Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biodata Oki Setiana Dewi, Biografi, Profil Lengkap, Perjalanan Karir, Fakta, Agama, dan Foto

 Oki Setiana Dewi


Oki Setiana Dewi [sumber: Instagram/@okisetianadewi]

Biodata Oki Setiana Dewi - Oki Setiana Dewi atau yang akrab disapa ustadzah Oki Setiana Dewi ini adalah anak perempuan pertama pasangan Suliyanto (alm.) dan Yunifah Lismawati. Ia juga dikenal sebagai kakak dari Ria Ricis, seorang aktris dan YouTuber terkenal. Nama Oki Setiana Dewi mulai dikenal publik karena perannya menjadi Anna Althafunnisa di sequel film Ketika Cinta Bertasbih pada tahun 2009. 

Namun, jauh sebelum itu, Oki Setiana Dewi adalah seorang remaja biasa yang menjalani hari-harinya berkuliah di salah satu kampus terbaik di Indonesia, yaitu Universitas Indonesia (UI). Ia mengambil jurusan Sastra Belanda dan berhasil menjadi mahasiswa berprestasi selama mengemban pendidikan di kampus kuning tersebut. 

Disinilah, Oki Setiana Dewi juga aktif berorganisasi, terutama di bidang dakwah kampus. Ia tercatat menjadi pengurus dan/atau anggota di Forum Lembaga Dakwah Kampus Salam UI dan Lembaga Dakwah Fakultas Ilmu Budaya atau FORMASI FIB UI. Selain itu, ia juga diketahui aktif di Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) saat ia menjadi mahasiswi. 

Tidak hanya sampai disitu saja, Oki Setiana Dewi juga memiliki prestasi gemilang di bidang seni. Terbukti dengan dinobatkannya ia menjadi Mahasiswa Berprestasi Bidang Seni FIB UI. Kecintaannya terhadap dunia seni peran menjadi bekal ustadzah cantik satu ini untuk mengikuti audisi film Ketika Cinta Bertasbih di tahun 2008. 

Setelah selesai mengenyam pendidikan Strata 1 (S1), Oki Setiana Dewi memutuskan untuk memperdalam ilmu agamanya. Ia menjadi salah satu murid penghafal Qur'an di Rumah Qur'an Darut Tarbiyah Depok sebelum akhirnya hijrah ke Mekkah untuk mempelajari bahasa Arab di Universitas Umm Al Qura. Berkat bekal agama yang semakin matang, ia pun mulai merambah dunia dakwah yang hingga saat ini menjadi fokus utamanya. 

Disela-sela kesibukan dakwahnya, wanita cantik yang saat ini telah menjadi seorang Ibu ini menyempatkan diri untuk melanjutkan pendidikan tinggi. Ia mengambil pendidikan Starta 2 (S2) jurusan Pendidikan Anak Usia Dini di Universitas Negeri Jakarta (2012) dan Strata 3 (S3) jurusan Dakwah dan Komunikasi dalam Program Doktor Kajian Islam di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta (2016). 

Lebih kerennya lagi, selain di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ia berkesempatan berkuliah S3 di Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur'an Jakarta, lho! Berkat kecerdasannya ini, ia dianugerahi beasiswa untuk terbang ke Australia dan Jerman dalam rangka menuntut ilmu di bidang Kajian Islam. 

Bisa disimpulkan jika Oki tidak hanya berparas cantik dan santun, tetapi ia juga menjadikan ilmu sebagai ladang ibadah yang luas. Rupanya, pendidikan adalah salah satu hal paling penting di kehidupan ustadzah Oki Setiana Dewi ya, squad. Saat ini, Ustadzah Oki Setiana Dewi diketahui tercatat sebagai salah satu pimpinan Yayasan Maskanul Huffadz, Depok, sebuah pondok yang 

Untuk tahu lebih jauh tentang biografi ustadzah Oki Setiana Dewi, selebsquad sudah merangkum biodata Oki Setiana Dewi lengkap dengan berbagai kisah perjalanan hidup, keluarga, karir, hingga fakta-fakta menarik seputar ustadzah top satu ini. Yuk simak selengkapnya di bawah ini!

Biodata Oki Setiana Dewi

  • Nama: Oki Setiana Dewi
  • Nama Panggung: Ustadzah Oki Setiana Dewi
  • Tempat Lahir: Batam, Kepulauan Riau
  • Tanggal Lahir: 13 Januari 1989
  • Agama: Islam
  • Tinggi Badan: 165 cm
  • Berat Badan: -
  • Ayah Oki Setiana Dewi: Suliyanto (alm.)
  • Ibu Oki Setiana Dewi: Yunifah Lismawati
  • Adik Oki Setiana Dewi: Shindy Kurnia Putri Sastromartodjo, Ria Ricis
  • Suami Oki Setiana Dewi: Ory Vitrio
  • Anak Oki Setiana Dewi: Maryam Nusaibah Abdullah, Khadeejah Faatimah Abdullah, Ibrahim Muhammad Abdullah, Sulaiman Ali Abdullah
  • Hobi: Belajar, Menulis
  • Almamater: Universitas Indonesia (S1), Universitas Negeri Jakarta (S2, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta (S3), Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur'an Jakarta (S3)
  • Instagram Oki Setiana Dewi: @okisetianadewi
  • TikTok Oki Setiana Dewi: @okisetianadewi_official
  • YouTube Oki Setiana Dewi: @OSDokisetianadewi

Perjalanan Karir Oki Setiana Dewi


Oki Setiana Dewi [sumber: Instagram/@okisetianadewi]


Seperti yang telah kita ketahui, karir Oki Setiana Dewi di dunia entertainment dimulai dari perannya menjadi Anna Althafunnisa di film Ketika Cinta Bertasbih jilid 1 dan 2. Berkat apiknya peran Oki di dua film tersebut, ia berhasil menyabet dua penghargaan sebagai Aktris Pendatang Baru Terbaik dan Terfavorit yang diberikan oleh Indonesia Movie Awards (2010). 

Karirnya pun kian melejit dengan terlibatnya Oki di beberapa judul film lainnya, seperti Demi Cinta (2017), Sisterfillah the Movie (2021), dan Merindu Cahaya de Amstel (2022). Ia bahkan beberapa kali berkesempatan menjadi produser eksekutif di film 212: The Power of Love (2018), Hayya: The Power of Love 2 (2019), dan Hayya 2: Hope, Dream, & Reality (2022). Oki Setiana Dewi juga mengambil bagian di beberapa serial televisi ternama, seperti Dari Sujud Ke Sujud, TV Movie, dan Anak-Anak Manusia.  

Namun, pada rentang tahun-tahun tersebut, dirinya lebih senang menggeluti peran di dunia dakwah pertelevisian. Ia pernah tercatat aktif mengisi kajian-kajian Islam di televisi, baik menjadi presenter ataupun pendakwah. Beberapa acara dakwah yang pernah ia isi antara lain Islam Itu Indah, Cahaya Pagi, dan beberapa event tahunan Ramadahan dan sahur. 

Selain berkarir di dunia hiburan dan dakwah, Oki Setiana Dewi juga diketahui memiliki hobi menulis yang kemudian ia tuangkan ke dalam beberapa buku. Beberapa buku-buku Oki Setiana Dewi diantaranya adalah Melukis Pelangi (2011), Cahaya Di Atas Cahaya (2012), Sejuta Pelangi (2012), Hijab I'm In Love (2013), Dekapan Kematian (2014), Hidup Damai Di Negeri Multikultur (2017), dan Sebentang Kearifan Dari Barat (2018). 

Tidak hanya berhenti disitu saja, ustadzah multitalenta ini juga pernah menelurkan beberapa single bergenre religi di rentang tahun 2011 hingga 2015. Namun saat ini, dirinya lebih fokus berdakwah dan mengisi kajia-kajian islam off-air maupun on-air. Well, apa saja single religi Oki Setiana Dewi yang pernah hits pada masanya?
  • Sujud Ke Sujud (2011)
  • Kata Hati Bicara (2011)
  • Bidadari Surga (2012)
  • Hijab I'm In Love (2013)
  • Untukmu Imamku (2014)
  • Suara Syahdu (2015)

Keluarga & Anak Oki Setiana Dewi


Oki Setiana Dewi bersama keluarga
Oki Setiana Dewi bersama keluarga [sumber: Instagram/@okisetianadewi]

Berbicara tentang public figure rasanya kurang lengkap kalau kita tidak sedikit mengulik tentang keluarganya. Tidak terkecuali ustadzah Oki Setiana Dewi. Ia lahir dari pasangan Suliyanto (alm.) yang merupakan pria asal Brebes, Jawa Tengah dan Yunifah Lismawati, perempuan asal Palembang, Sumatera Selatan. Walaupun Oki lahir di Batam, Kepulauan Riau, asal kedua orang tuanya menjadikan ustadzah cantik ini memiliki darah Jawa-Sumatera.

Pada usia 25 tahun, Oki Setiana Dewi memutuskan menikah dengan Ovy Satrio pada tanggal 12 Januari 2014. Dari pernikahannya, mereka telah dikaruniai 4 orang anak, dua laki-laki (6 dan 3 tahun), dan dua perempuan (9 dan 7 tahun). Di usia pernikahan mereka yang menginjak 9 tahun, pasangan ini jarang diterpa gosip tak sedap. 

Namun demikian, tidak ada manusia di dunia ini yang bebas dari ujian atau cobaan. Di tahun 2021, Oki Setiana Dewi mengejutkan publik dengan kabar bahwa anak terakhirnya, Sulaiman Ali Abdullah, mengidap penyakit langka, yaitu Prader Willi Syndrome (PWS). Apa itu?

Sindrom Prader Willi merupakan salah satu kelainan genetik langka yang disebabkan karena adanya error pada satu atau lebih gen, tepatnya di kromosom 15. Belum ada penyebab pasti dari penyakit langka ini. Namun, dilansir dari MayoClinic, sindrom ini tidak diturunkan. Beberapa gejala yang dapat terlihat pada seseorang yang menderita Prader Willi Syndrome, antara lain:
  • Tidak merasakan kenyang
  • Otot-otot lemah
  • Memiliki bentuk wajah yang khas
  • Respon lambat
  • Genital yang tidak berkembang sempurna
Saat berkesempatan menghadiri acara Brownies TransTV, Oki menceritakan gejala yang dia alami saat sang anak masih di dalam kandungan. Dikutip dari pernyataannya, janin di dalam kandungannya tidak aktif bergerak akibat otot-otot yang lemah yang merupakan salah satu ciri-ciri dari Prader Willi Syndrome. Ketika bayinya lahir pun, ia tidak menangis. 

Akibatnya, Sulaiman pun harus berada dalam ruang observasi (NICU) selama dua minggu. Seiring berjalannya waktu, Sulaiman pun harus menjalani berbagai terapi, salah satunya berjalan agar otot-otot kakinya kuat untuk menumpu badannya. 

Karena cobaan yang ia dapatkan ini, Oki pun kerap menyampaikan awareness tentang sindrom ini kepada masyarakat melalui instagramnya dan juga di beberapa acara televisi. Ia juga menyampaikan bahwa dirinya bersyukur saat dokter menyatakan bahwa penderita Sindrom Prader Willi mempunyai kesempatan berumur panjang, yang mana berarti ia bisa berkesempatan mendampingi buah hatinya lebih lama.

Sumber Penghasilan Oki Setiana Dewi

Berprofesi sebagai aktris dan pendakwah membuat Oki Setiana Dewi memiliki berbagai sumber penghasilan yang bernilai tidak sedikit. Kira-kira apa saja ya sumber kekayaan ustadzah hits yang satu ini?

1. Syuting

Walaupun saat ini dirinya sudah tidak terlalu aktif bermain film dan serial televisi, Oki Setiana Dewi masih aktif mengisi acara-acara religi dan dakwah, seperti Islam Itu Indah dan Cahaya Pagi. Dari sinilah, salah satu pundi-pundinya berasal. Bahkan terdapat kabar burung yang menyatakan bahwa, budget untuk mengundang Oki Setiana Dewi untuk berceramah selama 1-2 jam ditaksir mencapai 10 juta rupiah. Wow!

2. Bisnis Minuman

Adik Oki Setiana Dewi, dr. Shindy Kurnia Putri dan Ria Ricis, menggandeng kakaknya untuk berbisnis minuman lemon yang mereka beri nama EC Lemon. Tentu saja, nama besar ketiganya tak ditampik berpengaruh terhadap penjualan produk ini, squad. 

3. Fashion Line

Menjadi seorang aktris dan public figure tentunya dituntut untuk berpenampilan rapi dan menarik. Hal ini pada akhirnya banyak menginspirasi banyak kalangan pelakon seni di dunia hiburan tanah air untuk membuka lini bisnis fashion yang sesuai dengan selera mereka. Tidak terkecuali ustadzah Oki Setiana Dewi. Diketahui, ia memiliki tiga brand yang memiliki target pasar yang berbeda. Brand-brand tersebut yaitu Share's Signature Scarf (hijab), OSD (baju-baju muslimah), dan Oki Setiana Dewi Bridal (baju pengantin).

4. YouTube

Oki Setiana Dewi memiliki beberapa akun sosial media, termasuk Instagram (20 juta pengikut), TikTok (1,8 juta pengikut), dan YouTube (2,81 juta pelanggan). Salah satu yang paling berkontribusi dalam penyumbang kekayaan terbesarnya yaitu YouTube. Penghasilan Oki dari kanal YouTubenya diprediksi mencapai 7 juta hingga 116 juta rupiah per bulan. Lumayan untuk tabungan tambahan ya, squad?

5. Endorsement

Mempunyai banyak pengikut di Instagram membuat Oki Setiana Dewi memiliki kesempatan untuk membuka endorsement. Beberapa sumber mengatakan bahwa tarif satu kali unggahan di Instagramnya mencapai 9 juta rupiah. Fantastis!

3 Fakta Menarik Tentang Oki Setiana Dewi

Berkecimpung di dunia hiburan dan dakwah tanah air sejak 2008 membuat kehidupan Oki Setiana Dewi menjadi konsumsi publik. Walaupun demikian, Ibu dari 4 orang anak ini bijak dalam memilih mana yang dibagikan dan mana yang menjadi ranah privasi. Kalau kamu adalah salah satu penggemar ustadzah Oki Setiana Dewi dan ingin mengenalnya lebih jauh, berikut SelebSquad sajikan beberapa fakta menarik seputar Oki Setiana Dewi:

1. Memiliki 3 Gelar Pendidikan

Walaupun dirinya disibukkan oleh berbagai aktivitas dakwah dan perannya menjadi seorang Ibu, Oki Setiana Dewi tidak lantas mengesampingkan pendidikannya. Hal ini terbukti dari keberhasilannya meraih gelar Doktor di usia 33 tahun. Ia menjalani sidang terbuka pada tanggal 1 November 2022 lalu dengan judul disertasi Pendidikan Moderasi Beragama dalam Keluarga berbasis Al-Qur'an. Dengan diraihnya gelar tersebut, Oki Setiana Dewi saat ini menyandang gelar lengkap Dr. Hj. Oki Setiana Dewi, S.Hum., MPd.

2. Menjalani 8 Pendidikan Non-Formal

Selain menuntut ilmu melalui jalur pendidikan formal, ustadzah Oki Setiana Dewi juga menjalani beberapa pendidikan non-formal yang semakin memperkaya kapasitas dirinya sebagai seorang pendakwah. Berikut adalah beberapa daftar lembaga pendidikan non-formal dimana ia pernah menuntut ilmu di dalamnya:
  • Rumah Tahfidz Al Quran Darut Tarbiyah Depok - Halafan Al Qur'an (2012)
  • Lembaga Bahasa Universitas Umm Al Qura, Makkah - Mustami Bahasa Arab (2012)
  • Beasiswa Muslim Exchange Indonesia - Australia oleh Australia Indonesia Institute (2017)
  • Beasiswa Study Trip Germany oleh Goethe Institute (2017)
  • Talaqqi Al Qur'an dengan Syaikh Mahmud Abdul Aziz Al Ads riwayat Hafs an Ashim, Syaikh Abdelrahman Munis Allataithy, riwayat Hafs An-Ashim, dan Syaikh DR Arif Whardani, riwayat Hafs An-Ashim di tahun 2019-2020

3. Menjadi Pendakwah Di Berbagai Negara

Bukan hanya di Indonesia, ustadzah Oki Setiana Dewi ternyata telah melalang buana menjadi pendakwah di berbagai negara. Dirinya tercacat pernah melalukan perjalanan dakwah ke beberapa negara tertangga, seperti Malaysia, Brunei Darussalam, dan Singapura. Hal ini dilakukannya setelah ia mendapatkan ilmu agama yang cukup dari berbagai pendidikan, baik formal maupun non-formal yang ia jalani sebelumnya.

Foto Oki Setiana Dewi







Demikianlah ulasan tentang ustadzah Oki Setiana Dewi yang berhasil SelebSquad rangkum. Semoga rangkuman ini bisa membuat kalian, penggemar ataupun jamaah yang kerap hadir di ceramah-ceramahnya, mengenal lebih dekat tentang aktris, penulis, dan pendakwah yang cantik dan santun satu ini. Selamat membaca!




Posting Komentar untuk "Biodata Oki Setiana Dewi, Biografi, Profil Lengkap, Perjalanan Karir, Fakta, Agama, dan Foto"