Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biodata Dikta Wicaksono, Mantan Personil Yovie and Nuno, Agama, Perjalanan Karier, Kisah Asmara dan Fakta Menarik Tentangnya

                             Dikta Wicaksono

Potret Dikta Wicaksono (Sumber: Instagram.com/dikta)



Selebsquad - Siapa yang tidak kenal Dikta? Solois tampan mantan vokalis Yovie and Nuno ini sangat populer di kalangan anak muda khususnya kaum hawa. Suaranya yang merdu sangatlah cocok untuk membawakan lagu galau khas Yovie and Nuno. Keluar dari band yang telah membesarkan namanya ini apa kegiatan Dikta sekarang? Simak pembahasan mengenai perjalanan hidup dan karir Dikta dalam pembahasan Selebsquad berikut ini.


Dicky Sulaksono Ayah Dikta
Dikta bersama sang Ayah (Sumber: Instagram.com/dikta)

Dikta lahir dengan nama Pradikta Wicaksono. Ia lahir di Jakarta, 10 Januari tahun 1986. Dikta merupakan anak kedua dari tiga bersaudara. Kakaknya bernama Jasmoro Wahyu Diati dan adiknya bernama Salsabila Kintan. Bakat musik dimiliki Dikta karena turunan sang ayah yakni Dicky Sulaksono yang merupakan musisi senior dan seorang bassist dari band bernama RASELA. Ayah Dikta sudah meninggal sejak November 2016. Ibu kandung Dikta bernama Endang Pratiwi, baru-baru ini pergi liburan bersama Dikta.  Dikta juga diketahui memiliki Ibu sambung bernama Intan Helena yang telah meninggal pada Maret 2022 lalu karena COVID-19.

Ibu Sambung Dikta Meniggal karena Covid-19
Dikta bersama Sudari dan Ibu sambungnya (Sumber: Instagram.com/dikta)


Biodata Dikta

  • Nama Lengkap: Pradikta Wicaksono
  • Nama Panggilan: Dikta
  • Tempat Lahir: Jakarta
  • Tanggal Lahir: 10 Januari 1986
  • Usia: 37 Tahun
  • Zodiak: Capricorn
  • Agama Dikta: Islam
  • Pekerjaan: Penyanyi, Aktor
  • Hobi: Freediving
  • Nama Ayah Kandung: Dicky Sulaksono (Alm.)
  • Nama Ibu Kandung: Endang Pratiwi
  • Nama Ibu Sambung: Intan Helena (Alm.)
  • Nama Kakak: Jasmoro Wahyu Diati
  • Nama Adik: Salsabila Kintan
  • Instagram: @dikta
  • Twitter: @diktaaaaa

 

Endang Pratiwi Ibu Kandung Dikta
Ibu Kandung Dikta Wicaksono (Sumber: Instagram.com/dikta)

Perjalanan Awal Karier Dikta

Sebelum memulai karier di dunia musik, Dikta Wicaksono pernah berkarier sebagai model. Ia sempat mengikuti beberapa ajang pemilihan model seperti Yamaha Extream Force dan pemilihan model untuk majalah pria dewasa.

Karier model Dikta semakin menanjak setelah menjadi model untuk beberapa brand ternama seperti Levi's, Adidas, dan Honda. Ia juga pernah menjadi model dalam beberapa event fashion seperti Jakarta Fashion Week dan Indonesia Fashion Week.

Namun, meskipun sukses di dunia model, Dikta memutuskan untuk fokus di dunia musik dan akting. Ia mengaku bahwa dunia model memang menjanjikan, namun dirinya merasa lebih berbakat dan berminat di bidang musik dan akting.

Karier Dikta di dunia Musik

Sejak kecil Dikta memiliki ketertarikan di bidang musik karena pengaruh ayahnya. Meski sempat tidak disetujui oleh ayahnya karena takut Dikta terjerumus Narkoba. Namun Dikta berhasil melawan stigma itu lalu benar-benar serius di dunia musik. Dikta kemudian mulai menekuni bidang ini melalui Dikta project dimana Ia menjadi gitaris sekaligus vokalis. Pada tahun 2007 Ia pun bergabung dengan Yovie and Nuno yang ditinggalkan personel terdahulunya yakn Gail, Ersta dan Rere. Melalui audisi yang diadakan, Dikta berhasil bergabung dengan Band yang bisa dikatakan sukses ini.  Bersama Yovie and Nuno, Dikta semakin bersinar. Banyak lagu milik bandnya ini menjadi soundtrack dari FTV sehingga menjadi sangat populer di telinga masyarakat Indonesia. Selain Yovie and Nuno dan Dikta Project, ternyata Dikta juga merupakan vokalis dari Greytown Brothers yang beraliran blues.


Dikta Keluar dari Yovie and Nuno
Dikta bersama Yovie and Nuno (Sumber: Instagram.com/dikta)

Pada tahun 2022 Dikta memutuskan mundur dari Yovie and Nuno setelah 15 tahun bersama. Keputusan itu diambil setelah pertimbangan yang cukup matang dan tentunya setelah berdiskusi dengan anggota lain. Kini Dikta dengan Greytown Brothers dan Dikta Project. Melalui Instagram Greytown Brothers, mereka sempat berkolaborasi dengan Gugun Blues Shelter dan juga drummer Ray Prasetya. Sedangkan Dikta Project baru saja mengeluarkan Extended Play dengan single utamanya “Harusnya Bersama”.

Saat ini, Dikta didaulat menjadi salah satu juri di ajang pencarian bakat bernyanyi Indonesian Idol musim ke 12. Sebuah loncatan baru di tengah kariernya sebagai seorang penyanyi. Hal ini juga merupakan angina segar bagi para pecinta Indonesian Idol

 Album Dikta bersama Yovie and Nuno

  • The Special One (2007)
  • Winning Eleven (2010)
  • Still The One (2014)

 Album Dikta bersama Dikta Project

  • Sendiri (EP) (2022)

 Karier Dikta di Dunia Akting

Lama menekun bidang musik, Dikta akhirnya terjun ke dunia akting pada tahun 2015. Ia bermain dalam sebuah sinetron musikal berjudul Stereo bersama Vidi Aldiano, Angel Pieters dan Sheila Dara Aisha. Debut Dikta di bidang akting ini dapat dikatakan sukses. Stero berhasil tayang hingga season 2. Peran Dikta sebagai Vigo berhasil menjadi lompatan baginya mendapatkan peran-peran lain di film maupun webseries.

Daftar Sinetron yang dibintangi Dikta

  • Stereo (2015-2016) : berperan sebagai Vigo
  • Cinta dan Rahasia (2017) : berperan sebagai Rizky Langit Wibawa

Setahun setelah Stereo rilis, Dikta debut di film pertamanya yang berjudul Romansa: Gending Cinta di Tanah Turki. Hingga saat ini Dikta telah bermain dalam 5 film, dua diantaranya belum tayang. Dikabarkan filmnya yang belum tayang ini berjudul Dealova 2 yang merupakan sekuel dari film Dealova yang sangat fenomenal pada masanya.

Daftar Film yang dibintangi Dikta

  • Romansa: Gending Cinta di Tanah Turki (2016) : berperan sebagai Timmy
  • Love of Fate (2021): berperan sebagai Arjuna
  • Vidkill (2021) : berperan sebagai Theo
  • Cukup Sekian dan Terima Kasih (2021) : berperan sebagai Aryo
  • Dealova 2 (TBA) : berperan sebagai Abi
  • Kata (TBA) : berperan sebagai Biru

 FTV yang pernah dibintangi Dikta:

  • Balada Kue Keranjang (2018) : berperan sebagai Delon

Berperan di webseris juga dijalani oleh Dikta. Ia  telah membintangi 6 webseries. Yang terbaru berjudu; Indonesia Bener yang tayang tahun 2022. Ia berperan sebagai Alex. 

Berikut ini adalah daftarwebseries yang diperankan Dikta:

  • Kenapa Belum Nikah? (2018) : berperan sebagai Dimas
  • Di Balik Kubikal (2018) : berperan sebagai Ben
  • Spring to Summer (2019) : berperan sebagai Galang
  • Jornal of Terror: Afterlife (2019) : berperan sebagai Prana/ Prapta
  • Jejak Rasa Sasa (2020) : berperan sebagai Dikta
  • Indonesia Biner (2022) : berperan sebagai Alex

 

Kisah Cinta Dikta dan Wanita yang Dikabarkan Dekat Dengannya

Kisah cinta Dikta merupakan sesuatu yang sangat menarik jika dibicarakan. Dikta yang notabene banyak memiliki banyak fans wanita ternyata banyak juga fans yang menjadi shipper (suka menjodoh-jodohkan). Berikut ini adalah daftar wanita yang pernah diberitakan dekat dengan Dikta termasuk yang dijodohkan oleh fans

Sarah Gadrie

Sarah Gadrie adalah seorang dokter gigi yang juga dikenal sebagai selebgram di media sosial. Ia pernah dikabarkan dekat dengan Pradikta Wicaksono, yang lebih dikenal dengan nama Dikta, seorang penyanyi dan musisi Indonesia. Keduanya diketahui telah menjalin hubungan cukup lama sebelum akhirnya berpisah.

Selain menjadi kekasih Dikta, Sarah juga dikenal dekat dengan sejumlah artis Indonesia. Salah satunya adalah Vidi Aldiano, seorang penyanyi dan aktor yang juga merupakan teman baik Sarah. Ia sering terlihat mengunggah foto bersama Vidi dan artis-artis lain di akun media sosialnya.

Setelah hubungannya dengan Dikta berakhir, Sarah sempat mengambil waktu untuk fokus pada karirnya sebagai dokter gigi. Ia aktif di media sosial dan sering membagikan konten mengenai kesehatan gigi dan mulut kepada pengikutnya. Saat ini, Sarah telah menikah dan menjalani kehidupan pribadi yang lebih tertutup.

Renatta Moeloek

Dikta juga pernah diketahui pernah menjalin hubungan asmara dengan Renatta Moeloek, seorang juri di acara televisi MasterChef Indonesia. Hubungan ini sempat menjadi sorotan publik dan menuai beragam komentar karena dianggap sangat berbeda dengan gaya pacaran Dikta sebelumnya.

Dalam hubungan tersebut, Dikta dan Renatta kerap terlihat mesra dan sering memamerkan kebersamaan mereka di media sosial, termasuk foto-foto liburan bersama. Namun, pada tahun 2019, hubungan mereka akhirnya kandas dan keduanya memutuskan untuk berpisah.

Setelah putus dari Dikta, Renatta Moeloek telah move on dan kini menjalin hubungan dengan Antoine Fantino, seorang bule yang juga bekerja di bidang kuliner. Meski demikian, Renatta tetap fokus pada kariernya sebagai chef dan juri di acara MasterChef Indonesia, serta terus aktif berbagi resep dan tips masak dengan pengikutnya di media sosial.

Enzy Storia

Setelah berpisah dari Renatta Moeloek, Dikta Wicaksono sempat dikabarkan dekat dengan Enzy Storia, seorang aktris dan presenter terkenal di Indonesia. Kabar tersebut muncul setelah Dikta dan Enzy tampil mesra dan bergandengan tangan saat Dikta menyanyikan lagu cinta dalam sebuah pertunjukan pada Oktober 2019. Teman-teman keduanya pun ramai menggoda di media sosial.

Namun, hubungan antara Dikta dan Enzy Storia tidak berlanjut serius dan hanya terjadi dalam waktu singkat. Enzy hanyalah satu dari beberapa wanita yang pernah dikabarkan dekat dengan Dikta sebelumnya. 

Lania Fira

Aktris cantik Lania Fira sempat menjadi sorotan publik karena dikabarkan akan menikah dengan Dikta, vokalis dari grup musik Yovie & Nuno. Gosip ini muncul setelah tersebar video yang memperlihatkan kedekatan keduanya saat melewatkan malam tahun baru bersama.

Namun, kabar ini kemudian dibantah oleh Lania sendiri. Ia mengatakan bahwa meskipun dekat dengan Dikta, hubungan mereka hanya sebatas rekan kerja. Keduanya bertemu dan berkolaborasi dalam proyek webseries yang berjudul Journal of Terror: Afterlife.

Lania sendiri adalah seorang aktris yang telah membintangi beberapa film dan sinetron populer di Indonesia.

Febby Rastanty

Dikta dan Febby Rastanty pernah berduet dalam webfilm Love of Fate, dan akhirnya seringkali dijodohkan oleh para penggemar karena kemistri yang cocok di antara mereka. Selama proses penayangan film, keduanya sering terlibat dalam kegiatan bersama seperti live Instagram dan juga diundang sebagai bintang tamu oleh beberapa media untuk membahas film Love of Fate.

Kemunculan Dikta dan Febby sebagai pasangan dalam film Love of Fate berhasil membuat para penggemar semakin terkesan dan menarik perhatian. Banyak netizen yang terkesan dengan akting mereka dan semakin tertarik untuk menjodohkan mereka sebagai pasangan di dunia nyata.

Namun, keduanya tidak pernah secara resmi mengumumkan apapun mengenai hubungan pribadi mereka. Mereka lebih memilih untuk menjaga privasi dan fokus pada karier masing-masing. Meski begitu, keakraban dan kemistri yang terlihat di antara mereka telah berhasil membuat penggemar semakin terkesan dan semakin antusias untuk melihat keduanya berduet dalam proyek-proyek selanjutnya.

Prilly Latuconsina

Dikta Wicaksono dan Prilly Latuconsina sempat menjadi sorotan publik pada tahun 2020 setelah keduanya membagikan foto mesra di media sosial. Dalam foto tersebut, keduanya terlihat sangat dekat dan saling memeluk. Dikta bahkan menambahkan emoji peluk pada keterangan fotonya.

Munculnya foto tersebut langsung membuat para penggemar penasaran dan berspekulasi mengenai hubungan Dikta dan Prilly. Banyak yang memperkirakan bahwa keduanya telah menjalin hubungan asmara. Namun, hingga saat ini, keduanya belum memberikan konfirmasi resmi mengenai status hubungan mereka.

Meskipun demikian, keakraban yang ditunjukkan oleh Dikta dan Prilly dalam foto tersebut menunjukkan bahwa mereka memiliki hubungan yang sangat dekat. Selain itu, keduanya juga terlihat akrab dalam beberapa kesempatan lainnya, seperti saat Prilly mengundang Dikta sebagai bintang tamu dalam acara YouTube-nya. Hal ini membuat netizen semakin yakin bahwa keduanya memiliki hubungan yang lebih dari sekadar teman biasa.

 

Dikta dan Kucingnya Jimbon

Dikta dan Jimbon
Dikta dan Kucing Kesayangannya (Sumber: Instagram.com/dikta)


Dikta Wicaksono adalah seorang pecinta kucing yang cukup terkenal di kalangan penggemarnya. Ia memiliki seekor kucing yang sangat dicintainya dan sering kali menghiasi postingan Instagram pribadinya. Kucing tersebut diberi nama Jimbon dan awalnya milik temannya sebelum akhirnya diadopsi oleh Dikta.

Jimbon merupakan kucing ras campuran antara stray cat dan Persia, dengan wajah yang selalu terlihat tengil dan tubuh yang gemuk, mempunyai pesona tersendiri yang berhasil menarik perhatian banyak orang. Dikta mengaku bahwa ia selalu merogoh kocek cukup banyak demi memberikan asupan terbaik untuk kucing kesayangannya itu.

Tak hanya itu, Jimbon sudah tinggal bersama Dikta selama 10 tahun, menunjukkan betapa besar kasih sayang yang diberikan oleh Dikta kepada Jimbon. Postingan-postingan yang menampilkan Jimbon kerap kali menarik perhatian penggemar, dan Dikta memang tidak segan-segan untuk menunjukkan rasa sayangnya kepada kucing kesayangannya itu di media sosial.

 

Fakta menarik tentang Dikta

  • Nama Panggilan Dikta di Keluarganya adalah Mas Tata
  • Dikta sebenarnya tidak tahu tentang audisi Yovie and Nuno. Ia diberitahu oleh tetangganya yang merupakan orang yang bekerja di label Yovie and Nuno, dan akhirnya berhasil diterima.
  • Dikta pada awalnya audisi untuk seorang gitaris, tapi diterima sebagai seorang vokalis.
  • Jimbon nama kucing Dikta terinspirasi dari nama James Bond
  • Sebelum menjadi juri Indonesian Idol musim ke 12 di tahun 2023, ternyata Dikta pernah menajdi setelah menjadi salah satu finalis Indonesian Idol musim ke 3 pada tahun 2006.
  • Sebelum menjadi seorang penyanyi dan aktor, Dikta memulai karirnya di dunia modeling dan pernah menjadi finalis pada ajang pemilihan Top Model Indonesia.
  • Karena popularitasnya, Dikta memiliki banyak fans club dengan nama-nama yang kreatif seperti Diktafied, Diktamania, dan Diktaarians.
  • Dikta juga terkenal dengan hobi freediving-nya, yaitu olahraga menyelam tanpa menggunakan alat bantu seperti tabung oksigen.
  • Dikta juga terlibat dalam acara-acara atau kampanye yang berkaitan dengan olahraga menyelam atau konservasi laut.
  • Dikta pernah mendapatkan body shaming hingga dituduh memakai narkoba
  • Dikta pernah mendapatkan perbuatan tidak menyenangkan dari seorang fansya ke arah pelecehan pada Januari Lalu saat manggung

Foto-foto Dikta

Dikta Wicaksono
 (Sumber: Instagram.com/dikta)

Dikta Wicaksono
 (Sumber: Instagram.com/dikta)

Dikta Wicaksono
 (Sumber: Instagram.com/dikta)

Dikta Wicaksono
 (Sumber: Instagram.com/dikta)

Dikta Wicaksono
 (Sumber: Instagram.com/dikta)

Demikianlah ulasan tentang Dikta Wicaksono oleh Selebsquad, semoga informasi yang disajikan dapat bermanfaat dan memberikan gambaran yang jelas mengenai Dikta Wicaksono.

 



Posting Komentar untuk "Biodata Dikta Wicaksono, Mantan Personil Yovie and Nuno, Agama, Perjalanan Karier, Kisah Asmara dan Fakta Menarik Tentangnya"