Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biodata Ria Ricis, Profil Lengkap, Perjalanan Karir, 1001 Fakta, Agama, dan Foto

Ria Ricis

Biodata Ria Ricis



Biodata Ria Ricis – Siapa yang tidak kenal Ria Ricis? Wanita yang mempunyai nama lahir Ria Yunita ini lahir di Batam, Kepulauan Riau pada tanggal 1 Juli 1995. Anak perempuan terakhir pasangan Suliyanto (alm.) dan Yunifah Lismawati ini mulai menempuh di Universitas Pancasila dengan jurusan Ilmu Komunikasi di tahun 2013 dan berhasil lulus di tahun 2020. 

Walaupun terkesan lebih lambat dari periode kelulusan seharusnya, hal ini dapat dipahami karena Ricis menjalankan kuliahnya sambil berkarir. Karir suksesnya bermula dari konten YouTube room tour yang diunggah pada tahun 2016 dan berhasil menarik perhatian dua juta orang untuk memutar videonya.

Setelah itu, konten-konten YouTubenya pun semakin popular. Salah satu yang paling terkenal adalah video-video saat bermain squishy, sejenis mainan anak-anak yang terbuat dari busa lembut. Melalui permainan yang ia rekam dan unggah ke kanal YouTube-nya tersebut, Ria Ricis menjadi YouTuber wanita dengan subscribers terbanyak di Asia Tenggara. Hingga tulisan ini diunggah, tercatat hampir 31 juta akun berlangganan ke kanal YouTube-nya.

Selain sebagai seorang YouTuber atak content creator, wanita berhijab ini juga dikenal sebagai influencer atau selebgram di platform Instagram yang berhasil membawanya meraih beberapa penghargaan, seperti Hijabers Selebgram 2K16 oleh Indonesian Sosial Media Awards. Lalu, setahun kemudian, ia berhasil menyabet penghargaan sebagai Selebgram Terfavorit tahun 2017 di acara Indonesian Kids Choice Awards yang diseleggarakan oleh Nickelodeon. 

Tidak hanya berhenti disitu saja, karir Ria Ricis semakin meroket di berbagai platform. Saat ini, ia tercatat memiliki pengikut TikTok terbanyak di Indonesia yaitu mencapai 32 juta akun. Wah, luar biasa ya?

Saat ini, Ricis sudah menjadi seorang istri dari Teuku Rushariandi atau yang biasa disebut Teuku Rian yang menikahinya sejak 12 November 2021 lalu. Setahun kemudian, tepatnya pada tanggal 26 Juli 2022, ia melahirkan seorang putri cantik yang diberi nama Cut Raifa Aramoana. 

Menjadi seorang wanita karir, ibu dan istri yang sukses menjadi prestasi yang luar biasa bagi Ria Ricis. Namun tentu saja, kesuksesan Ria Ricis tidak terlepas dari berbagai kontroversi. Salah satu yang baru-baru ini menjadi perbincangan hangat adalah keputusannya mengajak Baby Moana (sebutan untuk putri Ria Ricis) untuk bermain jetski. 

Banyak yang menyayangkan keputusan wanita berdarah Brebes-Palembang ini karena, diusianya yang menginjak 5 bulan, Baby Moana dianggap masih terlalu kecil untuk diajak beraktivitas di bawah terik matahari dan deburan air laut tanpa pengamanan yang baik. 

Namun demikian, ia dan sebagian yang mendukung keputusan mengajak anaknya mengikuti olah raga yang cukup ekstrim ini berpendapat bahwa hal tersebut bisa membantu Baby Moana tumbuh menjadi anak yang tangguh. Pada akhirnya, Ricis mengakui jika keputusan tersebut salah dan tidak patut ditiru. Bagaimana menurutmu, squad? 

Well, kalau kamu adalah penggemar Ria Ricis dan ingin tahu lebih lanjut tentang profil, fakta, dan biodata Ria Ricis, berikut kami rangkum detailnya di bawah ini. Check it out!

Biodata dan Profil Ria Ricis


Nama Asli  : Ria Yunita
Nama Populer  : Ria Ricis
Tempat Lahir  : Batam, Kepulauan Riau
Tanggal Lahir  : 1 Juli 1995
Umur : 28 Tahun
Kebangsaan : Indonesia.
Profesi : Aktris, YouTuber, Selebgram, Influencer
Tinggi Badan : 160 cm
Berat Badan : 43 kg
Hobi : Traveling (aktivitas luar ruangan)
Agama : Islam
Riwayat Pendidikan : Universitas Pancasila
Dikenal atas :
Hijabers Selebgram (2016)
Selebgram Favorite (2017)
Vlogger Tersilet (2019)
Konter Kreator Favorit (2021)
Pasangan Tersilet (2021)
Artis Paling Sosmed (2022)
YouTuber Wanita Subscriber Terbanyak Se-Asia Tenggara (31 juta subscribers)
Content Creator TikTok Followers Terbanyak Se-Indonesia (25 juta subscribers)

Agama Ria Ricis

Ria Yunita atau Ria Ricis adalah wanita beragama Islam yang lahir dari pasangan Bapak Suliyanto (alm.) dan Ibu Yunifah Lismawati. Kedua orang tuanya juga menganut keyakinan yang sama. Untuk menunjukkan identitasnya sebagai seorang Muslimah, Ria Ricis memutuskan memakai hijab di tahun 2013 saat ia sedang duduk di bangku kuliah. Awalnya, ia masih kerap melepas hijabnya saat beraktivitas di luar jam kuliah. Namun, seiring berjalannya waktu, Ricis memantapkan hatinya untuk berhijab seutuhnya karena ia ingin terlihat cantik dimata Tuhannya.

Keluarga Ria Ricis

Ria Ricis atau Ria Yunita merupakan anak perempuan terakhir dari tiga bersaudara. Bagaimana silsilah keluarga dari YouTuber ngetop ini? Simak infonya sebagai berikut:
  • Nama Ayah : Suliyanto
  • Nama Ibu : Yunifah Lismawati
  • Nama Kakak Pertama :  Oki Setiana Dewi
  • Nama Kakak Kedua : Shindy Kurnia Putri
  • Nama Suami : Teuku Rushariandi
  • Nama Anak : Cut Raifa Aramoana

Sosial Media Ria Ricis

Sebagai seorang konten creator, tidak heran jika Ria Ricis aktif di beberapa platform sosial media. Beberapa akun sosial media Ria Ricis yang bisa kamu ikuti antara lain:
YouTube : @RicisOfficial1795
Instagram : @riaricis1795
TikTok : @riaricis

Karya, Prestasi, dan Pencapaian Ria Ricis

Dikenal sebagai seorang YouTuber, selebgram, dan konten kreator, Ria Ricis ternyata mempunyai segudang prestasi dan karya-karya lainnya yang tidak kalah membanggakan. Apa saja ya kira-kira?

Buku

Selain menjadi konten kreator video-video bergenre komedi dan kehidupan sehari-harinya di kanal YouTube, TikTok, dan Instagram, ternyata Ria Ricis juga pernah menerbitkan beberapa buku-buku, diantaranya:

1. Judul : Ricis (Ria Cantik Manis)
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit : 2016

2. Judul : Saya Pamit
Penerbit : Loveable
Tahun Terbit : 2019

3. Judul : NEXT
Penerbit : Loveable
Tahun Terbit : 2020

4. Judul : Bukan Buku Nikah (BBN)
Penerbit : Loveable
Tahun Terbit : 2020

5. Judul : Maaf Untuk Papa
Penerbit : Loveable
Tahun Terbit : 2021

Film

Berprofesi sebagai aktris, Ria Ricis memulai kiprahnya di kancah perfilman tanah air di tahun 2017. Ia mengambil peran sebagai Icha di dua judul sekuel yaitu Mars Met Venus. Selain itu, Ricis juga pernah tampil di beberapa film popular, seperti Yowis Ben di tahun 2018 dimana ia berperan sebagai pembawa acara konser musik dan Target. Film terakhir yang dibintanginya baru-baru ini berjudul Hayya 2: Hope, Dream, & Reality. Di film ini, ia berperan sebagai dirinya sendiri. 

Web Series

Nggak hanya berhenti di film saja, Ricis menunjukkan bakat aktingnya lewat perannya di salah satu sekuel web series berjudul Setan Ngambek di tahun 2019. Series ini berlanjut setiap tahunnya dengan judul Setan Taubat (2020), Setan Taubat Balik Lagi (2021), dan Setan Glow Up (2022).

Single/Album

Seakan tidak ingin berhenti berkarya, Ria Ricis menelurkan sebuah album berjudul Assalamualaikum Temen-Temen (2019) dan beberapa single, seperti Sarangheyo (2018) dan Viral Lagi (2020). Ia juga membuat satu lagu bersama sang suami, Teuku Rian berjudul Janji Setia (2021). 

10 Fakta Menarik Tentang Ria Ricis

1. Bukan berdarah asli Batam

Meskipun lahir di Batam, Kepulauan Riau, faktanya Ria Ricis tidak memiliki keturunan ataupun darah Batam. Ibunya berasal dari Palembang, sedangkan Ayahnya berdarah Jawa, tepatnya Brebes. 

2. Seorang introvert

Walaupun di depan kamera Ricis terlihat sebagai seseorang yang supel, easy-going, dan ramah, nyatanya ia adalah seorang introvert. Hal ini diungkap oleh sang Kakak, Ustadzah Oki Setiana Dewi, yang berbincang dengan wartawan seputar sifat adiknya. Rupanya, saat di depan kamera, Ricis akan terlihat seperti orang yang gemar berbicara karena tuntutan pekerjaan. Saat kamera tersebut mati, Ricis akan kembali jadi seorang introvert yang berbicara seperlunya.

3. Hobi travelling dan berenang di laut

Tidak seperti kebanyakan wanita yang tidak suka berada di bawah terik matahari, Ricis justru menyukainya. Salah satu hobi wanita cantik ini adalah jalan-jalan ke pantai dan berenang di laut hingga kulitnya menggelap. 

4. Menikah dengan proses taaruf

Sebelum melamar Ria Ricis pada tanggal 23 September 2021 lalu, Teuku Ryan dan Ricis rupanya telah melakukan proses taaruf. Taaruf dilakukan untuk saling mengenal lebih dalam antara kedua calon dan keluarganya yang dipandu oleh kakak dari Ria Ricis, yaitu Ustadzah Oki Setiana Dewi. Keduanya mulai mengenal di awal tahun 2021 sebelum memutuskan taaruf di pertengahan tahun yang sama.

5. Pernah mendapat nilai nol saat sekolah

Dibandingkan dengan kedua kakaknya, Ricis memang tidak terlalu jago di dunia akademik. Ia mengaku pernah mendapatkan nilai 0 di sekolah. Namun, untuk mata pelajaran di bidang kesenian, dirinya mengaku selalu mendapat nilai bagus. 

Saat ini diketahui bahwa kakak Ricis, Shindy Kurnia Putri, merupakan seorang dokter lulusan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta. Ia juga memegang gelar Magister di bidang Hospital Administration. 

Sementara itu, Ustadzah Oki Setiana Dewi yang juga adalah seorang public figure baru saja mendapatkan gelar Doktor di bidang Pengkajian Islam Konsentrasi Komunikasi dan Dakwah di tahun 2020 dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta.

6. Ria Ricis adalah singkatan dari Ria Cantik Manis

Sebuah fakta menarik dari nama pilihan Ria Ricis yang saat ini menjadi nama panggungnya. Ternyata, wanita beranama asli Ria Yunita ini memilih nama Ria Ricis karena merupakan singkatan dari Ria Cantik Manis. Lucu juga, ya?

7. Tidak makan ikan

Siapa yang mengira bahwa Ria Ricis tidak suka makan ikan? Hal ini diungkapkannya saat ia sedang dihipnotis oleh Uya Kuya di kanal YouTube-nya pada tahun 2021 lalu. Ricis mengungkapkan bahwa ia ingin menjadi ikan. Bahkan saat ia meninggal nanti, ia ingin menjadi mermaid di surga. Oleh sebab itu, ia merasa tidak tega untuk memakan ikan karena ia menganggap ikan adalah temannya. Ada-ada saja!

8. Lulus kuliah 7 tahun

Seperi yang telah disampaikan sebelumnya, Ricis menempuh pendidikan strata 1 selama 7 tahun. Hal ini terjadi bukan tanpa alasan. Ibu dari Baby Moana ini mengungkapkan bahwa fokusnya harus dibagi antara karir dan pendidikan. But, it’s okay, Ricis! Paling tidak ia sudah berhasil lulus dan menyandang gelar sarjana Ilmu Komunikasi di tahun 2020 lalu.

9. Pendapatan ditaksir miliaran rupiah

Dengan angka subscribers yang fantastis, tidak heran kalau Ria Ricis memiliki pendapatan yang mencapai miliaran rupiah. Dilansir dari CNBC news, penghasilan YouTuber satu ini ada di rentang 259,20 hingga 4,15 miliar rupiah per bulan di tahun 2022. Wow!

10. Ingin memiliki 3 anak

Setelah melahirkan Baby Moana pada bulan Juli 2022 yang lalu, Ria Ricis mengungkapkan keinginannya untuk memiliki 3 anak bersama Teuku Rian. Ia juga menyebutkan harapan agar nantinya dikaruniai anak laki-laki setelah mendapatkan anak pertama seorang bayi perempuan cantik.

Foto-foto Ria Ricis



Ria Ricis dengan Baby Moana
Sumber: Instagram [@riaricis1795]

Ria Ricis
Sumber: Instagram [@riaricis1795]

Ria Ricis bersama suami dan anaknya
Sumber: Instagram [@riaricis1795]

Demikian ulasan tentang Biodata Ria Ricis oleh Selebsquad, profil lengkap, dan berbagai fakta menarik seputar YouTuber hits yang satu ini. Semoga dengan tulisan ini, kamu bisa mengenal lebih dekat tentang idola favoritmu ini ya! 






Posting Komentar untuk "Biodata Ria Ricis, Profil Lengkap, Perjalanan Karir, 1001 Fakta, Agama, dan Foto"