Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biodata Kiky Saputri 'Queen of Roasting', Perjalanan Karir dan Asmara, Sumber Kekayaan, Fakta, Agama, dan Foto

Kiky Saputri

Sumber: Instagram/@kikysaputrii

Seleb Squad - Rizhky Nurasly Saputri atau yang lebih dikenal dengan nama Kiky Saputri merupakan seorang komika tanah air yang populer dengan gaya khasnya nge-roasting orang. Selain itu, Kiky juga dikenal sebagai bintang film dan pembawa acara hits. 

Salah satu film yang menjadi titik balik karirnya di dunia entertainment adalah Imperfect: Karier, Cinta, & Timbangan besutan Ernest Prakasa. Ia membintangi film tersebut pada tahun 2019 sebagai Neti, seorang makeup artists dengan tubuh mungil dan berisi sehingga mematahkan standar kecantikan wanita Indonesia yang seringkali dituntut harus langsing dan tinggi. 

Namun dibalik karir gemilangnya, Kiky Saputri adalah seseorang yang supel dan sederhana. 
Wanita berdarah Sunda kelahiran Garut, 22 Oktober 1993 ini merupakan anak pertama dan perempuan satu-satunya dari empat bersaudara. 

Ia lahir dari pasangan Aslih Nuro dan Sri Hodijah. Dalam suatu kesempatan, Kiky Saputri mengaku masa kecilnya jauh dari kata mewah. Sang Ayah pernah bekerja sebagai tukang ojek, sementara Ibunya adalah seorang Asisten Rumah Tangga (ART).

Meskipun banyak yang meremehkan keluarganya karena status ekonomi dan sosial mereka tak lantas membuat Kiky Saputri berkecil hati. Dirinya tetap berjuang mengejar pendidikan tinggi untuk mengubah nasib keluarganya. 

Hal ini dibuktikan lewat kelulusannya dari program studi S1 Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Negeri Jakarta. Dari sinilah, wanita yang akan menginjak umur 30 tahun ini, memulai karirnya. Bagaimana perjalanan karir Kiky Saputri? Simak selengkapnya di bawah ini!

Biodata Kiky Saputri

  • Nama: Rizhky Nurasly Saputri
  • Nama Panggung: Kiky Saputri
  • Tempat Lahir: Garut, Jawa Barat
  • Tanggal Lahir: 22 Oktober 1993
  • Agama: Islam
  • Tinggi Badan: 155 cm
  • Berat Badan: (sekitar) 42 kg
  • Ayah Kiky Saputri: Aslih Nuro
  • Ibu Kiky Saputri: Sri Hodijah
  • Saudara Kiky Saputri: N/A (tiga adik laki-laki)
  • Suami Kiky Saputri: Muhammad Khairi
  • Hobi: Melawak, Makan, Menyanyi
  • Pekerjaan: Komika, Aktris, YouTuber
  • Almamater: Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Negeri Jakarta
  • Instagram Kiky Saputri: @kikysaputrii
  • Twitter Kiky Saputri: @kikysaputrii
  • TikTok Kiky Saputri: @kikysaputrii
  • YouTube Kiky Saputri: @kikysaputriofficial

Perjalanan Karir Kiky Saputri

Sumber: Instagram/@kikysaputrii

Setelah lulus dari Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, Kiky Saputri mencoba peruntungannya di dunia pendidikan. Ia pun diketahui pernah menjadi seorang guru honorer dengan gaji Rp 600 ribu per bulan. Selain berprofesi menjadi guru, ternyata Kiky Saputri bergabung di salah satu komunitas Stand Up Comedy Jakarta Pusat pada akhir 2016. 

Namun, dirinya baru aktif sejak tahun 2017 setelah ia mendapatkan kenyataan pahit bahwa ia gagal menikah dengan pujaan hatinya kala itu. Kiky Saputri pun mencari cara untuk menghibur dirinya. Ia menyempatkan diri untuk menonton salah satu acara stand up comedy sebagai salah satu cara mengalihkan pikirannya dari kesedihan. 

Lama-kelamaan, Kiky memperhatikan bahwa stand up comedy bisa menjadi jalan untuk healing, menghibur orang lain, sekaligus mencari uang. Ia akhirnya mulai menata hidupnya kembali dan aktif mengikuti berbagai kompetisi stand up comedy off-air. 

Pada tahun 2019, ia mendaftarkan diri ke salah satu kompetisi stand up comedy terbesar di Indonesia, Stand Up Comedy Academy (SUCA) Musim Ke-4  yang disiarkan langsung di Indosiar. Sayangnya, ia belum berkesempatan menjadi pemenang di acara tersebut. Tetapi hal ini tidak lantas membuatnya patah arang. 

Terbukti di tahun-tahun berikutnya, tawaran menjadi komika di berbagai acara televisi nasional pun berdatangan. Ciri khas Kiky Saputri dalam me-roasting orang adalah hal yang menjadi daya tariknya. Berkat keahliannya ini, ia berhasil menyabet penghargaan sebagai Komedian Wanita Terpilih 2022 dari Anugeran Komedi Indonesia dan Komika Roasting Terfavorit 2023 dari Indonesian Comedy Awards.

Hingga saat ini, ia telah berkesempatan mengisi sekitar 14 acara televisi. Tidak berhenti disitu saja, Kiky Saputri juga aktif di dunia seni peran sebagai pemain film, webseries, dan FTV. Apa saja judul yang pernah dimainkan oleh Kiky Saputra? Yuk cek detailnya berikut!

Film

  • Imperfect: Karier, Cinta, & Timbangan (2019) - sebagai Neti

Web Series

  • Imperfect the Series (2021) - sebagai Neti
  • Komisi Pemberantasan Ketakutan (2021) - sebagai Olive
  • Sajadah Panjang (2021) - sebagai Mbak Ratna
  • Susah Sinyal the Series (2021) - sebagai Oci
  • Imperfect the Series Season 2 (2022) - sebagai Neti

FTV

  • Cinta Datang dari Kota Turun ke Desa (2021) - sebagai Kiky
  • Lapor Pak! the Movie: Hilangnya Mahkota Atlantis (2021) - sebagai Kiky
  • Lapor Pak!: Telegram Rahasia (2022) - sebagai Kiky
  • 2 Tahun Kerja Lapor Pak! (2023) - sebagai Kiky

Kisah Cinta Kiky Saputri

Sumber: Instagram/@kikysaputrii

Perjalanan cinta Kiky Saputri sama berlikunya dengan jalan hidup serta karirnya. Seperti yang diketahui, Kiky sempat menjadi guru honorer di salah satu sekolah yang ada di Jakarta. Menariknya, ia mengaku pernah berpacaran dengan muridnya sendiri sampai akhirnya harus berakhir karena sang murid akan melaksanakan ujian nasional.

Tak lama berselang, ia menjalin hubungan dekat dengan seseorang yang ia kenal. Hubungan mereka berjalan baik selama kurang lebih tiga bulan lamanya. Selama kurun waktu tersebut, mereka telah membicarakan ke arah hubungan lebih serius, yaitu jenjang pernikahan. Awalnya Kiky sangat bahagia dengan rencana ini. Sampai akhirnya, ia harus mendapati fakta mengejutkan bahwa sang pacar ternyata penyuka sesama jenis alias gay. Informasi ini didapati Kiky dari teman-temannya. 

Usai kandasnya hubungan mereka, Kiky juga sempat menjalin hubungan dengan Agus Priyono yang merupakan pengusaha coffee shop yang sekaligus menjadi manajernya. Walaupun sudah terbilang serius dan mempersiapkan segalanya untuk menuju pernikahan, hubungan mereka kandas di tengah jalan akibat sering berselisih paham. Mereka pun memutuskan berpisah dengan baik-baik di akhir 2021 lalu.

Dengan demikian, ia harus menelan pil pahit karena gagal menikah 2x. Akibat kejadian ini, Kiky Saputri mengalami trauma hingga tidak mau menjalani hubungan pacaran selama 2 tahun. Ia pun mengaku sempat depresi berat. Hal ini disampaikan Kiky Saputri saat menghadiri undangan Boy William di kanal YouTubenya. 

Namun akhirnya, penantian Kiky Saputri berbuah manis. Ia berkenalan melalu aplikasi dating online dengan seorang pengacara bernama Muhammad Khairi sekitar April 2022. Awalnya, dirinya sempat ragu karena perkenalannya bermula lewat dunia maya. Namun, sikap Muhammad Khairi yang membuatnya luluh dan yakin dengan sang kekasih. Mereka pun mulai berpacaran di bulan Juni 2022.

Tidak lama berselang, Kiky Saputri dilamar oleh Muhammad Khairi tepat di hari ulang tahunnya yang ke 29, yaitu tanggal 29 Oktober 2022. Tiga bulan kemudian, atau hari Sabtu, 28 Januari 2023, pernikahan Kiky Saputri dan Muhammad Khairi pun digelar di The Tribrata Dharmawangsa, Jakarta Selatan dengan mahar uang US$1 dan Rp 2,023 serta logam mulia seberat 28 gram. Mereka berdua pun baru saja pulang dari bulan madu mengelilingi benua Eropa, mulai dari Swiss, Italia, Perancis, hingga Belanda. Selamat berbahagia ya, Kiky!

Sumber Kekayaan Kiky Saputri

1. Komedian

Sebagai komika yang namanya sedang naik daun, rasanya wajar kalau Kiky Saputri mematok tarif tinggi untuk melakukan stand up komedi. Bahkan, dirinya disebut-sebut masuk ke dalam daftar komika dengan bayaran tertinggi di Indonesia, lho! Ia mengaku bisa mendapatkan sekitar Rp 25 juta rupiah untuk 10 menit tampil. Hal ini diungkapkan wanita berdarah Sunda ini saat diundang di podcast milik Maia Estianti. 

2. Talk Show

Selain sebagai komika, Kiky Saputri juga lihai sebagai pembawa acara. Tentunya, acara-acara yang dibawakannya tidak jauh dari bumbu-bumbu komedi yang dilontarkannya. Salah satu job talk show yang ia terima pertama kali yaitu sebagai co-host pada acara Susi Cek Ombak bersama Ibu Susi Pudjiastuti, mantan Menteri Kelautan RI 2014-2019. 

Pengalamannya ini pun membawa Kiky Saputri kepada tawaran lain, yaitu menjadi host sekaligus pemeran di acara sketsa komedi Lapor Pak bersama Andhika Pratama, Andre Taulany, Gilang Gombloh, Hesti Purwadinata, Wendi Cagur, dan Ayu Ting-Ting.

3. Film

Tidak sampai disitu saja, Kiky Saputri terus menjajal berbagai bakat terpendam lain yang ia miliki. Terbukti pada tahun 2019, ia mulai menyelami dunia seni peran. Kali ini, ia berperan menjadi Neti di film Imperfect: Karier, Cinta, & Timbangan. Film inilah yang semakin melambungkan namanya hingga saat ini. Berkat kemahirannya di dunia akting, ia kembali didapuk sebagai pemeran di miniseries dengan judul yang sama.

4. YouTube

Rupanya, Kiky Saputri tidak mau kalah dengan rekan-rekan sejawatnya yang terjun di dunia digital creator. Hal ini dibuktikannya dengan membuat kanal YouTube pribadi miliknya yang ia beri nama Kiky Saputri Official. Hingga saat ini, subscribers YouTube Kiky Saputri mencapai 551 ribu akun dengan total 87 unggahan video. Dengan angka tersebut, Kiky diprediksi mengantongi sekitar Rp 14,9 hingga 244 juta rupiah per bulannya. 

5. Endorsement

Tak hanya meraup belasan hingga ratusan juta dari YouTube, Kiky Saputri juga mempunyai sumber penghasilan lain, yaitu melalui endorsement Instagram. Diketahui, Instagram Kiky Saputri saat ini memiliki pengikut sekitar 2,1 juta akun. Belum jelas diketahui berapa tarif endorse Kiky Saputri untuk satu kali posting. Namun, angka tersebut diprediksi bisa mencapai jutaan higga puluhan juta rupiah.

Fakta Menarik Tentang Kiky Saputri

Sumber: Instagram/@kikysaputrii

1. Tulang Punggung Keluarga

Berbeda dengan kebanyakan public figure lainnya, Kiky Saputri lahir dari keluarga sederhana. Ayahnya pernah menjadi tukang ojek, sedangkan sang Ibu sempat berprofesi sebagai asisten rumah tangga (ART) untuk membantu perekonomian keluarga. Dengan pekerjaan tersebut, Kiky Saputri mengaku keluarganya seringkali dikucilkan oleh para tetangga. Namun akhirnya, nasib baik menemui Kiky. Berkat kesuksesannya di dunia komedian, Kiky Sapurti berhasil mengangkat harkat dan martabat keluarganya.  Salut!

2. Kiky Saputri: Queen of Roasting

Stand Up Komedian Kiky Saputri mengawali karir di dunia komedian berkat keaktifannya di sebuah komunitas bernama Stand Up Indo Jakarta Pusat sejak 2016. Kemudian, pada tahun 2018, ia mendaftarkan dirinya sebagai peserta kompetisi Stand Up Comedy Academy (SUCA) Musim Ke-4. 

Walaupun tidak keluar sebagai pemenang, ia berhasil mempertahankan eksistensinya di dunia hiburan tanah air. Bahkan saat ini, Kiky Saputri mendapat julukan Queen of Roasting akibat keisengannya nge-roasting pejabat-pejabat yang sedang menjadi perbincangan hangat. 

3. Pernah Menjadi Guru Honorer

Kiky Saputri merupakan alumni Universitas Negeri Jakarta yang mengambil bidang Pendidikan Bahasa Indonesia. Wajar saja bila setelah lulus kuliah, karir yang tergambar adalah menjadi seorang guru. 

Dan benar saja, sebelum menjalani kehidupan karirnya di dunia showbiz tanah air, Kiky Saputri pernah berprofesi menjadi guru honorer dengan bayaran Rp 600 ribu per bulan. Itu berarti, dirinya hanya mendapatkan gaji Rp 20 ribu per harinya. Perjalanan karir yang berliku banget ya, squad!

4. Sempat Gagal Nikah

Sabtu, 28 Januari 2023 menjadi hari paling bahagia untuk Kiky Saputri. Pasalnya, ia resmi dinikahi oleh pujaan hatinya, Muhammad Khairi. Namun siapa sangka, dibalik kebahagiaan tersebut. Kiky ternyata pernah mengalami masa-masa terpuruk di dalam hidupnya. 

Ia mengungkapkan pernah gagal menikah sebanyak 2x hingga membuatnya depresi dan ingin mengakhiri hidupnya. Selain itu, ia pun mengaku pernah berhubungan dengan seorang laki-laki yang ternyata diketahui merupakan penyuka sesama jenis. Wow!

5. Berteman Baik Dengan Putri Parto Patrio

Walaupun lahir dari keluarga dengan perekonomian yang kurang tak lantas membuat Kiky Saputri merasa minder. Ia memiliki sifat yang mudah bergaul, sehingga tidak heran kalau istri dari Muhammad Khairi ini punya banyak teman. Salah satu teman dekatnya sewaktu SD adalah putri dari komedian Parto Patrio bernama Riri. 

Karena hubungan persahabatannya ini, Kiky mengaku berkesempatan merasakan jadi orang kaya. Dirinya seringkali diajak bermain hingga berlibur bersama keluarga Parto. Bahkan, Kiky pernah didaftarkan les Bahasa Inggris secara gratis oleh Parto agar bisa menemani sang putri. Wah, keren ya!

Foto-foto Kiky Saputri

Sumber: Instagram/@kikysaputrii

Sumber: Instagram/@kikysaputrii

Sumber: Instagram/@kikysaputrii

Sumber: Instagram/@kikysaputrii


Demikianlah rangkuman singkat SelebSquad tentang Biodata Kiky Saputri, profil lengkap, perjalanan karir, hingga kisah cintanya, beserta fakta-fakta menarik tentang sumber penghasilan dan kehidupan komika kondang yang satu ini. Semoga kalian yang menjadi penggemar setia Kiky Saputri bisa mengenal lebih dekat dengan idola kalian ya. Selamat membaca!

 

Posting Komentar untuk "Biodata Kiky Saputri 'Queen of Roasting', Perjalanan Karir dan Asmara, Sumber Kekayaan, Fakta, Agama, dan Foto"