Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biodata Marion Jola, Penyanyi Berkulit Eksotis, Pacar Baru, Agama, Perjalanan Karier, Kisah Cinta, Fakta, dan Foto

 Marion Jola

Potret Marion Jola (Instagram/lalamarionmj)


Seleb Squad - Siapa yang tidak kenal dengan Marion Jola? Finalis ajang pencarian bakat Indonesian Idol 2017 ini terkenal dengan suara serak basah yang menjadi ciri khas dirinya. Marion Rambu Jola Pedi adalah anak sulung dari tiga bersaudara dan perempuan satu-satunya dari pasangan Ari Umbu dan Sherly N. Dauta Elim. Ia memiliki darah keturunan Rote dan Tionghoa dari sang Ibu. Baru-baru ini, ia diketahui memiliki kerabat dekat dengan Chef Arnold Purnomo.

Sejak remaja, Marion Jola telah menunjukkan kemandiriannya dan bakat seni yang mengalir dalam darahnya. Ia telah menjajal dunia modeling sejak masih duduk di bangku SMP. Ketika menginjak bangku SMA, Marion Jola menjadi selebgram lokal di Kupang, Nusa Tenggara Timur dan mendapatkan penghasilan dari endorsement lewat Instagram miliknya. Ia pun pernah meminta sang Ayah untuk mengelola kos milik orang tuanya untuk mendapatkan uang jajan tambahan.

Lantas, bagaimana kisah Marion Jola menjadi seorang penyanyi profesional? Simak biodata Marion Jola, perjalanan karir, kisah cinta, fakta, hingga foto miliknya berikut ini.

Biodata Marion Jola

  • Nama: Marion Rambu Jola Pedi
  • Nama Panggung: Marion Jola
  • Tempat Lahir: Kupang, Nusa Tenggara Timur
  • Tanggal Lahir: 12 Juni 2000
  • Umur: 23 Tahun
  • Agama: Kristen
  • Suku: Rote, Tionghoa
  • Tinggi Badan: 163 cm
  • Berat Badan: N/A
  • Ayah Marion Jola: Ari Umbu
  • Ibu Marion Jola: Sherly N. Dauta Elim
  • Saudara Marion Jola: Samuel, Daniel
  • Hobi: Menyanyi, Nonton Drama Korea
  • Instrumen: Vokal
  • Genre: Pop, RnB
  • Pekerjaan: Penyanyi, Penulis Lagu
  • Tahun Aktif: 2018 - sekarang
  • Pendidikan: SMA Kristen Mercusuar Kupang, Nusa Tenggara Timur
  • Instagram: @lalamarionmj
  • TikTok: @marionjola
  • YouTube: @MarionJolaVEVO

Perjalanan Karier

Marion Jola saat menyanyi diatas panggung (Instagram/lalamarionmj)

Tidak dipungkiri, pencarian bakat Indonesian Idol 2017 melambungkan nama Marion Jola sebagai penyanyi muda berbakat. Namun, jauh sebelum ia terkenal seperti saat ini, Marion Jola ternyata sudah menjadi selebgram lokal di Kupang, Nusa Tenggara Timur, lho! Ia diketahui memiliki 20 ribu followers di akun Instagramnya dan kerap menerima endorsement, walaupun bayarannya seringkali hanya bertukar barang yang akan dipromosikan oleh Lala. Tidak hanya itu saja, Marion Jola juga telah menggeluti dunia modeling sejak masih duduk di bangku SMP. Lantas bagaimana dirinya bisa berakhir menjadi finalis Indonesian Idol 2017?

Semuanya bermula pada tahun 2017, dimana Marion Jola mendaftarkan diri pada ajang pencarian bakat Indonesian Idol musim ke-9 yang diadakan di Kupang, NTT. Ia membawakan lagu dari Bruno Mars berjudul "That's What I Like" yang kemudian berhasil memberikannya tiket ke panggung Jakarta untuk audisi selanjutnya. Di Jakarta, Lala kembali menyanyikan lagu tersebut di hadapan dewan juri dan lagu dari HIVI! berjudul "Siapkah Kau Tuk Jatuh Cinta Lagi". Berkat suara manjanya yang khas dan kepiawaiannya membawakan lagu, ia pun pulang dengan golden tiket di tangannya. Lala pun berkesempatan untuk mengikuti karantina hingga menjadi finalis 6 besar di ajang pencarian bakat tersebut sebelum akhirnya tereliminasi pada 12 Maret 2018. 

Pasca tahap eliminasi, Marion Jola merilis debut lagunya berjudul "Jangan" dengan genre pop dan RnB yang ia bawakan bersama penyanyi Rayi Putra. Single tersebut juga didapuk sebagai lagu tema utama film garapan sutradara Teddy Soeriaatmadja, berjudul "Menunggu Pagi". Tidak hanya sampai disini saja, single "Jangan" juga berhasil memberi Marion Jola piala penghargaan pertamanya di kategori "Pendatang Baru Terbaik" dari Anugerah Musik Indonesia 2018 dan penghargaan internasional dari Mnet Asian Music Awards 2018 di kategori "Best New Asian Artist Indonesia".

Seakan tidak mau berpuas diri, Marion Jola meluncurkan album perdananya dengan genre pop dan RnB yang bertajuk "Marion". Album tersebut dikemas dalam bentuk CD dan streaming di seluruh platform digital, seperti Spotify dan iTunes. Tidak butuh waktu lama, lagu-lagu Marion Jola dalam album tersebut berhasil menaiki tangga lagu Billboard Indonesia Top 100. Ia juga bekerjasama dengan KFC untuk penjualan album fisiknya. Dua minggu setelah album dirilis, CD tersebut berhasil terjual sebanyak 100 ribu keping melalui KFC. Dan setelah satu setengah tahun berselang, penjualan CD "Marion" tembus 500 ribu keping dan 230 juta streaming di semua platform.

Dua tahun berselang, Marion Jola menjajal dunia seni peran dalam debutnya dalam web series persembahan Blibli berjudul "Cerita tentang Menyudahi" yang telah ditayangkan 9 Maret 2021 di YouTube. Namun, setelah kerjasama ini usai, Marion Jola mengaku belum tertarik untuk mendalami bakatnya di dunia akting. Ia mengaku ingin menggapai banyak mimpinya sebagai seorang penyanyi. Saat ini, Marion Jola tengah mencoba untuk menjadi seorang penyanyi sekaligus penyanyi lagu. Mulanya, ia lebih suka untuk menyanyikan lagu ciptaan musisi lain. Namun, pandemi COVID19 membuatnya tertantang untuk membuat lagu sendiri karena keterbatasan ruang gerak. Ia pun mewujudkan hal tersebut dengan merilis karya pertamanya berjudul "Overthinking" dan "Bukan Manusia" yang dirilis pada tahun 2022 dan 2023.


Kisah Cinta Marion Jola

Perjalanan cinta Marion Jola tidak banyak diketahui oleh publik sebelum akhirnya ia memutuskan untuk membagikan kisah asmaranya dengan Julian Jacob, seorang pria muda yang juga berprofesi menjadi seorang penyanyi. Mereka sempat merajut kasih selama kurang lebih satu tahun dan memilih untuk berpisah. Saat ini, Marion Jola diketahui sedang berpacaran dengan salah satu kru MJ Squad, bernama Dennis Talakua. Bagaimana kisah selengkapnya? Simak kisah cinta Marion Jola berikut ini.

Sempat menjalin kasih dengan Julian Jacob


Marion Jola saat masih berpacaran dengan Julian Jacob (Pinterest/dailyasia)

Sebelum melabuhkan hatinya pada Dennia Talakua, Marion Jola pernah menjalin kasih dengan penyanyi Julian Jacob. Perkenalan keduanya bermula saat Lala masih menjadi finalis Indonesian Idol 2017 untuk memperebutkan juara. Kala itu, Julian mengirimkan pesan di direct message Instagram Lala untuk memberikan semangat. 

Pengakuan tersebut disampaikan Julian Jacob saat menjadi bintang tamu acara Morning Show yang ditayangkan di Trans7. "Jadi tadinya gue DM dia. Terus kayak bilang 'semangat ya' gitu", ujarnya. Lalu, Marion Jola pun membalas pesan tersebut dan mengakui bahwa dirinya adalah fans Julian Jacob yang saat itu sudah merintis karir sebagi penyanyi. Julian pun, setelah itu, kerap kali mengirim pesan semangat pada Lala yang memang kala itu tengah diterpa isu video asusila yang mirip dirinya. 

Namun, pada akhirnya terkonfirmasi bahwa pemeran wanita dalam video itu bukanlah Marion Jola. Saat ditanya oleh pembawa acara mengapa Julian Jacob memilih untuk mengirim pesan kepada Marion Jola dibandingkan dengan kontestan Indonesian Idol 2017 lainnya, Julian mengungkapkan bahwa Lala memiliki suara dan karakter yang menarik perhatiannya.

Perkenalan Julian Jacob dan Marion Jola di DM pun berlanjut menjadi jalinan pertemanan. Karena berkecimpung di dunia yang sama, mereka berdua saling mendukung satu sama lain untuk melanjutkan karir masing-masing. Saat itu, Julian diketahui masih berpacaran dengan seseorang. Lalu, beberapa waktu berlalu, jalinan asmara Julian dan sang kekasih putus di tengah jalan. 

Sebulan melajang, Julian Jacob pun dekat dengan Marion Jola. Ketika ditanya bagaimana awal mula kedekatan tersebut, Julian tidak bisa memberikan jawaban pasti karena hubungan tersebut seakan mengalir begitu saja. Hanya saja, ia dan Marion Jola pernah beberapa kali hangout bersama sebelum akhirnya memutuskan pacaran di awal tahun 2019. Sayangnya, hubungan mereka pun akhirnya berakhir pada tahun 2020. Kabar tersebut diketahui dari Marion Jola yang mengaku sudah berpisah dari Julian Jacob. 

Beberapa bulan kemudian, santer terdengar berita tentang kedekatan Julian Jacob dengan Brisia Jodie yang juga merupakan jebolan ajang pencarian bakat Indonesian Idol 2017. Warganet pun banyak yang berspekulasi bahwa Jodie telah menjadi orang ketiga dalam hubungan Julian dan Lala saat keduanya masih berpacaran. Tidak hanya Jodie saja yang menjadi sasaran netizen, Julian Jacob pun tak luput dari komentar-komentar miring seputar hubungannya dengan Brisia Jodie. 

Akhirnya, Julian membalas satu komentar netizen yang menganggap dirinya seorang pria yang doyan gonta ganti pasangan. "Gapernah pacaran atau gimana? Terus saya mau nanya nih, kalo kamu diselingkuhi terus kamu mau pertahanin hubungannya gak? Coba dijawab aku tunggu" tulisnya pada komentar tersebut. Sontak saja, respon Julian tersebut menimbulkan asumsi bahwa hubungan Marion Jola dan Julian Jacob kandas karena hadirnya orang ketiga. Namun, hingga saat ini, kabar tersebut belum terkonfirmasi kebenarannya.

Pacaran dengan gitaris MJ Squad


Marion Jola dengan pacarnya, Dennis Talakua (Instagram/lalamarionmj)

Setelah putus dari Julian Jacob, Marion Jola kembali menemukan tambatan hati yang baru. Berbeda dari sebelumnya, kali ini Marion Jola seakan tidak mau mengumbar cerita cintanya kepada khalayak. Namun, sekitar bulan Februari 2021, kedekatan Marion Jola dengan Dennis Talakua mulai terendus media. Lala pun akhirnya mempublikasikan hubungannya lewat Instagram pribadi miliknya. Sayangnya, tidak ada yang mengetahui kapan tepatnya dua sejoli ini menjalin asmara. 

Dennis Talakua sendiri diketahui adalah seorang musisi dan komposer yang juga merupakan gitaris dari MJ Squad. Ia menjadi gitaris pengiring Marion Jola setiap penyanyi berkulit eksotis ini sedang manggung. Karena intensitas pertemuan yang tinggi inilah, banyak warganet berspekulasi bahwa kedekatan bermula karena banyaknya waktu yang dihabiskan berdua. Meskipun keduanya terpaut usia yang cukup jauh, yaitu 15 tahun, hal tersebut sama sekali tidak mengusik romansa yang telah mereka bangun berdua. Hingga saat ini, Marion Jola masih berpacaran dengan Dennis Talakua. Semoga hubungan keduanya langgeng ya, squad!

Fakta Seputar Marion Jola



1. Mengecam Richard Theodore karena singgung NTT

Beberapa waktu lalu, jagat sosial media, terutama TikTok tengah dihebohkan dengan video kontroversial yang diunggah oleh salah satu content creator bernama Richard Theodore. Singkat cerita, Richard Theodore secara tidak sengaja meninggalkan telefon seluler miliknya di sebuah warung sebelum ia naik kapal. Setelah dirinya naik ke kapal, pria tersebut baru menyadari bahwa ponselnya tertinggal di warung tersebut. 

Akhirnya, ia pun terpaksa kembali ke warung itu untuk mengambil barang miliknya. Richard Theodore pun juga mengambil kesempatan tersebut untuk melakukan tes kejujuran pada pemilik warung yang merupakan orang asli Nusa Tenggara Timur (NTT). Ia juga sempat melontarkan kata-kata yang mengundang banyak komentar dari warganet, "Kalau nggak jujur, kita gebukin", ujar pria yang juga pengusaha di bidang kuliner tersebut. "Kita lihat ya, orang NTT jujur apa enggak", lanjutnya.

Setelah turun dari kapal, Richard Theodore pun berlari ke warung tersebut dan menanyakan ponselnya yang diduga tertinggal di area warung. Ia pun mengambil ponselnya yang ternyata disimpan oleh bapak pemilik warung tersebut. Namun, Rich, sapaan akrabnya, seperti sedikit menginterogasi bapak tersebut. "Kenapa tidak panggil kami?", tanya Rich. 

Walaupun demikian, Rich memberikan sejumlah imbalan kepada bapak pemilik warung dan menyebutnya sebagai orang yang jujur. Sayangnya, Rich memberikan komentar yang menjadi buah bibir netizen di akhir videonya. Menurutnya, bapak tersebut tidak 100 persen jujur. "Kalau dia benar-benar baik, tulus dalam hati, dipanggil, 'Mas mas, handphonenya ketinggalan'", pungkasnya. 

Ungkapan Rich tersebut yang membuat banyak warganet geram, terutama mereka yang asli NTT, seperti Marion Jola. Banyak yang menyayangkan sikap Rich yang dianggap kurang bersyukur karena bapak pemilik warung tersebut telah menyimpankan ponselnya. Marion Jola pun juga tergelitik untuk berkomentar terkait kasus ini. 

Penyanyi asal Kupang NTT ini bahkan mengecam tindakan tersebut sambil memberikan ancaman, yang juga adalah candaan sarkas, pada Rich bahwa dirinya akan mengirim suanggi. Perlu diketahui, suanggi adalah sejenis ilmu hitam seperti santet yang dikirimkan untuk memberikan kesulitan bagi hidup orang lain. Selain itu, Marion Jola pun meminta Rich untuk meminta maaf pada bapak pemilik warung tersebut.

2. Disebut Awkarin versi Kupang

Jauh sebelum dirinya dikenal sebagai penyanyi top Indonesia, Marion Jola mengaku pernah mendapat julukan Awkarin Kupang. Sebutan tersebut disematkan karena Lala, panggilan akrabnya, sudah punya pengikut Instagram sekitar 20,000 pengguna. Ia pun kerap menerima endorsement berbagai produk, walaupun bayarannya sering kali hanya berupa barter barang. Walaupun penghasilannya dulu tidak seberapa, Lala tetap bangga karena saat itu dirinya menjadi pionir content creator di Kupang dan sudah mencoba mencari uang tambahan sejak di bangku SMA. 

Selain menjadi seorang content creator, Lala juga kerap ditawari menjadi seorang model photoshoot karena parasnya yang manis. Namun, menurutnya, ia tidak pernah mendapat kesempatan untuk menjadi model catwalk karena tinggi badan yang kurang. Ditengah prestasinya tersebut, ia ternyata juga punya sisi lain sebelum terkenal sebagai penyanyi. Marion Jola dulunya sering viral karena bertengkar dengan kakak kelasnya di SMA. "Dulu problematic. Banyak musuhnya di Kupang", ujar wanita 23 tahun ini. "(pernah) Dilabrak sama kakak kelas, di live-in (di Instagram), karena ada something jadi viral", imbuhnya.  

3. Bersaudara jauh dengan Chef Arnold

Sekitar awal tahun 2022, publik dibuat heboh dengan pengakuan Marion Jola yang masih mempunyai hubungan keluarga dengan Chef Arnold. Mulanya, Marion Jola bermain game saat diundang di kanal YouTube Creativox. Dalam game tersebut, Lala diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan populer tentang dirinya di Google. Salah satu dari pertanyaan tersebut adalah apakah Marion Jola bersaudara dengan Chef Arnold. "Iya (bersaudara dengan Chef Arnold. Jangan bingung," kata Marion Jola sebelum lanjut menjelaskan silsilah keluarganya. 

Penyanyi 23 tahun ini pun menerangkan bahwa darah tionghoa yang mengalir pada dirinya diturunkan dari sang Ibu. "Jadi ceritanya, nyokap gue orang NTT, ada darah Rote-nya campur Chinese. Nyokap gue orang Tionghoa," ujar dara manis ini. Ia pun mengaku baru mengetahu kalau dirinya bersaudara dengan Chef Arnold saat ia diminta menemani sang Nenek (Oma) untuk menghadiri sebuah acara sebagai perwakilan keluarga. "Baru sampai hotel, Oma aku bilang 'Ce ce, ini ketemu sama khiu khiu, Om', ada Chef Arnold disitu", sambungnya. Sontak, Lala dan Chef Arnold pun kaget mengetahui fakta bahwa mereka adalah saudara dari silsilah yang dekat. 

4. Menunda kuliah demi karier

Menjadi penyanyi muda yang sedang berada di puncak karir, Marion Jola akhirnya memutuskan untuk menunda kuliahnya. Selain karena kesibukannya yang semakin padat, Lala mengaku ia kurang persiapan untuk tes masuk perkuliahan. 

Dikutip dari salah satu wawancaranya pada tahun 2018, wanita berkulit sawong matang ini menuturkan bahwa proses karantina Indonesia Idol 2017 memakan banyak waktunya, sehingga ia tidak memiliki persiapan yang matang. Persiapan ini sangat penting mengingat dirinya ingin mengambil jurusan hukum atau kedokteran gigi yang notabenenya memiliki banyak pesaing dan ujiannya cukup sulit. 


Foto-foto Marion Jola

Sumber: Instagram/lalamarionmj

Sumber: Instagram/lalamarionmj

Sumber: Instagram/lalamarionmj

Sumber: Instagram/lalamarionmj


Demikian ulasan Seleb Squad tentang penyanyi cantik bersuara emas, Marion Jola. Bagi kamu para penggemar Marion Jola, jangan lupa tinggalkan kesan dan pesan tentang idolamu di kolom komentar di bawah ini ya! Selamat membaca!

Posting Komentar untuk "Biodata Marion Jola, Penyanyi Berkulit Eksotis, Pacar Baru, Agama, Perjalanan Karier, Kisah Cinta, Fakta, dan Foto"