Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biodata Erika Carlina, Profil Lengkap, Agama, Perjalanan Karir, Sumber Kekayaan, Fakta, dan Foto

 Erika Carlina

Potret Erika Carlina (Instagram/eri.carl)

Seleb Squad - Bagi kamu yang aktif di sosial media, terutama Instagram, pasti sudah sangat familiar dengan nama Erika Carlina. Wanita cantik yang memiliki kulit eksotis ini lahir di Cilacap, 10 Agustus 1993. Walaupun lahir di Cilacap, ia menghabiskan masa kecilnya di Cirebon. Selain itu, dirinya ternyata memiliki darah Palembang-Tionghoa dari sang Ayah dan Riau-Jawa dari sang Ibu. 

Tidak banyak informasi yang dapat diperoleh terkait latar belakang keluarganya. Namun ternyata, Erika Carlina tumbuh di keluarga dengan keyakinan berbeda. Ibunya diketahui menganut agama Islam, sedangkan Ayahnya adalah seorang Katolik. Walaupun hidup dengan kedua orang tua yang berbeda agama, Erika Carlina hidup berdampingan dengan baik dan harmonis bersama keluarganya. 

Walaupun memiliki hubungan yang baik dengan orang tuanya, Erika Carlina mengaku pernah bersitegang dengan sang Ayah saat dirinya menolak untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang sarjana. Dirinya bahkan menolak beasiswa prestasi yang ditawarkan oleh salah satu universitas untuk berkuliah disana. 

Sebagai informasi, beasiswa tersebut diberikan karena prestasi Erika Carlina di bidang olahraga, terutama basket. Alih-alih menerimanya, Erika memilih kabur ke Bandung untuk tinggal bersama kakak laki-lakinya tanpa sepengetahuan sang Ayah. Nekat banget ya, squad! 

Namun dari sinilah, wanita yang kerap dianggap mirip Tara Basro ini mengenal dunia modeling. Ia merantau ke Jakarta dan mencoba mengikuti berbagai casting di tahun 2015. Wanita 29 tahun ini akhirnya berhasil mendapat peran di salah satu film Derby Romero yang berjudul Riding. 

Ingin tahu lebih lanjut tentang biodata Erika Carlina, profil lengkap, perjalanan karir, sumber pendapatan, hingga fakta-fakta menarik seputar wanita yang dijuluki Ratu Senopati ini? Simak rangkuman Seleb Squad di bawah, ya!

Biodata Erika Carlina

  • Nama: Erika Carlina Batlawa Soekri
  • Nama Panggung: Erika Carlina
  • Tempat Lahir: Cilacap
  • Tanggal Lahir: 10 Agustus 1993
  • Umur: 29 Tahun 
  • Agama: Katolik
  • Keturunan: Palembang-Tionghoa-Jawa
  • Tinggi Badan: 176 cm
  • Berat Badan: N/A
  • Ayah Erika Carlina: Yoshua Batlawa Soekri
  • Ibu Erika Carlina: Adhe Yoshue Betlawa
  • Saudara Erika Carlina: Osshada
  • Hobi: Traveling, Olahraga Basket, dan Yoga
  • Pekerjaan: Aktris, Model, Selebgram, Content Creator
  • Pendidikan: SMA Kristen Penabur Cirebon
  • Instagram Erika Carlina: @eri.carl
  • TikTok Erika Carlina: @eri_carl
  • YouTube Erika Carlina: @erikacarlina3371

Perjalanan Karir 

Erika Carlina saat menghadiri sebuah acara penghargaan (Instagram/eri.carl) 


Sebagian besar masyarakat Indonesia mengenal Erika Carlina sebagai seorang selebgram karena lingkaran pertemanannya pada tahun 2018. Wanita kelahiran Cilacap ini diketahui bersahabat dengan nama-nama selebriti Instagram terkenal, seperti Rachel Vennya, Awkarin, Keanu, hingga mendiang Laura Anna. Namun sebenarnya, Erika Carlina sudah mengenal dunia akting dan modeling sejak dirinya masih belia.  

Dirinya diketahui pernah mengikuti sekolah akting di Eka Sitorus sebelum namanya dikenal luas di sosial media. Berbekal bakatnya di dunia seni peran, Erika pun memulai debut karirnya di dunia perfilman Indonesia saat ia berperan sebagai Bianca, seorang hantu, di film Sakral garapan MD Pictures dan Dee Company. Sejak saat itu, berbagai tawaran film mulai muncul. 

Wanita yang sempat menjalin kasih dengan mantan personel CJR, Aldi Maldini, ini juga merambah dunia web series. Tidak tanggung-tanggung, ia ditunjuk sebagai pemeran utama di series berjudul Flora dan Turn On. Seakan tidak mau berpuas diri dengan pencapaiannya, Erika Carlina juga membuka kanal YouTube dimana ia menjadi host di podcastnya yang berjudul Truth or Drink. 

Ia kerap mengundang kawan-kawannya untuk menjadi bintang tamu dan berbincang terkait kehidupan, karir, ataupun asmara. Selain itu, Erika Carlina pun diketahui bergabung dengan TS Media, bisnis digital milik Luna Maya, sebagai host di berbagai acara podcast yang tayang di kanal YouTube TS Media. 

Selain karena kiprahnya di dunia entertainment, nama Erika Carlina semakin mencuat karena partisipasinya di salah satu event sportainment yang diadakan oleh Desta Mahendra dan Vincent Rompies. Bersama Hesti Purwadinata, dirinya bermain voli dan berhasil menyabet juara 1 mengalahkan pasangan Raisa dan Anya Geraldine. Dari sinilah, publik dibuat semakin penasaran dengan sosok Erika Carlina.

Kalau kamu penasaran tentang karya-karya yang sudah dan sedang dibintangi oleh Erika Carlina, Seleb Squad telah merangkumnya di bawah ini! Apa saja ya?

Film

  • 2023 - Tulah 6/13 sebagai Putri
  • 2022 - Rumah Kaliurang sebagai Kinan
  • 2022 - Srimulat: Hil yang Mustahal - Babak Pertama sebagai Djudjuk Djuariah
  • 2021 - Gas Kuy sebagai Cameo
  • 2018 - Sakral sebagai Bianca/Hantu

Web Series

  • 2022 - Flora sebagai Flora
  • 2021 - Turn On sebagai Flora

Acara Televisi

  • 2022 - Pembaca Nominasi IMA 2022
  • 2022 - Pembaca Nominasi Televisi Award 2022
  • 2022 - Hati Mengsad, Jodohku Ketahan Kakek sebagai Tika
  • 2022 - 32 Hari Titik! Sa Ae Mbok Cantik sebagai Siska
  • 2018 - Celebrity On Vacation sebagai Presenter Tamu

Model Video Klip

  • 2022 - Gang Matoa "Lost"
  • 2021 - Elmatu "Aku Yang Salah"

Sumber Kekayaan

Walaupun dikenal sebagai seorang selebgram, nyatanya Erika Carlina memiliki beberapa sumber kekayaan untuk menambah pundi-pundinya. Kira-kira dari mana saja sumber pendapatan Erika Carlina berasal? Yuk simak detailnya dibawah ini!

Bintang Film

Nama Erika Carlina mulai dikenal oleh netizen Indonesia karena circle pertemanannya dengan berbagai selebgram terkenal sekitar tahun 2018. Namun ternyata, Erika sendiri telah berkecimpung di dunia akting sejak lama.  Dirinya diketahui mempelajari seni peran tersebut di Eka Sitorus sebelum dirinya menjadi selebriti Instagram (selebgram). 

Oleh sebab itu, tidak heran jika dirinya saat ini kerap mendapatkan peran di berbagai film tanah air. Salah satu film terbarunya yang akan rilis di tahun 2023 berjudul Tulah 6/13. Film bergenre horor tersebut juga turut dibintangi oleh aktor dan aktris papan atas Indonesia, seperti Carissa Perusset, Jefri Nichol, Celine Evangelista, dan Astrid Tiar. 

Bisnis

Selain jago berakting, Erika Carlina juga diketahui suka berbisnis. Dara cantik ini mempunyai beberapa bisnis, salah satunya adalah Moti. Moti merupakan brand rokok elektrik, dimana Erika Carlina didapuk sebagai CEO. 

Tidak hanya itu saja, Erika Carlina memperluas cakupan bisnismya di bidang kuliner kekinian, yakni Kopi Domu. Anak bungsu dari dua bersaudara ini juga diketahui memiliki brand minuman beralkohol yang ia beri nama Minum Ambyar. 

Endorsement 

Menjadi seorang selebgram, wanita yang kerap disapa Mbak Er ini memiliki sekitar 1,7 juta pengikut di media sosial Instagram. Hal ini membuka peluang baginya untuk menambah cuan! 

Erika Carlina juga membuka endorsement untuk berbagai produk, seperti clothing line dan kecantikan. Ia pun diketahui digandeng Madame Gie, brand makeup milik Gisela Anastasia, sebagai brand ambassador bekerjasama dalam peluncuran produk lipcream terbaru.

Fakta Menarik Seputar Erika Carlina

Sumber: Instagram/eri.carl


1. Mengidap Penyakit Mental

Lama tidak terdengar kabarnya, Erika Carlina muncul dengan sebuah pengakuan yang mengagetkan publik dan juga penggemarnya. Dirinya mengaku mengidap penyakit mental yang bernama General Anxiety Disorder (GAD). Penyakit ini ditandai dengan kekhawatiran berlebih secara konstan, gelisah, sulit konsentrasi, dan sesak nafas. 

Mulanya, Erika mengira bahwa gejala-gejala yang ia alami merupakan respon tubuh terhadap suatu penyakit fisik yang ia derita, yakni asma. Lebih lanjut, dia pun sempat mengira bahwa sakit tersebut berhubungan dengan gaya hidupnya yang tidak sehat, seperti merokok dan mengonsumsi alkohol berlebihan.

Wanita 29 tahun ini pun bahkan sempat berkonsultasi dengan profesor untuk mengetahui jenis penyakit apa yang dialaminya. Aktris cantik ini juga mengaku telah mendatangi beberapa rumah sakit untuk memeriksakan diri lebih lanjut. Ia mencoba melakukan general check-up untuk mengetahui detail kondisi kesehatannya. Namun, hasil dari pemeriksaan tersebut tidak menunjukkan kelainan apapun. 

Padahal, kondisi yang dia alami sangatlah mengganggu kegiatannya sehari-hari. Saat kambuh, Erika Carlina mengaku merasa sesak nafas, bibir gemetar, nyeri ulu hati, hingga blackout. Tak jarang, dirinya pun kerap dilarikan ke rumah sakit karena kondisi tersebut. Sahabat Rachel Vennya ini juga sempat mengalami kebotakan sebagai akibat dari penyakit yang dialaminya. Hingga akhirnya, dokter yang memeriksanya merujuk Erika Carlina ke dokter kejiwaan.

Setelah berkonsultasi dan melakukan pemeriksaan dengan dokter kejiwaan, diketahui bahwa Erika Carlina mengidap penyakit mental General Anxiety Disorder. Penyakit ini juga menyerang imunnya (autoimun) sehingga dirinya mengalami kebotakan. 

Erika pun berkonsultasi dengan seorang profesor yang ahli di bidang autoimun untuk mengetahui akar permasalahannya. Profesor tersebut mengungkapkan bahwa pemicu GAD pada Erika disebabkan oleh trauma masa kecil. Akhirnya, Erika pun menyadari bahwa dirinya sudah merasakan tanda-tanda GAD sejak kecil, namun tidak separah ini.

2. Mengagumi El Rumi

Memiliki paras cantik dan eksotis, Erika Carlina mengaku kesulitan menemukan pasangan yang cocok dengannya. Dalam sebuah kesempatan saat menjadi bintang tamu di podcast Luna Maya, Erika Carlina menyebut ia mencari sosok pendamping yang mau membawanya ke arah hubungan serius. Namun, dirinya menambahkan bahwa laki-laki tersebut juga harus masuk ke dalam kriterianya. 

Kriteria pertama yang menjadi syarat sebagai pasangannya adalah seagama. Erika diketahui memeluk agama Katolik. Walaupun mencari pacar yang memiliki keyakinan sama cukup menantang baginya, dia tetap memegang teguh prinsip tersebut. Selanjutnya, calon pasangannya juga diharapkan memiliki mobilitas yang sama seperti dirinya dan memahami pekerjaannya. 

Di kesempatan terpisah, Erika Carlina mengaku mengagumi El Rumi. Hal tersebut ia ungkapkan saat mengundang El Rumi ke acara podcastnya. Wanita berdarah Palembang-Tionghoa ini tidak segan mengungkapkan rasa kagumnya di depan El Rumi. 

Bahkan, Erika menyebut El Rumi pasangan idaman yang sesuai dengan kriterianya. Uniknya, ia mengaku sering memimpikan El Rumi walaupun belum mengenal dan bertemu El Rumi sebelum syuting podcast tersebut berlangsung.

3. Ketempelan Jin Saat Syuting

Baru-baru ini, Erika Carlina berbagi pengalaman horornya saat dirinya sedang syuting film berjudul "Sosok Ketiga." Wanita yang memiliki kulit eksotis ini mengaku merasakan sakit yang tidak kunjung sembuh hingga sebulan lamanya setelah menyelesaikan syuting film horor di salah satu pabrik gula yang berlokasi di Klaten, Jawa Tengah. 

Dalam sebuah wawancara, ia bercerita bahwa tubuhnya meriang dan demam tanpa sebab yang jelas. Dokter pun tidak bisa memberikan keterangan mengapa dirinya sakit karena semua tampak normal saat diperiksa. Karena tidak kunjung sembuh, Erika Carlina pun berinisiatif untuk meminta salah satu rekannya yang juga seorang YouTuber indigo bernama Filo Sebastian. 

Filo menyampaikan bahwa ada sosok jin besar yang menempel pada Erika. Hal itulah yang membuatnya tidak enak badan karena energinya diserap oleh makhluk halus tersebut. Akhirnya, Filo Sebastian pun membantu mengusir makhluk tersebut hingga Erika merasa lebih baik. Walaupun nampak menyeramkan, pengalaman pertama tersebut tidak membuat Erika Carlina kapok untuk syuting film horor lagi.

Foto-foto Erika Carlina

Sumber: Instagram/eri.carl

Sumber: Instagram/eri.carl

Sumber: Instagram/eri.carl

Erika Carlina bersama kedua orang tuanya (Instagram/eri.carl)


Demikian rangkuman Seleb Squad tentang aktris, model, dan selebgram cantik Erika Carlina. Semoga bermanfaat bagi penggemarnya untuk kenal lebih dekat dengan sang idola. Jangan lupa tinggalkan komentar kalian di bawah ya! Selamat membaca!





Posting Komentar untuk "Biodata Erika Carlina, Profil Lengkap, Agama, Perjalanan Karir, Sumber Kekayaan, Fakta, dan Foto"