang pasti semua Squad pernah dengar adalah Susis (Suami Sieun Istri). Selain itu, masih ada puluhan lagu lainnya yang pernah dicetuskan oleh Sule sebagai bentuk kreativitasnya.  Beberapa lagu tersebut pernah ada yang menjadi RBT (Ring Back Tone) dan juga dijual dalam bentuk kepingan CD.  Dan sepertinya Rizky Febian memiliki bakat menyanyinya ini dari sang ayah loh Squad.


5. Endorsement

Sebagai public figure, Sule juga memiliki banyak sekali followers di akun Instagramnya. Saat ini, Sule memiliki 6.9 juta followers!  Jikalau ada yang tertarik menggunakan jasa endorsementnya, Sule mencantumkan nomor managernya di bagian bionya. Contoh brand atau produk yang pernah bekerjasama dengan Sule belakangan ini adalah Ayam Serasi, Sarung Mangga, dan Nutriflakes.


6. YouTube

Sama seperti kebanyaka artis lainnya, Sule memanfaatkan popularitas dan kreativitasnya untuk membangun channel YouTube miliknya.  Diketahui bahwa Sule memiliki dua buah channel YouTube. Pertama adalah Sule Productions yang telah memiliki 10,2 juta subscribers.  Mengutip hasil Socialblade, perkiraan pendapatan yang bisa diraih dari channel YouTube ini selama setahun sebesar $37.900 - $606.500 atau sekitar 563 juta sampai 9 milyar Rupiah!


Sedangkan channel YouTube keduanya bernama SL Media yang memiliki 2,79 subscribers. Menurut Socialblade lagi, akun YouTubenya ini diperkirakan dapat meraih keuntungan selama setahun sebanyak $94.700 - $1.5 juta atau sekitar 1.4 milyar sampai 22 milyar Rupiah! Coba Squad bayangkan jika kedua Channel ini digabungkan, terlihat sangat besar sekali angka yang bisa didapatkan oleh Sule yang hanya memanfaatkan kanal YouTubenya saja.


 7. Bintang Iklan

Sule
Iklan  AMH yang dibintangi Sule (YouTube/Tricky Jimmy)

Sule juga menjajal pekerjaan sebagai bintang iklan dari beberapa brand yang tampil di layar kaca. Para brand percaya bahwa dengan kehadiran Sule dapat meningkatkan penjualan produknya, terlebih lagi saat ia masih aktif tampil di berbagai acara televisi. Beberapa produk yang pernah dibintangi oleh komedian berambut pirang ini adalah AMH Jahe Merah, Smash Titan, Mie Suksess, Jas Hujan MDS Pro Series, dan Sarung Mangga.


8. Clothing

Sule juga membuka usaha clothing line yang bertempat di daerah Bandung. Namun, Selebsquad tidak bisa menemukan nama dari clothing line yang dimiliki oleh komedian ini. Tapi menurut berbagai sumber, clothing line biasanya seringkali mendapatkan pesanan beraneka ragam dan jumlah yang banyak.


9. Bisnis Restoran

Sumber pendapatan Sule yang bisa Selebsquad dapatkan adalah bisnis restoran. Jika Tretan Muslim punya Bebek Carok, Entis Sutisna memiliki Parte Ceker Rempah. Bisnis yang ia rintis sejak tahun 2019 ini memiliki menu andalan sesuai nama restonya, yaitu Ceker. 


Yang menjadi daya tarik dari restoran ini adalah penggunaan rempah yang sangat berani dan sebagian besar memiliki rasa pedas. Beberapa YouTuber dan artis seperti Ken & Grat, dan Luna Maya pernah makan disini dan mengakui kenikmatan olahan cekernya. Bagi Squad yang penasaran, kalian bisa langsung saja mendatangi restoran ini yang berada di daerah Tebet Timur Dalam ya!


Seputar Kehidupan Pribadi dan Berita Entis “Sule” Sutisna

Entis Sutisna atau yang kita kenal dengan nama panggung Sule adalah seorang pekerja keras yang lahir pada tanggal 15 November 1976 di Kota Cimahi, Jawa Barat. Ia merupakan anak kedua dari pasangan Dodo Mulyadi dan Engkom Komara. Ia memiliki kakak bernama Iwan Setiawan dan dua orang adik bernama Yeni Siti Romlah dan Kikin Solikin.


1. Fakta Seputar Saudara Kandung dan Masa Kecil Sule

Terdapat beberapa fakta menarik yang diungkapkan oleh Sule di dalam YouTube milik anaknya sendiri, Putri Delina.  Pada saat sesi BOSAN (Obrolan Santai) bersama sang Ayah, Sule mengatakan beberapa fakta yang bahkan anaknya sendiri pun tidak tahu. Dari hasil perbincangan tersebut, diketahui bahwa sebenarnya Sule bukanlah empat bersaudara, melainkan 11 bersaudara! Namun, 7 saudara lainnya harus meninggal lantaran Ibunya Sule memiliki sebuah penyakit bernama penyakit “Put”.


Ciri-ciri orang yang memiliki penyakit tersebut dapat dilihat dari dadanya yang memiliki tanda putih. Jika seorang Ibu yang memiliki tanda tersebut pada dadanya, maka anaknya akan meninggal setelah melahirkan atau meninggal saat masih di dalam kandungan (keguguran).

Cara menghindarinya pada saat itu adalah dengan meminta pertolongan kepada orang pintar.  Nantinya sang keluarga harus memenuhi beberapa syarat agar sang anak dapat tetap hidup.

Sule mengatakan terdapat dua buah syarat.  Syarat pertama yang harus dipenuhi adalah sang anak yang lahir harus di kebobingung atau diberikan anting.  Namun bukan sembarangan anting, tapi anting emas dengan berat 0.5 gram!


Syarat kedua adalah sang anak tidak diperbolehkan mengakui bapaknya sendiri sebagai bapaknya.  Hal ini membuat Sule dan saudaranya diasuh oleh orang lain. Sule justru diurus dan diasuh selama beberapa waktu oleh Pak Danu Bengkong, seorang tukang sunat di daerah Cirame. Lucunya, hal tersebut berhasil dengan buktinya Sule dan sang kakaknya masih bisa hidup hingga saat ini. Sedangkan adik-adik Sule tidak merasakan hal tersebut karena orang pintar yang sempat mengurus Sule mengatakan tidak ada syarat lainnya lagi.


2. Sang Ayah yang Mengajarkan Ngebanyol dan Hidup Mandiri

Masa muda Sule bisa dikatakan sangat keras.  Pasalnya, sang Ayah, Dodo Mulyadi, mengajarkan bahwa Sule harus bisa hidup mandiri.  Hal ini masih bisa Squad tonton dari channel YouTube milik Putri Delina dan milik Armand Maulana. Sejak kelas 3 SD, sule dikenal sebagai orang yang pekerja keras.  Ia dididik oleh Ayahnya sendiri yang mengatakan bahwa dirinya harus berjualan untuk bisa mendapatkan uang jajan. Berbagai usaha pun pernah Sule rasakan, seperti menjual jagung bakar dan tampil di acara Agustusan dengan menunjukkan bakat melawaknya.


Ternyata, bakat sule dalam melawak adalah keturunan dan hasil observasi Sule terhadap ayahnya.  Dodo Mulyadi dikenal pada saat itu sebagai tukang bakso yang suka ngebanyol dan membuat pelanggannya tertawa.  Ilmu tersebutlah yang Sule pelajari dan manfaatkan untuk bisa mendapatkan uang.


Asal nama Sule

Siapa Squad yang bisa menebak asal nama “Sule”?  Padahal kan nama asli komedian ini adalah Entis Sutisna. Ada yang mengatakan kalau Sule singkatan dari nama aslinya, Entis Sutisna.  Ada yang bilang kalau Sule adalah singkatan dari “Sunda Bule” karena ia memiliki rambut pirang layaknya orang bule.  Ternyata hal di atas semuanya salah loh Squad, dan justru arti nama “Sule” memiliki arti yang cukup lucu.


Di kampung kelahirannya, di daerah Cimahi, Entis Sutisna ternyata memiliki masalah dengan hidungnya yang membuatnya sering mengelap ingus. Dalam bahasa Sunda, mengelap ingus disebut dengan “susut lého”. Karena hal inilah, Entis disebut sebagai Sule atau “SUsut susut LÉho”.


Meskipun nama tersebut memiliki nada merendahkan Entis Sutisna, tapi baginya hal tersebut tidaklah masalah.  Bahkan, Sule menunjukkan kalau nama panggilannya ini jauh mengantarkan dirinya ke dunia hiburan.



Mengenal Lina dan Berjuang Bersama


Sule dan Lina di acara Ini Talk Show (YouTube/Ini Talk Show)


Menguti dari hasil wawancara Sule dengan Tabloid Bintang, Sule menceritakan kisah asmaranya bersama Almh. Lina, mantan istrinya. Diketahui bahwa Sule dan Lina sempat bersekolah di tempat yang sama, yaitu SMKI (Sekolah Menengah Karawitan Indonesia). Pada saat itu, Lina menjadikan Sule sebagai tempat cuhatnya.


Waku demi waktu, Sule mulai merasakan gejolak cinta kepada Lina. Namun pada saat itu Sule mengaku enggan mengutarakan perasaannya kepada Lina karena Lina berasal dari keluarga yang terpandang. Bermodalkan nekat dan percaya bahwa jodoh berada di tangan Tuhan, Sule pun mulai menyatakan rasa cintanya dengan perlahan-lahan. Sule mengaku membutuhkan bantuan Onny, teman Sule yang menjadi rekan di SOS, sebagai comblang


Setelah Onny membantunya selama tiga bulan, akhirnya Sule memberanikan dirinya untuk menyatakan cintanya secara langsung kepada Lina.  Hal itu pun dibalas positif dan akhirnya mereka bepacaran pada bulan Agustus 1996. Setelah lulus, Sule pun melanjutkan pendidikannya di STSI Bandung. 


Sule cukup merasa kaget karena pada saat itu keluarga Lina meminta Sule untuk menikahkannya. Alasannya karena keluarga Lina takut terjadi hal yang tidak diinginkan kepada anaknya. Sule akhirnya menyanggupi hal tersebut dan menikah dengan Lina, cinta pertama Sule, pada tanggal 27 Agustus 1997.


Menyambung dengan sumber wawancara lainnya, Sule mengaku bahwa perjalanan hidupnya bersama Lina sangatlah sulit. Bayangkan saja Squad, Sule yang saat itu masih berkuliah sudah harus mencari nafkah untuk Lina dan biaya kuliah. Kedua pasangan ini pun hanya tinggal di sebuah kontrakan petak.


Untuk menyambung hidup, Sule harus bekerja sebagai pelawak yang berkeliling kampung dengan bayaran 20 ribu rupiah perharinya dan juga berjualan ayam, sedangkan Lina berjualan kebaya di sekitar kampus. Setahun kemudian, lahirlah anak pertama mereka yang diberi nama Rizky Febian Sutisna pada tanggal 25 Februari 1998. Kemudian, tiga tahun kemudian, pasangan Sule-Lina kembali dikaruniai anak pada tanggal 29 April 2001 dan diberi nama Putri Delina Sutisna.


Pergi Ke Jakarta Demi Hidup Layak

Kehadiran anak-anaknya Sule menyadarkan dirinya bahwa ia harus bekerja lebih keras dari sebelumnya.  Sule dan keluarga kecilnya ini akhirnya pergi ke Jakarta demi penghasilan yang lebih layak. Selama di Jakarta, Sule mencari berbagai macam pekerjaan yang bisa menghidupi keluarganya.  Salah satu pekerjaan yang ia pilih adalah menjadi seorang pelawak dan penari.


Sebelumnya, Sule bersama beberapa temannya pernah belajar untuk tampil melawak bersama salah satu anggota grup lawak De’Kabayan Alm. Kang Ibing. Sule juga belajar berkomedi kepada kepada Alm. Kang Uci.  Jadi kepergian Sule ke Jakarta sebenarnya bukan cuma modal nekat saja ya Squad, tapi ada bekal skill juga.


Bersama Oni dan Ogi, Sule membentuk sebuah grup lawak bernama SOS dan berhasil menjuarai Audisi Pelawak Indonesia.  Inilah titik karirnya sebagai pelawak di Jakarta mulai terbangun.


Opera Van Java: Puncak Kesuksesan dan Bertemu Partner Setia Andre Taulany

Seperti yang sudah Selebsquad tulis di atas, acara televisi Opera Van Java menjadi puncak kesuksesan seorang Entis Sutisna.  Ia berhasil mendulang banyak sekali uang berkat bakatnya sebagai seorang komedian. Melalui OVJ, Sule serta kru lainnya dapat berkeliling Indonesia dan bahkan manggung sampai ke Kota Melbourne!  Keren banget ya, Squad!


Tapi, dari yang Selebsquad lihat, salah satu hal yang paling berharga bagi Sule bukan hanya pergi dan uang saja, namun juga hubungan pertemanan.  Sule sangat bersyukur sekali dapat bertemu dan beradu akting dengan berbagai macam artis dan komedian.  Mulai dari Azis Gagap, Parto, Nunung Srimulat, hingga Andre yang menjadi sahabat paling dekat Sule di OVJ.


Kisah mereka berawal dari Andre yang pada tahun 2009 masih menjadi bintang tamu saja.  Awalnya mereka biasa saja dan beradu akting sebagaimana biasanya. Namun keduanya merasa ada “klik”, mulai dari usia yang tidak terpaut jauh, kesamaan latar belakang, hingga kesamaan lelucon yang dibawakan. Tidak lama setelah itu, mereka terkenal sebagai couple, tandeman yang saling melengkapi.


Mereka pun mengakhiri karirnya di Opera Van Java secara bersamaan dan kembali bekerjasama di program televisi baru bernama Ini Talkshow. Posisinya adalah Sule menjadi host dan Andre menjadi co-host.  Bagaikan “magnet penonton”, penampilan mereka berdua berhasil menaikkan rating acara baru ini dan bahkan menjadi sangat populer loh, Squad!


Meninggalnya Ayah Sule Saat Karirnya diatas Awan

Posisi Sule yang telah menjadi talent tetap di acara Ini Talkshow menjadi posisi paling nyaman.  Namun ternyata dibalik titik nyamannya tersebut, Sule juga kerap tertimpa kabar buruk.  Kali ini kabar buruknya menimpa ayah kandungnya, Dodo Mulyadi.


Pada tanggal 11 Oktober 2017, melalui Instagram pribadinya, Entis Sutisna mengatakan bahwa ayahnya telah berpulang ke Rahmatullah dikarenakan darah tingginya yang menyebabkan serangan jantung. Seminggu sebelumnya, Sule mengatakan bahwa Ayahnya memang sempat dirawat di rumah sakit. Setelah kondisinya dirasa membaik, Dodo Mulyadi diperbolehkan pulang dan menjalankan rawat jalan. Namun, ternyata takdir berkata lain.


Bukan hanya Sule dan Lina yang berduka, tapi juga anak-anaknya, khususnya Rizky Febian.  Sosok yang ia sebut sebagai Abah ini ternyata sangat dekat dengan dirinya.


Bercerai dengan Lina Jubaedah dan Bersitegang dengan Teddy

Satu tahun setelah kabar duka karena meninggalnya sang ayah, keluarga Sule kembali diterpa kabar buruk.  Pasalnya, Lina Jubaedah yang telah menemani Sule dari awal karir menggugat cerai pada tahun 2018. Berita tersebut pun sangat mengagetkan warganet, teman, dan bahkan keluarganya Sule sendiri pun. Sule mengatakan bahwa dirinya juga bingung mengapa Lina menggugat cerai dirinya.


Beberapa spekulasi masyarakat bermunculan. Ada yang mengatakan bahwa Lina tidak menyukai sifat konsumtif Sule yang suka membeli mobil atau motor secara tiba-tiba. Isu lain mengabarkan kalau sebenanrnya Lina sedang menjalin hubungan dengan seorang pria bernama Teddy Pardiyana. Bahkan sampai ada yang mengatakan kalau Lina “diguna-guna” oleh Teddy! Sampai saat ini, hanya Sule dan keluarga yang mengetahui pasti alasan mengapa Lina menceraikan Sule.


Anak-anak Sule pun tidak ada yang menyetujui hal tersebut, terlebih lagi Rizky Febian dan Delina Putri. Mereka juga turut membantu agar perceraian tersebut tidak terjadi. Namun, setelah diskusi yang cukup alot, pada tanggal 20 September 2018, mereka berdua akhirnya berpisah. Setelah empat bulan kemudian, Lina dan Teddy melangsungkan pernikahannya secara diam-diam pada tanggal 29 Januari 2019. Dari pernikahannya tersebut, mereka dikaruniai seorang anak bernama Delina Bintang Aura Putri.


Sayangnya, tidak lama setelah melahirkan, Lina Jubaedah meninggal dunia pada tanggal 4 Januari 2020.  Isak tangis pun tak terhindarkan dari kedua keluarga ini. Terlebih lagi bagi Teddy yang kini harus menjadi single parents merawat Bintang. Setelah meninggalnya Lina, terjadi konflik antara keluarga Sule dengan Teddy.


Teddy yang merupakan suami sah dari Lina meminta hak waris dari istrinya dan meminta tanggung jawab untuk membesarkan Bintang. Adapun yang dituntut oleh Teddy adalah sebuah deposit box dan sebuah kos-kosan mewah di daerah Bandung. Sule pun menepis permintaan tersebut dan justru berkonflik dengannya.


Pasalnya, menurut Kompas.com, Sule mengatakan kalau anaknya selalu memberikan rezeki setiap bulannya untuk kebutuhan Bintang. Sule juga menyinggung peran Teddy yang tidak becus mengurus rumah tangganya sendiri dan justru meminta harta warisan Lina. Menurut sumber yang dihimpun oleh Sajiansedap.grid.com, terdapat beberapa spekulasi terhadap tindakan yang dilakukan oleh Teddy. 


Salah satu spekulasi yang menjadi sorotan adalah ucapan Denny Darko yang mengatakan bahwa sebenarnya selain meminta harta warisan Lina, Teddy juga tidak senang dengan rumah tangga Sule dan juga ketenaran anak-anaknya. Meskipun begitu, Sule sudah tidak akan menggubris apapun tuntutan dari Teddy karena ia merasa hal tersebut adalah masalah Teddy.



Dekat dengan Beberapa Artis dan Menikah dengan Nathalie Holscher

Sule
Sule dan Nathalie (YouTube/InsertLive)


Setelah cerai dari Lina Jubaedah, Sule tidak terlalu mengambil hati berlarut-larut. Hal itu ditunjukkan oleh beberapa bukti kedekatan Sule dengan beberapa wanita. Sule pernah diisukan menjalin hubungan spesial dengan Naomi Zaskia, Ayu Ting-Ting, Chika Jessica, Baby Shima, bahkan Amy Qanita (ibu dari Raffi Ahmad). Setelah itu, ada juga isu yang mengatakan bahwa Sule dekat dengan seorang pramugari bernama Fany Kurniawaty.


Tapi, dari sekian banyak perempuan yang hadir di hati Sule, ia memilih Nathalie Holscher sebagai pujaan hatinya. Bahkan, sebelum melangsungkan pernikahannya, Nathalie resmi menjadi seorang mualaf pada tanggal 25 September 2020 setelah mendapatkan hidayah.  Kira-kira beneran hidayah atau karena Sule ya, Squad?


Dua bulan setelahnya, tepat pada hari ulang tahun Sule, keduanya resmi menikah pada tanggal 15 November 2020. Satu tahun setelah menikah, pada tanggal 11 Desember 2021, pasangan anyar ini dikaruniai seorang anak laki-laki yang mereka beri nama Adzam Adriansyah Sutisna.


Sule Bercerai Dengan Nathalie Holscher

Pernikahan antara Sule dan Nathalie Holscher pada awalnya sangat mulus.  Namun siapa sangka kalau hubungan tersebut hanya berlangsung dua tahun saja. Tidak ada yang bisa menjelaskan secara detail alasan mengapai mereka berdua berpisah. Namun, dari berbagai sumber yang dihimpus Selebsquad, terdapat dua alasan utama mengapa mereka berpisah.


Alasan pertama datang dari tidak akurnya Nathalie dengan anak-anak Sule, khususnya Putri Delina. Beberapa kali mereka berdua terlihat sering saling sindir melalui Instagram. Jika Squad perhatikan juga, Putri Delina sangat jarang sekali terliput media ataupun konten YouTube bersama dengan Putri Delina.


Alasan kedua datang dari pernyataan langsung Nathalie Holscher. Ia hanya mengatakan bahwa dirinya dengan Sule sudah tidak ada lagi kecocokan, sehingga hubungan mereka tidak bisa dipertahankan lagi. Setelah membulatkan tekat, keduanya akhirnya bercerai pada tanggal 10 Agustus 2022 dengan hak asuh Adzam berada di tangan Nathalie Holscher.


Tidak Aktif di Layar Kaca, Apakah Sule Berantem dengan Andre?

Fakta menunjukkan bahwa selepas program Ini Talkshow dihentikan, Sule terlihat sangat jarang tampil kembali di layar televisi. Kira-kira, apa alasannya ya?

Usut punya usut, terdapat banyak alasan serta pemikiran dari para netizen.


Ada yang beranggapan bahwa pada saat Ini Talkshow selesai, terjadi gelombang Covid-19 yang membuat Sule fokus dengan keluarganya. Beberapa orang juga mengatakan bahwa Sule seperti mengambil “waktu istirahatnya” untuk mencari pasangan hidup. Ada yang mengatakan juga kalau Sule kini sudah memiliki harta yang sangat banyak dan bisa hidup dari pendapatannya melalui YouTube dan juga karir anak-anaknya.


Tapi, dari sekian banyak pemikiran warganet, yang sering menjadi perbincangan adalah kerenggangan hubungan antara Sule dengan Andre. Sejak berakhirnya Ini Talkshow, Sule dan Andre sudah jarang sekali terlihat tampil berdua. Bahkan saat ini pun Andre sedang aktif di berbagai macam program tanpa adanya kehadiran Sule.


Berdasarkan pernyataan Andre di dalam channel YouTube Uya Kuya TV, Andre mengatakan alasan mengapa dirinya kini sudah tidak terlalu dekat dengan Sule.  Saat Uya Kuya bertanya tentang Sule, Andre menjawab kalau Sule adalah orang yang tempramental, suka bete, dan juga sensitif.  Terkadang juga Sule tiba-tiba marah tanpa sebab yang jelas. Hal itu pun diperkuat dengan marahnya Sule yang sempat di-roasting oleh Kiky Saputri.  


Sule
Sule di Canda Empire (VIDIO)



Jika Squad bertanya-tanya “kemanakah Sule sehingga jarang tampil di dunia layar kaca?”, jawabannya masih. Saat ini, Sule masih aktif beradu akting di layar kaca, tepatnya di stasiun televisi Rajawali Televisi atau RTV. Disana ia kembali bermain hal yang paling ia kuasain yaitu sketsa komedi dalam acara Canda Empire bersama dengan Jarwo Kwat.


Ya, mungkin nama Sule di dunia televisi sedang redup, mengingat banyak sekali talent-talent baru. Meskipun banyak saingannya, kita doakan semoga Sule tetap bisa dan selalu memberikan warna di komedi pertelevisian tanah air ini ya Squad!


Foto-foto


Sule

Sule

Sule

Sule


Demikianlah biodata , perjalanan karier, hingga foto-foto Sule yang bisa Seleb Squad tulis. Tak kenal maka tak sayang, kalau kalian belum mengetahui siapa sebenarnya Sule, semoga dengan membaca artikel dari kami, kalian bisa lebih mengenalnya lagi ya sobat Seleb.


Posting Komentar untuk "Biodata Sule “Prikitiew”, Pelawak yang Cinta Kebudayaan Sunda, Biodata, Agama, Sumber Pendapatan, Kehidupan Pribadi, dan Berita"